Apple Watch Vs Google Pixel Watch - IDS Digital College

Bersaing dengan Apple Watch, Google Pixel Watch akan Rilis 26 Mei

Sejak meeting tahunan Google, I/O yang dilaksanakan 2021 Google Pixel Watch menjadi bahan perbincangan yang hangat. Pasalnya Pixel Watch milik Google ini adalah jam tangan pintar pertama hasil buatan Google. Banyak orang yang penasaran kapan Google akan meluncurkan jam pintar tersebut. Terlebih Google juga belum angkat suara atas rumor yang beredar. 

Kehadiran Pixel Watch dari Google tentu akan menambah ramai persaingan pasar jam tangan pintar. Bahkan kedatangan Pixel Watch digadang-gadang akan bersaing dengan Apple Watch. Produk jam tangan pintar dari Apple Watch saat ini begitu mendominasi, sebagai salah satu perusahaan raksasa dunia Google tentu menginginkan Google Pixel menjadi smartwatch andalan masyarakat. Persaingan seperti ini tentunya begitu menarik, karena pengguna dari smartwatch lah yang mendapat keuntungan dengan mendapat teknologi yang lebih maju dari sebelumnya. Untuk itu, kehadiran Pixel Watch sangat diantisipasi.

pixel watch

Tidak seperti Apple Watch, Pixel Watch akan berbentuk bulat dan tidak memiliki bezel yang berfungsi untuk melindungi permukaan jam tangan juga sebagai dekoratif. Tak ketinggalan Pixel Watch akan hadir dalam berbagai warna. Dengan mengusung desain yang melengkung disekitar tepi jam, Pixel Watch akan terlihat minimalis namun modern. Tali jam yang dipakai juga tali eksklusif yang jarang digunakan jam tangan pintar lainnya. 

Pixel Watch juga akan memiliki fitur yang menampilkan metrik kesehatan dan kebugaran tubuh, termasuk penghitung langkah, dan monitor detak jantung. Bahkan bukan tidak mungkin bila maps atau google assistant juga ikut menjadi fitur andalan Pixel Watch.

Tahun lalu Google berintegrasi dengan Fitbit perusahaan yang bergerak pada bidang elektronik dan kebugaran di Amerika untuk mengerjakan produk wearable milik Google. Mulai 2013 Google telah memiliki smartphone, tablet, laptop, serta beberapa aksesori seperti Pixel Bud, Pixel Pen, dan Pixel Stand sebagai produknya. Akuisisi Fitbit oleh Google menjadi alasan kuat kalau Google sedang mengembangkan produk jam tangan pintar. Melalui teknologi Fitbit yang sudah ada, Google akan memasukkannya ke dalam Pixel Watch. Dikutip dari The Verge, Rick Osterloh mengatakan bahwa, “Kalian akan melihat mereka (tim Fitbit) membuat perangkat yang dapat dikenakan di Wear OS di masa depan.”

pixel watch from google

Dikalangan internal perusahaan Google Pixel Watch mempunyai sebutan “Rohan.” Rohan kemungkinan akan didukung dengan Wear OS 3. 

Melalui website 9TO5GOOGLE terungkap video pendek yang 10 desain jam dengan tampilan yang berbeda untuk perangkat Wear Os yang akan datang. Pada tampilan jam tersebut juga menunjukkan adanya logo dari iFtbit. Hal ini mendorong keyakinan bahwa desain tampilan jam pintar tersebut adalah Pixel Watch. Desain-desain yang ada mengusung beberapa nuansa seperti sederhana, futuristik, sampai dihiasi berbagai warna. Menariknya, salah satu desain jam pintar tersebut pernah dibagikan akun Youtube milik Jon Prosser Front Page Tech pada akhir tahun 2021.

Jon Prosser akun Twitternya mengabarkan bahwa teknologi terbaru Google ini akan dirilis pada 26 Mei 2022. Sesuai dengan tanggal pelaksanaan konferensi tahunan I/O, nantinya Pixel Watch akan dikenalkan lewat acara tersebut. Di kalangan penggemar gadget Jon Prosser memang dikenal sebagai The Leaker, meskipun hingga saat ini belum ada pertanyaan resmi dari Google namun cuitan Prosser tidak bisa dilewatkan begitu saja. 

Sepertinya tahun ini memang dijadikan sebagai tahun untuk perilisan Google Pixel Watch. Anggapan-anggapan serta rumor yang beredar akan terjawab pada akhir bulan Mei nanti. Tinggal tunggu saja.

Posted in: News



    WhatsApp chat