Analisis Efisiensi Perusahaan Dalam Sistem Informasi Manajemen

Jurusan Sistem Informasi mendasarkan kurikulumnya pada 3 bidang yang menjadi akar pembentuknya. Ketiga bidang tersebut adalah ilmu komputer, manajemen, dan ekonomi bisnis. Jurusan ini menggabungkan prinsip – prinsip dalam manajemen ke dalam sistem programming berbasis komputer untuk mendukung keberlangsungan sebuah bisnis. 

Analisis Manajemen Perusahaan

Ketika mengambil kuliah sistem informasi, seorang mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan dalam melakukan analisis. Metode dan teknik analisis ini penting untuk dapat menciptakan sebuah aplikasi bisnis bagi perusahaan. Analisis tidak boleh dilakukan sebatas pada hubungan eksternal perusahan seperti jumlah konsumen yang menjadi target dan produk yang dijual. Tetapi juga pada hubungan internal perusahaan. 

Contohnya jumlah pegawai yang dimiliki, karakteristik kinerja pegawai mulai dari jam kerja, absensi, dan efektifitas kerja. Biaya operasional yang dikeluarkan oleh perusahaan termasuk dalam operasional harian seperti pemenuhan kebutuhan kantor, operasional bulanan seperti gaji karyawan, dan operasional tahunan contohnya penyelenggaraan perayaan ulang tahun perusahaan. Biaya operasional ini tidak boleh lepas dari analisis yang dilakukan sebelum dimulainya pengerjaan atau coding aplikasi. 

Aplikasi sistem informasi manajemen (SIM) akan memudahkan jajaran manajerial perusahaan dalam melaksanakan fungsi kontrol, fungsi pengawasan, serta fungsi monitoring terhadap pegawai. Sistem yang dirancang sedemikian rupa dapat menjadi basis dalam penilaian kinerja serta menjadi bahan dalam pengambilan keputusan dan penetapan kebijakan oleh dewan direksi. Komunikasi di antara pengampu jabatan manajerial dari berbagai level juga menjadi lebih efektif dan efisien. 

Pendidikan Formal SIM

Pengetahuan terkait sistem manajemen perusahaan dengan menggunakan basis komputerisasi dan IT, dapat diperoleh melalui pendidikan formal di perguruan tinggi. Mengingat pentingnya peran SIM dalam pengelolaan perusahaan, maka diperlukan sebuah institusi pendidikan yang benar – benar mengedepankan mutu pengajaran. Tidak terbatas pada pengenalan teknologi dalam bisnis, tetapi juga pada penerapan teknologi dan pengambilan keputusan dalam sistem kelola informasi bisnis. Dengan pengajar yang ahli dan kompeten di bidangnya serta kelas yang interaktif, STMIK Bidakara yang berlokasi di Kalibata ini memberikan jaminan kualitas serta keahlian yang dibutuhkan oleh setiap lulusan dari dunia informasi dan teknologi.