Mencoba Belajar Web Desain Bagi Pemula

Jurusan informatika yang ada di berbagai lembaga pendidikan umumnya akan mengenalkan 4 bahasa pemograman terlebih dahulu dan memberikan materi tentangnya sampai para peserta didik faham akan keempat elemen dasar dalam membuat web desain. Adapun 4 elemen dasar tersebut antara lain:

HTML

Ibarat sebuah bangunan maka HTML bagi sebuah website adalah rangka dan pondasinya sheingga harus idbuat dengan ketelitian dan kecermatan tinggi didalamnya. HTML digunakan sebagai standar untuk menampilkan sebuah halaman website. Format yang digunakan merupakan format hiperteks sederhana yang dituliskan menggunakan berkas format ASCII sheingga bisa menampilkan sebuah website dengan bentuk terintegrasi. 

CSS

CSS merupakan singkatan dari Cascading Style Sheet. CSS memang bukan bahasa pemograman akan tetapi kehadirannya sangat diperlukan dalam membuat sebuah website. CSS mengendalikan segala bentuk desain dan konten yang ada di website mulai dari ukuran gambar, warna teks, hyperlink, mouse over, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan style dari website itu sendiri.

Javascript

Perlu kamu ketahui bahwa javascript sama sekali tidak ada hubungannya dengan kata java atau Jawa akan tetapi memang sudah dari awal nama progam ini adalah javascript. Javascript merupakan bahasa pemograman agar sebuah website bisa dibaca dan dijalankan pada sebuah web browser. Sheingga tanpa adanya javascript kemungkinan besar website tidak akan bisa dikunjungi atau diakses. 

PHP

PHP merupakan singkatan dari Hypertext Prepocessor yang merupakan bahasa pemograman atau skrip yang digunakan pada HTML. Fungsinya adalah membuat website lebih dinamis da bisa diakses dari berbagai browser internet. Jadi PHP seringkali digunakan sebagai bahan dasar membangun sebuah CMS. Untuk itulah PHP umumnya berisi kode khusus yang nantinya akan disisipkan atau ditempelkan pada bahasa pemograman dalam HTML.  

Nah jika kamu tertarik dalam bidang ini tak ada salahnya untuk belajar lebih baik lagi khususnya bagi kamu lulusan SMA. Apalagi semakin berkembangnya teknologi membutuhkan kemahiran dalam membuat website sehingga peluang mendapatkan pekerjaan bisa lebih luas. Kamu bisa melanjutkan pendalaman materi web desain ini di jurusan sistem informasiyang ada pada STMIK Bidakara.