Kata Siapa Bikin Web Susah? Sekarang Kamu Bisa Buat Sendiri Kok! - IDS Digital College

Kata Siapa Bikin Web Susah? Sekarang Kamu Bisa Buat Sendiri Kok!

Saat ini udah banyak banget usaha atau perusahaan yang memiliki website sendiri untuk memasarkan produk atau jasanya. Buat perseorangan juga bakal terlihat keren kalau mereka punya website sendiri untuk menampilkan karya, menjelaskan keseharian atau minatnya sampai menjual produk atau jasa yang ditawarkan.

 

Selain hal di atas, sebenarnya sangat dianjurkan untuk bisa memiliki web pribadi, karena jika kamu mencari pekerjaan, kamu akan lebih cepat dilirik perusahaan jika memiliki web pribadi. Karena kamu bisa menjual daya tarik bagi para HRD. selain itu kamu juga bisa menunjukkan kreativitasmu di web-mu itu sebagai bentuk portofolio kamu.

 

Nggak cuma itu, kamu juga bisa mendapatkan ilmu baru karena memiliki web berarti kamu mempelajari banyak hal seperti HTML, UI, UX, PHP dan sebagainya. Terlebih lagi sebuah website selalu membutuhkan pengembangan untuk menjadi lebih baik lagi sehingga ilmu yang kamu dapatkan akan terus bertambah.

 

Gimana? Ternyata banyak banget ya manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan membuat website-mu sendiri. Kamu ingin membuat website tapi nggak punya dana untuk membayar professional? Tenang aja kamu bisa bikin web mu sendiri kok! Mau tahu gimana caranya? Simak langkah-langkah membuat website-mu sendiri dengan 6 langkah di bawah ini!

 

1. HTML

Pelajari tentang HTML, dengan mengerti HTML Itu bagaimana dan cara pengoprasiannya kamu bisa mengembangkan game hingga blog di dalamnya. Bahkan km bisa mengembangkan blog tanpa bantuan scripting server-side.

 

2. CSS

Dengan mengerti CSS itu apa kamu bisa mempercantik halaman HTML dengan CSS, kamupun bisa membuat situs web-mu dengan desain yang bagus. CSS bisa digunakan untuk membuat animasi, mengubah sistem pengoperasian website (click, scroll, dkk), transisi dan lainnya.

 

3. JavaScript

Pahami tentang JavaScript, maka kamu bisa membuat beberapa fitur dan elemen dalam website yang ingin kamu buat. Mulai dari tombol klik, memainkan animasi, mengarahkan kursor dan sebagainya. Dengan JavaScript kamu bisa melakukan itu semua dengan lebih mudah.

 

4. Bootstrap

Dengan mengerti akan Bootstrap, maka kamu akan lebih mudah dalam mendesain situs web yang responsif. Dimana artinya situs web kamu dapat mengubah peletakan dan jarak dari elemen situs sesuai dengan ukuran layar dari setiap device yang digunakan pengguna.

 

5. PHP

Kenali bahasa scripting server-side atau PHP (Hypertext Preprocessor) dimana ini akan membantumu untuk mengolah kode di back end situs atau server-side. Selalin PHP ada juga yang namanya Asp.net dan JSP. Meskipun begitu PHP lebih mudah dan paling banyak digunakan.

 

5. MySQL

Ini merupakan salah satu sistem manajemen database terbuka yang digunakan untuk mengatur informasi dalam ukuran besar dan mengorganisir nya dalam satu aplikasi software. Jika kamu mempelajari PHP maka kamu akan lebih mudah mengkoneksikannya dengan MySQL database jika kamu menggunakan bahasa programming dasar C/C++.

 

Bagaimana tidak terlalu sulit bukan? Kamu bisa memulai membuat website-mu sendiri dengan menggunakan langkah-langkah di atas. Jika kamu sama sekali tidak memiliki ilmu web developer, kamu bisa kuliah sambil bekerja atau mengikuti kuliah kelas karyawan di IDS Digitall Collage!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat