Struktur Data Pemrograman Jurusan Informatika

STMIK Bidakara memberi kesempatan sebesar – besarnya kepada lulusan SMA/SMK maupun pegawai yang ingin meningkatkan pengetahuan dan keahlian dalam bidang sistem manajemen dan informatika. Kelas reguler maupun kelas karyawan dibuka di kampus yang berlokasi di Jakarta Selatan ini. Bantuan biaya kuliah tersedia bagi seluruh calon mahasiswa dan mencakup setiap aktivitas hingga kelulusan. 

Informatika: Sistem Pemrograman dan Jaringan

Disiplin ilmu informatika memfokuskan kurikulum pendidikannya pada pengembangan sistem berbasis komputer yang meliputi bahasa pemrograman, artificial intelegence, dan networking. Apabila di jurusan ilmu komputer dipelajari tentang cara mendesain dan memelihara software dan hardware, maka di jurusan informatika akan lebih banyak dipelajari tentang cara mengoptimalkan subsistem untuk pengolahan data dan mengubahnya menjadi sebuah informasi. 

Struktur data merupakan mata kuliah dasar dan wajib bagi setiap mahasiswa yang kuliah jurusan informatika. Struktur data dipakai dalam semua bahasa pemrograman dalam aplikasi komputer. Sebagai contoh dalam Microsoft excel, akan ditemui struktur data berupa “ARRAY & MATRIX”; dalam windows explorer, maka struktur data yang ditemukan berupa “TREE”; Sementara dalam google maps, terwujud dalam “GRAPH”. Teori – teori yang diperkenalkan dalam struktur data merupakan awal dari bahasa pemrograman. 

Informatika dan Komputer

Informatika dan komputer sudah pasti tidak dapat dipisahkan. Lebih tepatnya, setiap bahasa pemrograman yang dipelajari dan dikembangkan dalam teknologi informasi membutuhkan komputer sebagai basis dari penerapannya. Hanya saja, mahasiswa teknik informatika tidak belajar cara membuat maupun merangkai sebuah komputer. 

Mahasiswa teknik informatika akan lebih sering berurusan dengan segala rumus dan kalkulasi algoritma yang kemudian menjadi sistem coding dalam pemrograman. Pengembangan software dan kecerdasan buatan merupakan inti dan tujuan dari jurusan ini. Sebab itulah setiap mahasiswa dituntut untuk memiliki kemampuan dalam memahami logika matematika. 

Dalam dunia bisnis, coding dari aplikasi maupun software menjadi senjata ampuh dalam pengembangan perusahaan dan tata kelola manajemen. Sebagai contoh adalah Microsoft, Google Inc, dan beberapa perusahaan startup yang berkembang di Indonesia. Semua perusahaan tersebut memiliki ahli – ahli yang berasal dari jurusan informatika terbaik.