Mencegah Serangan Ransomware - IDS Digital College

6 Cara Jitu Mencegah Serangan Ransomware

Ransomware merupakan salah satu serangan yang marak terjadi saat ini. Jenis malware ini awalnya akan menyerang pengguna dengan cara menginfeksikan virus pada perangkat. Serangan ransomware akan melacak dan mengenkripsi data pengguna dengan menggunakan kode rahasia yang hanya diketahui oleh si peretas atau hacker.

Sesuai dengan namanya ransom berarti tebusan, dimana data tersebut dijadikan sandera dan peretas akan meminta tebusan jika ingin data tersebut kembali normal. Sangat menyeramkan bukan? Melalui teknologi anda bisa diperas oleh oknum yang tidak dikenal.

Tidak hanya menyerang perorangan, ransomware turut menargetkan sejumlah perusahaan dan instansi besar. Bisa dikatakan serangan ini bisa menimpa siapa saja dan tidak mengenal jenis bidangnya.

Pada tahun 2017, terdapat salah satu virus berbahaya bernama WannaCry. Virus ini adalah salah satu jenis ransomware. Virus ini sangat menggemparkan karena berhasil menyerang ratusan perusahaan hampir di seluruh negara dengan total kerugian mencapai miliaran US dollar.

virus wannacry

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah serangan ransomware:

Gunakan Software Khusus

software antivirus

Semakin canggih teknologi, maka semakin canggih pula tindak criminal dalam dunia siber terjadi. Di Masa ini, banyak bermunculan perangkat lunak antivirus yang bisa mendeteksi segala virus berbahaya yang masuk ke dalam sistem komputer anda.

Terdapat software antivirus yang dikhususkan untuk mendeteksi serangan ransomware. Alat tersebut tidak hanya berfungsi mendeteksi, namun menangkal serta membersihkan.

Perlu diperhatikan pula, ransomware bisa masuk melalui website yang tidak aman. Untuk itu disarankan untuk melakukan pengamanan dengan menambahkan SSL pada browser untuk menjaga keamanan situs.

Menyiapkan Data Cadangan

Data perusahaan bersifat rahasia dan sensitif, sehingga tidak boleh disebarluaskan ke khalayak ramai. Apalagi jika data tersebut sampai ke tangan kompetitor. Selain dapat merugikan perusahaan, juga dapat mengurangi kepercayaan atau nilai yang di mata masyarakat karena kurang menjaga sistem keamanan.

Melihat hal tersebut, sangat penting bagi anda untuk mempersiapkan data cadangan bila terjadi kasus berbahaya yang bisa mengancam reputasi perusahaan.

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, ransomware akan menginfeksi dan menyandera data anda, kemudian memerasmu untuk meminta tebusan. Maka dari itu, penting bagi anda untuk berhati-hati dengan menyiapkan data cadangan dengan melakukan backup.

Biasakan untuk rutin melakukan backup data dan mencadangkan data di cloud, drive, dropbox dan perangkat lainnya.

Melakukan Pembaruan Secara Rutin

update software

Melakukan pembaruan (update) sistem dengan versi terbaru tak hanya sekedar menambah fitur lebih maju, tetapi juga bisa memperbaiki kerusakan serta meningkatkan keamanan layanan. Tak hanya berlaku pada aplikasi saja, tapi juga pada plugin, CMS, hingga tema.

 Selain sistem, melakukan update pada semua program yang terinstal pada komputer anda merupakan salah satu langkah untuk mencegah serangan ransomware.

Install Perangkat Lunak Antivirus

Cobalah untuk melakukan install perangkat lunak antivirus yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi serangan ransomware. Jika anda memiliki antivirus, jangan lupa untuk melakukan pembaruan secara berkala pula.

Berhati-hati Ketika Melakukan Unduhan

Jangan sembarangan mengunduh file atau lampiran pada situs yang tidak terjamin keamanannya. Terlebih lagi bila saat melakukan unduhan diminta untuk memberi hak administratif. Bila dirasa file tersebut tidak reliable, sebaiknya jangan mengunduhnya.

Hindari Klik Sembarangan

klik sembarangan

Salah satu media yang menyebabkan infeksi ransomware adalah melalui klik pengguna internet, baik dari website maupun email. Sebaiknya, hindari untuk menghindari tautan/link yang tidak dikenal siapa pengirimnya atau asalnya. Bisa jadi itu merupakan cara pelaku untuk memeras anda.

Posted in: News



    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)

    WhatsApp chat