Jadi Profesi yang Makin Banyak Diincar, Ternyata Segini Loh Gaji Freshgraduate IT - IDS Digital College

Jadi Profesi yang Makin Banyak Diincar, Ternyata Segini Loh Gaji Freshgraduate IT

Kebutuhan profesional di bidang IT kini makin diburu pelaku bisnis. Seiring dengan perkembangan teknologi, kehadiran mereka membuat perusahaan dimudahkan dalam menjalankan bisnis. Ditambah lagi saat ini banyak berdiri perusahaan startup yang membutuhkan banyak sekali tenaga IT. 

Tak hanya profesional, fresh graduate bidang ini juga diincar banyak perusahaan. Hal tersebut membuat gaji fresh graduate IT relatif kompetitif meski tak setinggi profesional. Beberapa profesi di bidang IT yang belakangan makin banyak dicari dengan gaji menggiurkan antara lain sebagai berikut.

1. Programmer
Salah satu profesi di bidang IT yang belakang dicari perusahaan dari berbagai industri adalah programmer. Kamu yang menguasai web programmer, desktop programmer, application programmer, serta game programmer bisa bekerja di bidang ini. Rata-rata gaji fresh graduate IT sebagai junior programmer berkisar Rp 4 juta sampai Rp 6 juta. Namun, tak menutup kemungkinan jika kamu digaji lebih besar hingga di atas Rp10 juta. Jenjang karir profesi ini juga menjanjikan. Untuk profesional, gajinya bisa mencapai Rp 20 juta lebih.

2. System Analyst
Profesi system analyst sebenarnya susah digapai untuk fresh graduate. Biasanya perusahaan memilih orang yang sudah berpengalaman dalam mengembangkan software atau pernah menjadi seorang programmer. Namun, jika kamu memiliki kemampuan keduanya, jalan mendapatkan pekerjaan ini sangatlah mudah. Gaji profesi ini cukup menggiurkan dengan kisaran mulai Rp 6,5 juta per bulan. 

Makin berpengalaman dan sudah masuk dalam kategori profesional, angka penghasilan bisa mencapai Rp 25 juta. Sekedar informasi, system analyst bekerja untuk merancang solusi IT guna meningkatkan efisiensi bisnis dan produktifitas organisasi lewat pendekatan logis.

3. Software Engineer
Seorang software engineer memiliki tugas hampir mirip dengan programmer dan system analyst. Namun, orang berprofesi juga perlu memiliki pemahaman mengenai Software Development Life Cycle atau SDLC. Hal tersebut berhubungan erat dengan pekerjaannya untuk mengembangkan sebuah software. Belakangan profesi ini makin diminati seiring bertambahnya jumlah startup serta perusahaan di bidang IT. Gaji fresh graduate IT satu ini mulai dari Rp 5 juta sampai Rp 8 juta. Sementara untuk profesional meningkat hingga 3 kali dari gaji fresh graduate. Tentunya, angka tersebut tergantung di daerah mana kamu bekerja. 

4. IT Consultant
IT Consultant yang juga dikenal dengan konsultan IT juga merupakan profesi yang diminati banyak fresh graduate jurusan ilmu komputer. Para konsultan IT bekerja memberikan saran dan ide kepada klien bagaimana mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi untuk memenuhi target bisnis. Tak jarang juga memberikan ide untuk menyelesaikan suatu masalah yang tengah terjadi di dalam perusahaan. Rata-rata gaji profesi ini dimulai dari Rp 6 juta – Rp11 juta. Sementara untuk profesional berkisar antara Rp 10 juta – Rp30 juta. 

5. Software Developer
Profesi berikutnya yang menawarkan gaji fresh graduate IT lumayan kompetitif adalah Software Developer. Setiap bulannya, pendapatan rata-rata yang diperoleh sekitar Rp 4, 5 juta – Rp 8,5 juta. Namun, ada perusahaan yang menawarkan gaji lebih besar sampai Rp12 juta per bulannya. Pekerjaan seorang software developer sendiri terdiri dari mendesain, instalasi, hingga maintenance sistem sebuah software

6. IT Support
Hampir semua perusahaan pasti membutuhkan bantuan orang yang berprofesi sebagai IT Support. Tugas utamanya adalah memberikan bantuan teknis IT bagi perusahaan. Pekerjaannya bersifat fleksibel sehingga selalu ada di tempat karena perusahaan bisa meminta bantuan sewaktu-waktu. Gaji fresh graduate IT satu ini berkisar antara Rp 4 juta – Rp 6 juta tergantung dimana daerah bekerja.

7. Database Engineer
Berikutnya adalah Database Engineer yang bekerja untuk mendesain serta memonitor database. Kamu yang berprofesi ini harus bertanggung jawab untuk memastikan database selalu responsif dan menyediakan data valid. Selain mengetahui ilmu komputer, kamu juga harus paham dan familiar dengan data manipulation serta desain database. Tak perlu khawatir, gaji yang ditawarkan sangat menggiurkan. Mulai dari Rp 4 juta untuk fresh graduate dan Rp25 juta lebih untuk profesional. 

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat