10 Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Cloud Storage - IDS Digital College

10 Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Cloud Storage, Sangat Praktis

Cloud Storage

Teknologi selalu melakukan inovasi yang tiada habis nya. Semakin bertambah nya tahun, teknologi pun semakin hebat.

Salah satu perkembangan teknologi yang sering digunakan adalah Cloud Storage. Secara harfiah, cloud storage berarti penyimpanan data di awan. Yang dimaksud disini bukan awan yang berada dilangit ya, tetapi hanya berupa sebuah istilah saja. 

Kamu hanya menaruh data-data tersebut di tempat lain selain komputer kamu sendiri dan dapat diakses kapan saja dengan internet. 

Sebelumnya, kita hanya dapat menyimpan data di harddisk atau komputer saja. Tetapi sekarang kita dapat menyimpan data kita dimana saja. Salah satu media Cloud Storage yang sering kita temui seperti Gdrive. 

Pengertian Cloud Storage

Cloud Storage merupakan sebuah terobosan baru dalam dunia penyimpanan data yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan penyimpangan offline seperti di flashdisk atau harddisk. 

Cloud Storage adalah media penyimpanan digital atau online yang menggunakan internet dalam proses penggunaannya. Sehingga data yang kamu simpan ke dalamnya akan dikelola oleh hosting atau pihak penyedia layananan. 

Tapi tenang, kamu tidak perlu khawatir tentang kerusakan data yang diakibatkan oleh virus atau malware. Karena menyimpannya sangat aman. Dan kamu juga tidak perlu kehilangan data yang sering terjadi di flashdisk atau hardisk yang bisa disebabkan oleh virus atau kehilangan. 

Storage ini dapat kamu gunakan secara gratis dengan kapasitas yang sudah ditentukan oleh pihak penyedia layanan. Kamu dapat menambah kapasitas penyimpanan dengan melakukan pembayaran dengan jumlah tertentu. 

Perlu diingat, walaupun dapat diakses dimanapun, kamu memerlukan koneksi internet untuk dapat mengaksesnya.

Cara Kerja Cloud Storage

Sebenarnya memindahkan penyimpanan data dari hardisk ke media penyimpanan data sangat lah muda, yang hanya kamu butuhkan adalah sebuah jaringan yang stabil. Pemindahan data bisa dilakukan dengan mengirim salinan file ke hosting atau penyedia layanan cloud. 

Setelah itu, cloud storage akan memberikan langkah-langkah dan memberikan kamu akses agar kamu bisa mendownload file yang telah kamu simpan.

Penyimpanannya sendiri tidak hanya mengandalkan 1 server saja karena ada banyak server. Sehingga jika suatu saat dibutuhkan perubahan, kamu akan bisa lebih cepat mengakses Cloud storage tersebut untuk membuka data simpanan kapanpun dan dimanapun selama adanya jaringan internet.

Yang menarik adalah media penyimpanan nya tidak memerlukan pengaturan yang sulit karena semua pengaturan sudah otomatis terpasang pada media internet. Seperti saat kamu menyimpan di Google Drive.

Saat kamu menyimpan data-data menggunakan google Drive maka yang hanya perlu kamu lakukan menyiapkan koneksi internet dan kemudian membuat akun gmail terlebih dahulu untuk selanjutnya kamu bisa menggunakan layanan google Drive tersebut.

Fungsi Cloud Storage

Fungsi utamanya yang pastinya adalah penyimpanan data. Tetapi tidak hanya disimpan, tapi kamu juga bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja menggunakan perangkat apapun. Sangat praktis ya.

Kalian pasti pernah kan melihat link yang menggunakan Google Drive yang dibagikan dan kamu bisa mendownloadnya tanpa harus login terlebih dahulu. Bukankah itu sangat praktis dan mudah? Bahkan jika kamu dan temanmu berada ditempat dengan jarak yang jauh, kamu tetap bisa membagikan file dengannya. 

Tetapi tetap saja kalian harus hati hati, walaupun data kalian aman dari virus, tetapi belum tentu aman dari manusia. Jadi kalian jangan menyebarkan link penyimpanan secara sembarangan. 

Jenis Jenis Cloud Storage

Cloud Storage sebenarnya banyak jenis nya, mungkin yang sering kalian jumpai adalah Google Drive. Tapi masih ada banyak lagi yang dapat kalian gunakan, antara lain:

  1. pCloud

Berasal dari Swiss ini cocok digunakan jika kamu ingin menyimpan atau mengirim file dalam ukuran besar. pCloud sendiri sebenarnya tidak memberikan batasan ukuran file tertentu untuk di-upload.

  1. OneDrive

OneDrive merupakan layanan cloud storage dari Microsoft. OneDrive sudah tersedia secara langsung bagi pengguna Windows 8 dan Windows 8.1. OneDrive juga dapat digunakan di Web, Windows versi lama, Android, iOS, Windows Phone, dan Xbox apps. Kamu dapat menyimpan berbagai jenis file di layanan ini seperti foto, video, dokumen, dan lainnya.

  1. iCloud

Jika OneDrive lebih dikhususkan untuk pengguna Windows, iCloud hanya dapat digunakan oleh pengguna Mac dan iOS. Storage ini dapat digunakan secara otomatis oleh pengguna device Mac dan iOS. Semua device yang terkoneksi dengan akun mu juga akan tersambung pada iCloud yang sama.

Sehingga jika kamu pengguna Iphone atau apple produk maka kamu dapat langsung menggunakan iCloud.

  1. Dropbox

Dropbox merupakan layanan penyimpanan awan yang paling banyak disukai karena memiliki banyak fitur dan mudah digunakan. Layanan ini juga dapat diakses dari berbagai platform seperti web, Mac, Windows, Linux (Ubuntu, Debian, Fedora, dll), iOS, Android, BlackBerry, dan Kindle Fire.

Kamu dapat menyimpan berbagai macam jenis file di Dropbox. Tidak ada batasan ukuran file yang dapat diunggah, namun semakin besar ukurannya maka semakin lama pula proses upload-nya. Tampilan yang dimiliki Dropbox ini sangat simpel sehingga mudah digunakan oleh siapa saja.

  1. Google Drive

Google Drive dapat digunakan secara gratis oleh semua pengguna Google. Adapun device Android yang sudah terpasang otomatis dengan cloud storage terbaik yang satu ini.

Salah satu keunggulan Google Drive adalah fitur kolaborasinya. Pengguna Google dapat secara mudah menggunakan file di Google Drive secara bersamaan. Dan seperti Google Drive adalah storage yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Cloud Storage

10 Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Cloud Storage

Kali ini kami akan memberitahu kamu 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Cloud Storage sehingga kamu mulai beralih menggunakan cloud storage dibanding harddisk atau flashdisk. Berikut ini alasannya:

  1. Dapat diakses kapan saja dan dimana saja

Ketika kamu menyimpan data mu di cloud storage kamu akan dapat mengakses nya kapan pun dan menggunakan perangkat apapun. Jadi kamu tidak perlu membawa bawa komputer atau laptop yang berat. Sangat praktis bukan? Kamu hanya membutuhkan sinyal internet untuk mengakses nya.

Hal ini tentunya sangat bermanfaat bukan? Jadi kamu tidak perlu membawa laptop yang berat kemana mana lagi. Bahkan kamu dapat mengedit file yang ingin kamu edit.

  1. Dapat mengedit Dokumen Secara Langsung di Browser

Apakah komputer kamu tidak memiliki aplikasi pengedit dokumen seperti Microsoft Office? Tenang saja, karena kamu dapat melakukannya langsung dari Cloud Storage. Namun, tidak semua layanan Cloud Storage dapat melakukan hal ini. Sejauh ini, gunakan saja OneDrive atau Google Drive, karena dua layanan tersebut memiliki aplikasi Office tersendiri.

Jika kamu menggunakan Google Drive, kamu dapat dengan mudah membuka dokumen dengan mengklik double dokumen yang ingin kamu buka. Dan kamu langsung dapat melakukan pengeditan dengan mudah.

  1. Dapat Melakukan Backup Foto Secara Otomatis

Kamu dapat melakukan backup foto secara otomatis dengan layanan Cloud Storage. Backup dilakukan ketika hp kalian sudah terkoneksi dengan WiFi, sehingga tidak menghabiskan kuota internet mobile kamu.

Yang hanya kamu perlukan adalah aplikasi Google Photos untuk melakukannya. Jika kamu sudah menginstallnya,maka Google Photos langsung mengarahkan kamu untuk menghidupkan Photo Backup untuk foto fotomu. Jika kamu adalah  pengguna lama Google Photo, kamu dapat membuka menu dan sentuh “Settings”. Kemudian, sentuh “Back up & Sync”. 

  1. Dapat berbagi Data dengan Mudah

Apakah kamu ingin berbagi foto atau data-data lainnya ke teman mu? Hal tersebut menjadi sangat mudah berkat Cloud Storage. Data yang kamu bagi pun bisa kamu atur, siapa saja yang dapat mengaksesnya. 

Kamu dapat memberikan seseorang akses untuk hanya sekedar melihat file atau data saja, atau kamu juga bisa mengizinkan orang tersebut untuk merubah file yang ada di cloud storage kamu. 

  1. Mudah Dan Gratis

Cloud Storage dapat kamu gunakan dimana saja dan kapan saja, sehingga cloud storage dapat mempermudah pekerjaan kamu. Coba bayangkan jika kamu memiliki tugas, tetapi kamu lupa membawa laptop mu, tentu saja kamu harus pulang kerumah dulu untuk mengambil laptopnya. Tetapi dengan cloud storage kamu  dapat meminjam laptop teman mu untuk mengakses tugasmu.

  1. Tersedia banyak layanan penyimpanan cloud

Seperti yang diketahui bahwa media penyimpanan cloud storage ini telah disediakan oleh banyak sekali platform seperti halnya iCloud, Google Drive, Dropbox ataupun juga Microsoft SkyDrive. Adanya kemudahan tersebut, Kamu bisa memilih yang gratis hingga yang memiliki kapasitas besar dan unlimited namun berbayar. Semua bisa didapatkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.

  1. Privacy akan selalu terjaga

Manfaat cloud storage yang selanjutnya adalah adanya privasi yang senantiasa terjaga jadi tidak akan ada permasalahan data yang dicuri ataupun sebagainya. Hal ini disebabkan oleh adanya penggunaan username dan juga password yang menjadi kunci untuk memasuki media penyimpanan tersebut. Bahkan, Kamu juga memiliki kewenangan penuh dalam mengelola data tersebut dengan sebaik mungkin.

Hal yang penting untuk kamu lakukan adalah jangan sembarangan memberikan akses ke siapa saja jika kamu tidak mengenalnya. 

  1. Dapat Mudah Mengontrol File

Karena kamu dapat berbagi file atau data dengan orang lain. Maka dari itu kamu akan semudah mengamati data tersebut bersama sama dan dapat mengontrol nya. Misalnya teman atau kolega kamu melakukan kesalahan pada suatu data yang disimpan di Cloud Storage. Maka kamu akan dapat memberi tahu nya atau langsung mengganti dengan kalimat yang benar. 

  1. Hemat Biaya

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwasannya kunci utama yang diperlukan oleh cloud storage hanyalah internet, sehingga kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya saat melakukan penyimpanan data. Kamu juga tidak perlu membeli harddisk atau flashdisk yang memiliki harga yang lumayan.

  1. Ramah Lingkungan

Seperti yang kita ketahui bahwasanya cloud storage tidak memerlukan perangkat fisik yang terlihat seperti Flashdisk atau HDD karena semua data tersimpan di internet. Oleh karena itu limbah juga akan berkurang dan lebih ramah lingkungan.

Sumber: seputarit.com

Posted in: News



    WhatsApp chat