10 Ide dan Topik Proyek Java - IDS Digital College

10 Ide dan Topik Proyek Java yang Menarik Untuk Pemula

Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer dan banyak diminati untuk dipelajari. Berkat independensi platform dan dukungan multiplatform, Java adalah bahasa pemrograman pokok dari sektor TI dan perangkat lunak. Perusahaan selalu mencari Java Developer yang terampil dan dapat mengembangkan proyek Java yang inovatif. Jadi, jika Kamu adalah seorang pemula pemrograman Java, hal terbaik yang dapat Kamu lakukan adalah mengerjakan beberapa proyek Java real-time.

Pada artikel ini, kita akan menjelajahi 17 proyek Java menarik yang dapat dikerjakan oleh pemula untuk menguji pengetahuan mereka.

Tapi pertama-tama, mari kita bahas pertanyaan yang lebih relevan yang pasti ada di benak Kalian: mengapa membangun proyek Java?

Ketika berbicara tentang karir dalam pengembangan perangkat lunak, merupakan suatu keharusan bagi calon pengembang untuk mengerjakan proyek mereka sendiri. Mengembangkan real world project adalah cara terbaik untuk mengasah keterampilan dan mewujudkan pengetahuan teoritis menjadi sebuah pengalaman praktis.

Di tengah persaingan yang ketat, seorang Java Developer yang bercita-cita tinggi harus memiliki pengalaman langsung dengan real world protect. Faktanya, ini adalah salah satu kriteria rekrutmen utama bagi sebagian besar pemberi kerja saat ini. Saat Kamu mulai mengerjakan proyek Java, Kamu tidak hanya akan dapat menguji kekuatan dan kelemahan, tetapi juga akan mendapatkan eksposur yang sangat membantu untuk meningkatkan karir.

Mengapa Java?

Meskipun Java adalah bahasa pemrograman yang relatif baru (diluncurkan pada awal 1990-an), Java telah menciptakan ceruk unik di industri TI. Java adalah kekuatan pendorong di belakang beberapa organisasi terbesar, termasuk Airbnb, Uber, eBay, Pinterest, Groupon, Spotify, Intel, Symantec, TCS, Infosys, Wipro, Flipkart, dan TripAdvisor, untuk beberapa nama.

Lima alasan utama popularitas Java adalah:

  • Independensi platform – Java berjalan di WORA (Writing Once, Run Anywhere). Kode Java dikompilasi ke dalam format perantara (alias bytecode), yang kemudian dieksekusi di JVM (Java Virtual Machine). Jadi, sistem apa pun yang menjalankan JVM dapat mengeksekusi kode Java. Selain itu, JRE (Java Runtime Environment) kompatibel dengan ketiga sistem operasi – Linux, macOS, dan Windows.
  • Multi-threaded – Java memiliki kemampuan multithreading bawaan, yang berarti dapat mengembangkan aplikasi yang sangat interaktif dan responsif dengan beberapa rangkaian aktivitas bersamaan.
  • Berorientasi objek – Java adalah bahasa berorientasi objek murni. Terinspirasi oleh C dan C++, Java memperluas fungsionalitas bahasa-bahasa ini menjadi bahasa pemrograman berorientasi objek murni. Abstraksi, enkapsulasi, pewarisan, dan polimorfisme adalah beberapa fitur inti OOP. 
  • Aman – Dalam hal keamanan, Java menggabungkan sejumlah fitur keamanan ke dalam sistem runtime, termasuk pemeriksaan runtime dan pemeriksaan tipe statis pada saat kompilasi. Dengan adanya fitur-fitur ini, cukup sulit untuk meretas aplikasi Java dari sumber eksternal.
  • Kuat – Java memanfaatkan model manajemen memori sederhana yang diperkuat oleh pengumpulan sampah otomatis. Karena objek Java tidak memerlukan referensi eksternal, kode Java kuat. Selain itu, juga mendorong pengembang untuk mengadopsi kebiasaan pemrograman yang produktif dalam mengembangkan aplikasi yang aman dan handal. Semakin banyak bereksperimen dengan proyek Java yang berbeda, semakin banyak pengetahuan yang diperoleh.

Penggunaan standar Java

Java adalah bahasa pemrograman serbaguna, mudah ditemukan di banyak bidang perangkat lunak dan pengembangan aplikasi. Beberapa aplikasi Java yang paling populer meliputi:

Perangkat Lunak

Java adalah tulang punggung dan fondasi bagi banyak perangkat lunak. Java banyak digunakan untuk proyek perangkat lunak sumber terbuka dan komersial. Eclipse, IntelliJ IDEA, BlueJ, JDeveloper, dan NetBeans IDE adalah beberapa IDE paling populer untuk membuat aplikasi dan alat Java. 

Aplikasi Android

Java digunakan untuk menulis kode untuk aplikasi Android. Eclipse IDE adalah lingkungan pengembangan yang paling banyak digunakan untuk menulis dan membangun aplikasi Android. Kotlin, bahasa pemrograman yang dirancang secara eksplisit untuk JVM dan platform Android, juga sangat terinspirasi oleh Java.

Aplikasi Web

Karena fleksibilitas, keandalan, dan kinerjanya yang tinggi, Java merupakan pilihan terbaik untuk mengembangkan sebuah aplikasi web. Java menyediakan dukungan untuk aplikasi web melalui JSP dan Servlet. Plus, Kamu dapat menggunakan Aplikasi Web Java untuk membangun situs web dinamis.

Aplikasi Ilmiah 

Dalam hal aplikasi ilmiah, Java lebih disukai daripada C++ karena menawarkan rangkaian alat konkurensi yang komprehensif. Selain itu, kode Java stabil, aman, dan kuat, yang merupakan prasyarat untuk aplikasi ilmiah.

Setelah menyelesaikan kelulusan mereka di Rekayasa Perangkat Lunak, setiap calon Pengembang Java dihadapkan dengan pertanyaan, “Apa yang harus dilakukan selanjutnya?

Jawabannya adalah, mulailah mencari ide untuk membangun proyek Java sendiri!

Jadi, berikut adalah beberapa Proyek Java yang dapat dikerjakan oleh pemula:

Ide Proyek Java Teratas

Daftar proyek Java ini cocok untuk pemula, menengah dan juga ahli. Proyek Java ini akan membantu dengan semua kepraktisan yang dibutuhkan oleh seseorang yang ingin berkarir sebagai pengembang Java.

Tanpa basa-basi lagi, mari langsung masuk ke beberapa proyek Java yang akan memperkuat basis dan memungkinkan menambah pengetahuan Kamu mengenai Java.

  1. Sistem reservasi maskapai

Salah satu ide terbaik untuk mulai bereksperimen dengan proyek Java adalah mengerjakan sistem reservasi Maskapai. Sistem reservasi maskapai yang diusulkan adalah proyek Java berbasis web. Ini adalah sistem pemrosesan penumpang yang komprehensif yang mencakup inventaris, tarif, operasi e-tiket, dan transaksi online. Fitur utama dari sistem reservasi maskapai adalah:

  • Reservasi dan pembatalan tiket pesawat.
  • Otomatisasi fungsi sistem penerbangan.
  • Melakukan manajemen transaksi dan fungsi perutean.
  • Menawarkan tanggapan cepat kepada pelanggan.
  • Memelihara catatan penumpang dan melaporkan transaksi bisnis harian.

Aplikasi manajemen reservasi maskapai terintegrasi ini memiliki arsitektur terbuka yang mendorong penambahan sistem dan fungsionalitas baru. Ini berarti bahwa aplikasi dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan dinamis bisnis penerbangan. Jika Kamu mencari proyek java keren untuk ditambahkan ke resume, ini adalah sebuah ide yang pas. 

Rangkaian perangkat lunak VRS menggabungkan empat modul utama, yaitu, pendaftaran pengguna, login, reservasi, dan pembatalan. Ini adalah salah satu proyek java yang penting untuk pemula dan aplikasi ini memungkinkan semua komunikasi dilakukan melalui protokol jaringan TCP/IP, sehingga memfasilitasi penggunaan komunikasi intranet dan internet secara global.

  1. Sistem manajemen kursus

Selanjutnya proyek Java yang sangat baik untuk pemula adalah Sistem Manajemen Kursus. Seperti namanya, sistem manajemen kursus ini adalah aplikasi perangkat lunak manajemen online yang dirancang untuk institusi pendidikan. Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk memfasilitasi interaksi yang mulus antara siswa dan instruktur di sekolah, perguruan tinggi, dan universitas mengenai pengajuan proyek, tugas, tesis, dan menerima umpan balik dari instruktur. Proyek ini memiliki tiga modul yang saling terkait: 

  • Modul Administrator – Modul ini dirancang khusus untuk mengelola fungsi administratif seperti membuat akun untuk siswa dan instruktur, membuat kurikulum, mengkode mata pelajaran, mengelola karyawan, penggajian, dan sebagainya. Pada dasarnya, modul ini meletakkan dasar untuk dua modul lainnya. 
  • Modul siswa – Modul ini dirancang untuk penggunaan siswa. Mereka dapat masuk ke akun mereka untuk melihat kursus mereka, mengirimkan proyek mereka, mendapatkan umpan balik dari instruktur, dll.
  • Modul instruktur – Modul ini untuk instruktur yang dapat masuk ke akun mereka dan memeriksa proyek yang diajukan oleh siswa, berkomunikasi dengan siswa, dan memberikan bimbingan kepada mereka.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, proyek ini bertujuan untuk mempromosikan berbagai informasi antara instruktur yang memenuhi syarat dan siswa melalui Internet. 

  1. Perangkat lunak visualisasi data

Visualisasi data merupakan elemen penting dalam industri modern yang didorong oleh Ilmu Data, Intelijen Bisnis, dan Analisis Bisnis. Ini mengacu pada representasi visual data, baik dalam format grafis atau gambar. Ini adalah proyek java yang penting untuk pemula. Proyek visualisasi data ini adalah tentang memberikan gambaran umum mengenai desain dan teknik implementasi dalam visualisasi data. Tujuan dari proyek ini adalah:

  • Untuk menyampaikan komunikasi yang tepat dan efektif dari wawasan yang tersembunyi dalam data melalui representasi grafis atau gambar yang sesuai.
  • Untuk menawarkan wawasan yang relevan ke dalam kumpulan data yang kompleks untuk menyampaikan ide secara efektif.
  • Untuk merangsang perhatian dan keterlibatan pemirsa sambil mengkomunikasikan informasi yang akurat.
  • Untuk menjadi fungsional serta estetis.

Software visualisasi data ini menampilkan konektivitas node dalam jaringan dalam bentuk visualisasi data. Kamu dapat menggunakan mouse atau trackpad untuk menemukannya di lokasi yang berbeda. Bagian terbaik tentang proyek ini adalah Kamu dapat meningkatkan dan mengubah fitur dan fungsi perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan. Menyebutkan proyek Java dapat membantu resume terlihat jauh lebih menarik daripada yang lain.

  1. Sistem penagihan listrik

Proyek ini merupakan versi modern dari sistem penagihan listrik tradisional. Fokus utama proyek Java ini adalah komputerisasi sistem billing listrik agar lebih lancar, mudah diakses, dan efisien. Perangkat lunak menghitung unit yang dikonsumsi dalam durasi waktu tertentu dan kemudian menghitung jumlah uang yang harus dibayarkan untuk unit tersebut. Ini adalah salah satu ide proyek Java yang bagus untuk pemula. Fitur-fitur berikut membuat sistem penagihan listrik lebih berorientasi pada layanan dan langsung:

  • Memiliki kecepatan kinerja tinggi dan akurasi.
  • Hal ini memungkinkan untuk berbagi data tanpa batas antara kantor listrik dan pelanggan.
  • Itu dilindungi oleh tindakan dan kontrol keamanan tinggi.
  • Ini mencakup ketentuan yang diperlukan untuk debugging.

Berbeda dengan sistem penagihan konvensional, perangkat lunak terkomputerisasi ini tidak memerlukan banyak manusia untuk menangani dan mengelola proses pembuatan tagihan. Setelah diinstal pada sistem, maka secara otomatis akan menghitung unit yang dikonsumsi dan tagihan dari waktu ke waktu dan juga memberikan pembacaan meter untuk setiap pelanggan. Kamu dapat terus menambahkan fitur baru dalam sistem saat dan ketika persyaratan pengguna berubah

  1. Sistem manajemen e-Healthcare

Salah satu ide terbaik untuk mulai bereksperimen dengan proyek Java adalah mengerjakan sistem manajemen e-Healthcare. Sistem manajemen e-Healthcare adalah proyek berbasis web yang berupaya menyediakan pengelolaan data karyawan dan data medis pasien di rumah sakit dan klinik secara efektif.

Teknik data mining merupakan inti dari proyek ini, yang terdiri dari 2 modul: modul administrasi dan modul klien. Sementara modul administrasi berkaitan dengan Manajemen Medicare yang mencakup departemen kesehatan, dokter, perawat, bangsal, dan juru tulis, modul klien adalah untuk pasien. Dalam banyak Cara, intelijen bisnis merevolusi perawatan kesehatan.

Fitur utama dari sistem manajemen e-Healthcare adalah:

  • Menetapkan garis kontak dan komunikasi yang jelas antara dokter dan pasien.
  • Secara akurat menganalisis persentase penggunaan sumber daya rumah sakit, termasuk peralatan laboratorium, rasio penggunaan tempat tidur, administrasi, obat-obatan, dll.
  • Memanfaatkan CRISP-DM (proses lintas industri standar untuk penambangan data) menciptakan sistem manajemen yang akurat dan efektif.
  • Menghilangkan masalah data yang hilang dan data yang salah. 

Melalui fitur-fitur ini, sistem manajemen e-Healthcare akan membantu mengatasi kelemahan dan tantangan sistem manajemen perawatan kesehatan yang ada. Ini akan memungkinkan kelancaran manajemen staf rumah sakit dan mempercepat proses pemberian layanan kesehatan.

Perangkat lunak klien email

Proyek ini adalah program email yang dirancang untuk mengirim dan menerima surat elektronik. Dalam proyek ini, Kamu akan menggunakan soket dan jaringan standar bersama dengan Java Mail API. Ada dua protokol utama yang digunakan dalam proyek – SMTP dan POP3. Ini adalah salah satu proyek java untuk pemula. 

Biasanya, perangkat lunak klien email konvensional melakukan pengiriman surat elektronik melalui browser web seperti Hotmail, Yahoo, Google, dll. Karena sistem ini menggunakan port HTTP 80 untuk mengakses semua email, ini bukanlah cara terbaik untuk mengirim pesan sensitif atau rahasia. Peretas dapat dengan mudah meretas sistem perangkat lunak dan melanggar atau menyalahgunakan data.

Proyek ini berfungsi sebagai berikut:  server email ISP (Penyedia Layanan Internet) menangani email yang dikirim dari ISP. Semua email yang dikirim pertama kali datang ke server email, setelah itu diproses dan diteruskan ke tujuan kolektor di mana server email lain berada.

Server surat di sisi kolektor menerima email masuk dan mengurutkannya secara elektronik di kotak masuk. Sekarang, penerima dapat menggunakan aplikasi email mereka untuk melihat email yang diterima. Seluruh transaksi terjadi dengan menghubungkan langsung ke server email melalui program, yang membuatnya jauh lebih aman daripada perangkat lunak klien email yang ada.

  1. Sistem manajemen perpustakaan

Proyek perangkat lunak ini diimplementasikan di Java menggunakan desain database MS Access. Ini dirancang untuk mengelola dan memelihara perpustakaan di lembaga pendidikan manapun melalui sistem komputerisasi yang terintegrasi. Perangkat lunak manajemen perpustakaan akan memungkinkan pustakawan untuk beroperasi lebih produktif sambil menangani tugas-tugas perpustakaan sehari-hari. 

Dalam sistem manajemen perpustakaan tradisional, semuanya dilakukan secara manual. Semua operasi dan pencatatan perpustakaan, termasuk jumlah buku, genre buku, nama buku, catatan siswa yang telah mengeluarkan/mengembalikan buku dan lain-lain, semuanya dilakukan melalui pena dan kertas. Tentu saja, proses ini membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan bahkan sumber daya manusia. 

Proyek yang diusulkan berusaha untuk memecahkan semua tantangan yang terkait dengan sistem manajemen perpustakaan tradisional. Karena menyimpan dan mengelola semua catatan perpustakaan dalam database terkomputerisasi, sehingga dapat mengurangi kebutuhan pencatatan secara manual. Perangkat lunak ini mencakup modul yang berbeda, yang masing-masing menangani dan mengelola operasi perpustakaan tertentu. Menyebutkan proyek Java dapat membantu resume terlihat jauh lebih menarik daripada yang lain.

Dengan menggunakan aplikasi perangkat lunak ini, pustakawan dan siswa tidak perlu mencari di seluruh perpustakaan untuk menemukan sebuah buku. Mereka dapat memasukkan nama dan penulis buku, dan sistem akan menampilkan daftar semua buku yang mungkin tersedia untuk kata kunci/frasa pencarian tersebut. Ini adalah salah satu fitur terbaik dari perangkat lunak manajemen perpustakaan ini.

  1. Network packet sniffer

Sebuah network packet sniffer adalah perangkat lunak penganalisa paket yang digunakan untuk memantau lalu lintas jaringan. Ini adalah aplikasi Java berbasis web yang memfasilitasi pemantauan dari paket jaringan yang melintasi jaringan sistem. Dengan menggunakan aplikasi perangkat lunak ini, Admin dapat menangkap paket jaringan dan menganalisis data yang diterima dan dikirim dari/ke jaringan. Perangkat lunak ini membantu menangkap sumber paket jaringan dan alamat tujuan.

Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk menetapkan seperangkat aturan selama runtime untuk mencegah peretas menyerang perangkat lunak sistem dengan virus dan malware. Tidak seperti host jaringan standar yang hanya melacak lalu lintas yang dikirim secara eksklusif kepada mereka, aplikasi perangkat lunak ini menangkap setiap paket, mendekodekannya untuk analisis saat aliran data melintasi jaringan. Beberapa fitur yang paling terpuji dari aplikasi perangkat lunak ini adalah:

  • Pemantauan jaringan 24×7 
  • Pengambilan real-time
  • Protokol lanjutan
  • Jaringan yang kompleks
  • Analisis tingkat paket otomatis
  • Penguraian paket yang komprehensif
  1. Sistem manajemen bank online

Ini adalah salah satu proyek Java yang menarik untuk dibuat. Proyek ini berfokus pada pengembangan sistem perbankan online. Tujuan utamanya adalah untuk membuat platform perbankan online yang dapat diakses dari lokasi mana pun, sehingga nasabah tidak perlu pergi ke cabang bank untuk kegiatan rutin perbankan seperti penarikan uang, pengiriman uang, pemeriksaan saldo, dan lain-lain. Masalah-masalah ini dapat diatasi dengan mengembangkan sistem perbankan online yang akan menawarkan layanan perbankan yang lancar dan cepat kepada pelanggan. Namun, untuk menggunakan aplikasi perangkat lunak ini, pengguna harus terdaftar di sistem. Untuk melakukannya, pengguna harus membuat nama pengguna dan kata sandi unik untuk masuk ke aplikasi dengan aman.

Aplikasi manajemen bank online ini akan memberikan layanan berikut kepada pelanggan:

  • Pelanggan dapat melihat rincian rekening mereka seperti jenis rekening, saldo yang tersedia, tingkat bunga pinjaman yang tersedia, laporan kredit/debit, dll dari lokasi terpencil.
  • Pelanggan dapat memeriksa riwayat transaksi mereka yang mencakup informasi yang diperlukan seperti waktu, jenis, dan jumlah transaksi.
  • Ini akan menampilkan jumlah uang tunai yang disetorkan atau ditarik tunai bersama dengan tanggal setoran/penarikan.
  1. Sistem manajemen medis online

Ini adalah proyek Java berbasis web lainnya yang dirancang untuk menciptakan jalur komunikasi langsung antara dokter dan pasien. Proyek ini dikenal sebagai “Rumah Pengobatan Virtual”. Dengan menggunakan aplikasi ini, pasien dapat memesan janji temu online dengan dokter pilihan mereka, dan dokter dapat menawarkan saran perawatan kesehatan, resep elektronik, dan melihat catatan medis pasien, laporan lab, dan lain-lain. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna mencari dan terhubung dengan darah dan donor mata. Ini adalah salah satu ide proyek java yang sangat baik untuk saat ini. 

Dalam sistem pelayanan kesehatan konvensional, semua operasi manajemen medis dilakukan secara manual. Masalahnya lebih terasa di daerah terpencil dan pedesaan yang kekurangan infrastruktur medis yang layak, profesional kesehatan yang berkualitas, dan peralatan medis yang canggih. Ini adalah salah satu proyek java untuk pemula. Selain itu, tidak ada ketentuan untuk pencatatan dan penyimpanan data medis. Sistem manajemen medis online ini dapat membantu menjembatani semua masalah ini dengan menghubungkan dokter dan pasien secara langsung. 

Aplikasi ini memiliki dua modul — modul Admin dan modul Dokter. Modul Admin mengelola sistem perangkat lunak online, dan modul Dokter memungkinkan dokter berinteraksi dengan pasien. Siapa pun dapat mengakses layanan yang disediakan oleh aplikasi ini dari lokasi manapun melalui Internet. 

Posted in: News



    WhatsApp chat