5 Situs Untuk Belajar Linux - IDS Digital College

5 Situs Untuk Belajar Linux

Linux adalah sistem operasi berbasis open source yang biasa dipakai programmer bahkan web developer. Meski pertumbuhan pemakai Linux tidak terlalu signifikan. 

Tapi Linux tetaplah Linux, OS ini merupakan alternatif bahkan pilihan utama jika menginginkan sesuatu yang lebih pada sistem operasi. Perlu diketahui bahwa market share pertumbuhan Linux hanya 1,21 %, masih jauh dibandingkan pemakai Windows yang mencapai 50 % lebih.

Linux dimulai pertama kali pada tanggal 25 Agustus 1991 oleh Linus Torvalds. Ia mengumumkan Linux yang awalnya adalah proyek komputer hobinya di newsgroup comp.os.minix. Saat itu ia sedang menempuh jurusan ilmu komputer di Universitas Helsinki.

Pengguna Linux, yang pada umumnya memasang dan melakukan sendiri konfigurasi terhadap sistem, lebih cenderung mengerti teknologi dibanding pengguna Microsoft Windows atau Mac OS. 

Mereka sering disebut hacker atau geek. Namun ini semakin berkurang dengan peningkatan sifat ramah-pengguna Linux dan makin luasnya pengguna distribusi. 

Linux telah membuat pencapaian yang cukup baik dalam pasaran komputer server dan komputer tujuan khusus, seperti mesin render gambar dan server web. Linux juga mulai populer dalam pasaran komputer desktop.

Linux merupakan asas kepada kombinasi program-server LAMP, kependekan dari Linux, Apache, MySQL, Perl/PHP/Python. LAMP telah mencapai popularitas yang luas di kalangan pengembang Web.

Linux juga sering digunakan sebagai sistem operasi embeded. Biaya pengadaan Linux yang murah memungkinkan penggunaannya dalam peralatan seperti simputer, yaitu komputer berbiaya rendah yang ditujukan pada penduduk berpendapatan rendah di Negara-negara berkembang.

Dengan lingkungan desktop seperti KDE dan GNOME, Linux menawarkan antarmuka pengguna yang lebih menyerupai Apple Macintosh atau Microsoft Windows daripada antarmuka baris teks seperti Unix. Oleh karena itu, lebih banyak program grafik dapat ditemui pada Linux yang menawarkan berbagai fungsi yang ada pada utilitas komersial.

Dibawah ini adalah 5 situs untuk kita belajar Linux 

  • LinuxFromScratch.com

Nah, jika sudah mahir Linux dan ingin membuat semisal distro sendiri, Anda bisa belajar melalui LinuxFromScratch.com. LFS (Linux From Scratch) adalah project yang akan membimbing kita dalam pengembangan sistem baru Linux sesuai kostumisasi dan keinginan kita.

  • UbuntuGeek.com

Ubuntu adalah sistem operasi yang sangat dinamis, karena biasanya pengguna awam memakainya untuk mengawali perkenalan dengan Linux. Situs Ubuntu Geek akan membantu Anda untuk belajar mengenal lebih jauh mengenai Ubuntu. Ada tutorial mengenai Security, Networking, Instalasi Paket, Informasi Software dan disana juga tersedia e-book gratis mengenai Ubuntu. Ubuntu Geek adalah situs tempat belajar Linux Ubuntu yang saya rekomendasikan bagi pembaca.

  • WebUpd8.org

Masih mengenai Ubuntu, situs Webupd8 ini sering kali mengulas tips dan trik untuk penggunaan aplikasi Linux. Di situs tersebut juga sering mereview beberapa aplikasi yang mungkin dapat membantu produktivitas komputasi sehari-hari. Menurut saya, Webupd8 merupakan situs tutorial dengan tampilan web design yang cukup bagus.

  • HowToForge.com

Situs ini merupakan tempat tutorial untuk produk-produk Linux, seperti Android, Ubuntu, Debian, Mandriva, Fedora, CentOS dan masih banyak lagi. Sangat lengkap dan disertai forum online. Bahkan di Howtoforge kita bisa berkontribusi menulis artikel tutorial mengenai penggunaan Linux, tentunya harus menggunakan bahasa inggris.

  • FossGrafis.com

Ingin belajar tentang grafis di Linux ? Fossgrafis adalah tempatnya. Situs ini merupakan tempat pembelajaran dan edukasi untuk software-software grafis berbasis open source seperti Gimp, inkscape maupun Blender. Meski tutorialnya merupakan tutorial tingkat menengah, tapi tak ada salahnya untuk belajar juga di situs ini. Oh iya, Fossgrafis ini buatan anak Indonesia loh !

Posted in: News


WhatsApp chat