Microsoft Berdayakan Masyarakat dan Komunitas untuk Dukung Implementasi Smart City - IDS Digital College

Microsoft Berdayakan Masyarakat dan Komunitas untuk Dukung Implementasi Smart City

Hampir seluruh negara di dunia kini menjalankan revolusi industri 4.0 yang menuntut adanya digitalisasi secara maksimal. Karena itu Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas) terus berupaya untuk mendorong Indonesia bertransformasi dalam dunia digital untuk mengimplementasikan smart city.

 

Anggota tim pelaksana Wantinas, Garuda Sugardo menjelaskan dalam webinar yang berjudul “Kota Cerdas Untuk Mewujudkan Government 4.0” bahwa smart city akan menjadi dasar atau fondasi untuk smart nation, yang akan digunakan untuk meningkatkan ekonomi serta produktivitas negara. Menurutnya, semua itu harus dilakukan dengan semangat Making Indonesia 4.0 dan kolaborasi antar stakeholder. 

 

Garuda juga menyebutkan bahwa smart city di Indonesia bisa terwujud di 514 kota dan kabupaten jika semangat 4.0 tetap dilanjutkan dan diterapkan dengan kolaborasi yang baik. Selain itu, implementasi smart city ini sudah dipayungi oleh Perpres No.96 Tahun 2014 tentang Rencana Pita-lebar Indonesia. 

 

Dalam praktiknya nanti, Microsoft sendiri disini sebagai perusahaan penyedia teknologi sangat mendukung implementasi dari smart city. Mulai dari memberdayakan masyarakat, komunitas, hingga kota secara keseluruhan. Karena lebih dari 50% masyarakat dalam beberapa tahun mendatang akan tinggal di wilayah perkotaan. Karenya smart city adalah hal yang penting untuk diimplementasikan. 

 

“Jumlah penduduk kota yang akan semakin meningkat akan menghasilkan data dengan jumlah yang sangat besar dari masing-masing pengguna perangkat pintar. Jumlah data besai ini menjadi peluang bagi kami memberikan insight yang bermanfaat bagi kesejahteraan kota,” ungkap Prasidhi Artono selaku Product Growth Manager Microsoft Indonesia yang dikutip dari cloudcomputing.id.

 

Prashidi mengatakan bahwa inovasi akan terus dilakukan di berbagai kota yang ada di dunia untuk mewujudkan smart city itu sendiri. Inovasi dari penggunaan teknologi berbasis cloud hingga machine learning untuk AI (Artificial Intelligence) terus dikembangkan dengan kerja sama bersama Microsoft. 

 

“Kami melakukan tiga pendekatan untuk mendorong implementasi smart city pemerintah, yaitu koneksi dalam masyarakat, modernisasi, kantor pemerintah, serta meningkatkan layanan pemerintah untuk masyarakat,” lanjutnya. 

 

Karena koneksi masyarakat dan pemerintah merupakan pendekatan awal yang penting. Dimana baik masyarakat Indonesia maupun negara lain, memiliki keinginan untuk akses ke layanan pemerintah dengan mudah. Maka dari itu, kerjasama pemerintah dengan Microsoft untuk layanan berbasis cloud menjadi hal yang paling didorong oleh Microsoft. Selain itu. Microsoft juga mendorong modernisasi di lingkungan pemerintah. Hal ini bisa dilakukan dengan transformasi koordinasi dalam pemerintahan dengan komunikasi yang tersentral, koneksi yang baik antara pekerja lapangan dan kantor, juga termasuk berbagi informasi penting yang sensitif dan rahasia. 

 

Transformasi itu bisa dilakukan melalui Microsoft Teams. Tidak hanya itu, untuk memastikan data yang dibagikan aman dengan resiko serangan siber yang sangat kecil bisa dilakukan melalui Microsoft 365. Untuk saat ini, Microsoft Indonesia telah terlibat dalam implementasi smart city dengan mendukung program Jejak In untuk membersihkan limbah di sungai citarum. 

 

Kamu ingin berkontribusi dalam proyek smart city ini sekaligus memiliki keahlian dalam bidang IT? Yuk, kuliah sambil kerja di jurusan Teknik Informatika di IDS Digital College!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat