Peluang Tak Terbatas Dari Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika mempelajari prinsip – prinsip ilmu komputer dan analisa matematis serta menerapkannya dalam desain dan pengembangan perangkat lunak. Selain itu, dilakukan pula pengujian dan evaluasi terhadap sistem operasi dan kerja komputer. Ide – ide kreatif yang muncul dari pengetahuan tersebut direalisasikan dalam bahasa pemrograman komputer yang dilengkapi dengan instruksi detail dan terstruktur. 

Pentingnya Logika dan Matematika

Untuk dapat berhasil dalam mengikuti kuliah jurusan teknik informatika, diperlukan pengetahuan dasar tentang logika serta matematika. Karena, algoritma inilah yang kemudian menjadi inti dari bahasa pemrograman. Oleh sebab itu pulalah, banyak mata kuliah dari jurusan ini yang berkenaan dengan pemahaman dan penghitungan matematis seperti aljabar, statistik, probabilitas, kalkulus, diskrit, dan koding. 

Peluang Karir IT

Software engineer, software developer, konsultan IT, network engineer, cyber security expert, hingga analis IT hanyalah sebagian dari prospek kerja bagi lulusan teknik informatika terbaik. Dengan berkembangnya teknologi informasi dari masa ke masa, peluang karir akan semakin terbuka lebar. Terlebih dengan banyaknya perusahaan besar yang mulai mendasarkan setiap kebijakan dan kontrol manajemennya melalui sistem informasi berbasis komputer. 

Bagi lulusan yang menguasai java programming dengan baik, maka peluang untuk bergabung dengan perusahaan penyedia layanan mobile game berbasis android akan sangat terbuka lebar. Java programming merupakan sistem dasar yang banyak digunakan dalam aplikasi android. Selain itu, dapat pula mengembangkan aplikasi game sendiri dan menawarkannya melalui google play. Mobile programmer masih banyak dibutuhkan dengan semakin meningkatnya aktifitas di dunia telekomunikasi maya dan hiburan nirkabel. 

Dunia pendidikan pun dengan senang hati membuka pintu pekerjaan bagi lulusan IT. Kurikulum sekolah dasar dan menengah memasukkan pengetahuan teknologi dan informasi sebagai salah satu mata pelajaran yang wajib diikuti oleh seluruh siswa. Langkah ini dapat pula dilihat sebagai bukti penting dan krusialnya IT dalam kehidupan masyarakat. Maka, alumnus universitas jurusan teknik informatika pun memiliki kesempatan untuk mengembangkan karir seagai pendidik tidak hanya di perguruan tinggi, tetapi juga di level pendidikan dasar.