Kenali Beragam Tipe Perlindungan Siber untuk Perusahaanmu - IDS Digital College

Kenali Beragam Tipe Perlindungan Siber untuk Perusahaanmu

Kebijakan WFH serta sistem online yang saat ini sedang digencar-gencarkan membuat adanya cyber crime juga semakin meningkat. Kejahatan siber semakin banyak dan tidak peduli seberapapun usaha untuk melindunginya, selalu ada cara bagi hacker untuk masuk dan mencuri data-data yang ada.

 

Jadi, sudahkah perusahaanmu membuat perlindungan untuk mencegah terjadinya cyber crime? Mengambil langkah untuk melindungi data-data perusahaan dari cyber crime adalah langkah yang tepat dan harus dimulai sejak sekarang. Berikut terdapat tipe perlindungan cyber security yang bisa kamu pilih.

 

 

1. Cloud Security 

 

Cloud security merupakan sebuah alat keamanan berbasis perangkat lunak yang melindungi dan memantau data dalam sumber daya cloud perusahaan. Penyedia cloud akan terus membuat dan mengimplementasikan serta terus memaintenance  alat keamanan yang baru untuk membantu perusahaan dalam mengamankan data.

 

 

2. Critical Infrastructure Security

 

Ini adalah sebuah keamanan siber yang banyak diandalkan oleh masyarakat modern. Critical infrastructure itu menggambarkan sistem fisik dan cyber yang sangat penting bagi negara. Jika terjadi kesalahan akan membawa kehancuran dan berdampak melemahnya keamanan fisik ekonomi, kesehatan hingga keselamatan publik. Karena biasanya Critical infrastructure menyediakan layanan penting yang menopang masyarakat indonesia, contohnya adalah jaringan listrik, lampu lalu lintas, pusat perbelanjaan, pdam, rumah sakit dan masih banyak lagi.

 

 

3. Internet of Things (IoT) Security 

 

Internet of Things (IoT) Security adalah sebuah area teknologi yang berkaitan dengan pengamanan perangkat dan jaringan yang terhubung dengan Internet of Things (IoT). IoT melibatkan penambahan konektivitas internet ke sistem perangkat komputasi yang saling terkait, mechanical dan digital mesin, objek, hewan, atau manusia. Setiap benda atau “things” itu tadi diberikan pengenal unik dan kemampuan untuk mentransfer data secara otomatis melalui jaringan. Mengizinkan perangkat untuk terhubung ke internet akan membuat banyak kerentanan yang serius jika tidak dilindungi dengan benar.

 

Karen IoT mengacu pada berbagai sistem fisik cyber kritis dan nonkritis seperti peralatan, sensor, WiFi, televisi, printer sampai CCTV. Teknologi inti dari IoT sendiri adalah pusat data, analitik, jaringan, IoT embedded systems, perangkat konsumen dan sistem. Karena sering dikirim dalam keadaan rentan dan hanya memiliki fitur keamanan yang minim, maka kamu perlu berinvestasi dalam menerapkan solusi keamanan yang strategis untuk Internet of Things (IoT) Security. 

 

 

4. Application Security

 

Jika berbicara tentang perusahaan yang berkembang di era digital, tentu tidak lepas dari yang namanya sebuah aplikasi. Aplikasi apapun itu, karenanya untuk mempertimbangkan keamanan aplikasi yang digunakan untuk perusahaan, salah satunya adalah dengan mengambil langkah perlindungan untuk melindungi sistem aplikasi. Kamu bisa menggunakan program enkripsi, antivirus hingga firewall untuk mencegah masuknya akses yang tidak sah. Jika kamu memiliki data yang sensitif dalam perusahaan itu, tim keamanan juga bisa melindunginya melalui proses keamanan aplikasi khusus yang terlampir pada suatu set data.

 

 

5. Network Security

 

Keamanan jaringan atau network security sangat diperlukan untuk mencegah intrusi yang tidak sah dari jaringan internal. Dengan amannya koneksi jaringan yang kamu gunakan, bawa kamu bisa memastikan bahwa kamu bisa melindungi infrastruktur dan tidak ada yang menghambat untuk akses kesana. Karena jaringan yang berjalan dengan baik akan membantu tim keamanan siber dalam melindungi hal-hal lainnya. Contoh implementasi keamanan jaringan adalah untuk melindungi kata sandi baru, program antivirus, firewall, akses internet terpantau, info masuk tambahan, enkripsi, perangkat anti spyware dan masih banyak lagi.

 

Jika kamu tertarik lebih banyak tentang keamanan siber yang lebih luas, kamu bisa bergabung di IDS Digital Collage dan masuk jurusan Teknik Informatika. Karena kamu akan mendapatkan banyak pelajaran menarik seputar dunia informatika.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat