MENAKAR PROSPEK BIDANG TEKNIK INFORMATIKA DI ERA DIGITAL

Peran teknologi informasi (TI) di era globalisasi seperti sekarang terbilang cukup penting, dengan menguasai teknologi informasi, kita dapat memiliki modal penting dalam menghadapi ketatnya  persaingan yang terjadi.

Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi kian berpengaruh terhadap perkembangan dunia industri. Karena itu, lembaga pendidikan yang memiliki peranan sebagai salah satu pencetak kaum intelektual harus mampu terus bermetamorfosa guna mengantisipasi dampak di era digital.

Seperti yang tertulis dalam kominfo.go.id, digitalisasi telah menjadi penggerak dalam pertumbuhan ekonomi. Dan ekonomi digital terus berkembang menjadi bagian dari ekonomi tersebut. Digitalisasi juga memiliki peran signifikan dalam meningkatkan produktivitas dari industri-industri yang sudah ada, menumbuh kembangkan pasar maupun industri baru, sekaligus mencapai pertumbuhan serta pembangunan inklusif yang berkelanjutan.

Hal ini berkaitan pula dengan usaha pemerintah dalam meningkatkan investasi asing di Indonesia, yang tentu saja akan membutuhkan banyak tenaga ahli di bidang teknologi informasi. Karena banyaknya industri yang meninggalkan konsep konvensional serta mulai mengarahkan industrinya ke metode digitalisasi di berbagai bidang dan membuka peluang besar bagi para Sarjana dibidang Teknik Informatika maupun Sistem Informatika di era digital.

Prospek karir yang sangat luas.

Para sarjana di bidang teknik informatika ini bukan hanya memiliki prospek yang sangat luas, tetapi juga peluang memperoleh gaji yang relatif cukup tinggi. Seperti dalam situs referensi gaji Payscale.com yang telah merilis bahwa lulusan teknik informatika merupakan jurusan berprospek yang mempunyai penghasilan relatif tinggi seiring dengan kebutuhan informasi dan teknologi suatu perusahaan.

Sejumlah kalangan juga setuju, termasuk buku “Tujuh Jurusan Bergaji Besar" karya Ina Liem. Bidang teknik informatika dan ilmu komputer tidak akan pernah redup dan selalu menawarkan gaji yang tinggi.

Akan tetapi, peluang kerja itu tidak hanya ditentukan oleh jurusannya, tapi juga oleh faktor usaha, doa, dan keberuntungan. Namun, melihat perkembangan yang ada,  jurusan Informatika, apapun program studinya akan banyak diminati oleh perusahaan. Karena hampir semua perusahaan tentu mempunyai divisi IT.

STMIK Bidakara siap hadirkan lulusan yang mampu bersaing dalam era digital.

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bidakara, hadir sebagai salah satu sekolah tinggi yang menawarkan program pendidikan strata-1 untuk sistem informasi dan teknologi informasi. Kerena melihat pendidikan teknologi informasi begitu penting dan menjadi tuntutan dalam era global untuk para professional dalam era digital.

Oleh karena itu, STMIK Bidakara sebagai salah satu sekolah tinggi di bidang teknologi informasi juga dituntut kreatif dalam urusan kurikulum agar lulusannya tidak hanya menguasai urusan teknik informatika melainkan juga dapat membaca peluang pasar sehingga mampu mencetak sumber daya manusia (SDM) yang siap bersaing dalam era global.

Tidak hanya itu, dalam upaya memberikan kesempatan kepada masyarakat yang tidak mempunyai waktu luang dalam mengikuti pendidikan di hari kerja. STMIK Bidakara juga membuka program kelas karyawan atau program kuliah karyawan jenjang S-1 yang kualitas dan proses pendidikannya diatur secara terstruktur serta terjadwal dengan pemilihan tenaga pengajar terbaik.

Kurikulum berbasis kompetensi dengan konsep pembelajaran yang inovatif.

Seiring perkembangan, sekolah tinggi sebagai tempat belajar juga turut merasakan dampak pesatnya perkembangan teknologi. Pendidikan teknologi informasi begitu penting serta menjadi tuntutan dalam kehidupan professional dalam masa digitalisasi. Sehingga, metode pembelajaran tidak luput menjadi hal penting.

Agar mudah diserap peserta didik, STMIK Bidakara memiliki konsep pembelajaran yang inovatif serta kurikulum berbasis kompetensi ICT nasional maupun internasional. Kurikulum berbasis kompetensi tersebut memiliki sistem kredit semester dengan acuan kurikulum inti yang mengacu pada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan  industri terhadap kebutuhan tenaga kerja.

Selain itu, STMIK Bidakara pun menerapkan pembelajaran  yang mengacu pada tantangan, kendala, dan tuntutan seorang yang bekerja di bidang teknik informatika dalam dunia kerja nanti. Bahkan, metode diskusi juga diterapkan sehingga pembelajaran tidak hanya dari tenaga pengajar terbaik dan berpengalaman di bidangnya tapi juga dari mereka para siswa.