6 Karir Software Engeneering Ini Semakin Cemerlang di Tahun 2020 - IDS Digital College

6 Karir Software Engeneering Ini Semakin Cemerlang di Tahun 2020

Kali ini IDS Digital College akan membahas tentang karir software engineering berdasarkan ulasan TechLead Google yang sudah berpengalaman membangun tim teknologi jarak jauh selama 11 tahun. Karena software engineering memiliki keterampilan yang kompleks di berbagai jenis industri, membuat posisi ini harus dimiliki di hampir semua sektor bisnis. Bila kamu bercita-cita untuk menjadi software engineering, ada rekomendasi Career Path yang bisa dipertimbangkan tahun 2020 ini. Simak yuk, ulasannya! 

1. Backend Engineering
Sebagian besar siswa ilmu komputer mulai mempelajari Java atau C / C ++, yang biasanya membuat mereka berperan sebagai back-end web engineer. Tetapi masalahnya adalah, ketika semua yang kamu tahu adalah Java atau C, maka lingkup pekerjaan yang dapat dilakukan agak terbatas. Selain itu, ada kompetisi untuk peran backend berbasis Java karena Python atau Go sekarang lebih umum untuk backend. Misalnya, Youtube, Instagram, Uber, yang mengandalkan arsitektur Python-Django, Go dan PHP.

2. Mobile Application Developer
Mobile Application Developer memakai bahasa serta platform seperti JavaScript, .NET, dan Objective-C untuk menciptakan aplikasi dan serta situs web untuk perangkat smartphone (iPhone, iPad, Samsung Galaxy). Sebagai Mobile Application Developer nantinya kamu akan bekerja dengan sistem operasi mobile seperti iOS dan Android, developers design, code, test, debug dan juga mendokumentasikan proses mobile application development. Meningkatnya permintaan untuk aplikasi mobile pribadi dan perusahaan menyebabkan kebutuhan akan developer semakin banyak. Sejak tahun 2017 lalu, Gartner Inc. memprediksi bila nantinya permintaan pasar akan meningkat melebihi kapasitas bakat yang ada. 

3. Web Full-stack Engineer
Karir web full-stack engineer mungkin bisa jadi salah satu entry-point termudah. Jenjang karir ini sangat sesuai bagi kamu yang mencari pekerjaan di bidang teknologi, dimulai dari teknologi web front-end seperti JavaScript, CSS, HTML. Kemudian menambahkan beberapa kerangka kerja seperti Angular, React, Vue. Jika kemampuanmu hanya sampai sini, maka kamu masih disebut sebagai front-end engineering. Ada banyak perusahaan startup yang membutuhkan ahli front-end engineering. Namun karir kamu bisa jauh lebih berkembang menjadi web full-stack engineer bila menguasai frontend dan backend sekaligus. Karir ini memiliki jangka waktu yang panjang. 

4. Game/Graphics Engineer
Game development atau graphics development adalah salah satu mimpi semua orang. Bagi kebanyakan orang, game biasanya menjadi interaksi pertama yang dilakukan dengan komputer. Layaknya Mark Zuckerberg, mungkin kamu pernah bermain game di komputer kecil dan bermimpi membuat game sendiri suatu hari nanti. Sayangnya perlu kamu tahu, jika di industri ini tidak semua game development memperlakukan game developers seperti perusahaan Silicon Valley memperlakukan karyawan mereka.

5. Business Information Analysts
Dengan menggabungkan pengetahuan bisnis dan keahlian komputerisasi, berprofesi sebagai business information analysts kamu akan membantu perusahaan untuk menterjemahkan kebutuhan bisnis menjadi solusi teknis. Nantinya kamu akan menggunakan keterampilan analitik yang ditetapkan untuk meneliti, merencanakan, serta mengelola sistem informasi dan software supaya dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah bisnis. 

6. Data Engineering
Salah satu bidang lain yang ternyata sangat populer adalah data engineering. Banyak perusahaan ingin didorong oleh data, dan mereka juga ingin merekrut data engineering.  Karir ini memiliki fokus untuk mengatur data, karena perusahaan mengoperasikan berjuta data yang masuk, dan seorang data engineering membangun jalur pipa data menggunakan Python untuk script, query SQL, kemudian menampilkannya ke dalam sebuah tabel dan menghasilkan cara untuk memvisualisasikan data.

Nah itu tadi bayangan tentang karir software engineering yang semakin cemerlang di tahun 2020 ini. Jejak karir manakah yang ingin kamu tekuni mulai sekarang?

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat