Kemajuan Teknologi di Era Globalisasi

Tidak dapat dipungkuri bahwa penyebab utama kemajuan di era globalisasi ini dipengaruhi oleh pesatnya perkembangan dalam tekonologi informasi. Kehadirannya telah memberikan dampak yang sangat besar untuk kehidupan manusia di jaman sekarang ini. Jaman dahulu, dalam menyampaikan informasi membutuhkan waktu berhari-hari, saat ini semua informasi dapat dikirim hanya dengan hitungan detik. Keadaan tersebut membuktikan bahwa teknologi dapat merubah sesuatu yang belum tentu dapat dilakukan menjadi sebuah kenyataan. 

Kebutuhan akan teknologi, baik itu teknologi informasi maupun komunikasi sangat tinggi. Semua individu sangat membutuhkan teknologi untuk mempercepat perkembangan baik untuk individu itu sendiri maupun kelompok. Tidak ada yang dapat menahan lajunya perkembangan teknologi informasi.

Dalam dunia pendidikan. Teknologi informasi sudah menjadi salah satu bagian penting dari perkembangan pendidikan di Indonesia. Guru bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, munculnya media massa khususnya media elektronik dapat menjadikanya sumber ilmu pengetahuan lainnya. Metode pembelajaran yang baru ini dapat memudahkan untuk bisa mencari informasi dari segala sisi. Di Indonesia khusunya di Jakarata ada banyak sekali Universitas atau Sekolah Tinggi yang mempelajari ilmu mengenai teknik infomasi, salah satunya perguruan tinggi swasta STMIK BIDAKARA. 

STMIK BIDAKARA merupakan Sekolah Tinggi yang memiliki dua program studi andalan yaitu Sistem Informasi dan Teknik Informatika.

Sistem Informasi merupakan jurusan perkuliahan yang mempelajari ilmu mengenai bagaimana cara pengembangan, pemanfaatan dan pengelolaan sistem informasi baik dalam organisasi atau bisnis. Keuntungan dalam jangka panjang dari jurusan Sistem Informasi ini adalah ilmu yang di dapat selama masa perkuliahan bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk bekerja misalnya sebagai data analyst, data scientist, application analyst, database administrator, dan IT technical support officer

Sedangkan Teknik Informatika merupakan jurusan perkuliahan yang menekankan dalam merancang dan mengembangkan ragam algoritma komputasi. Kuliah jurusan informatika di STMIK BIDAKARA merupakan jurusan informatika terbaik yang ilmunya bisa dimanfaatkan untuk bekerja misalnya sebagai IT consultant, system analyst, dan system developer.

Kedua jurusan tersebut yaitu Sistem Informasi dan Teknik Informatika merupakan dua jurusan yang berbeda, dimana jurusan Sistem Informasi mempelajari  tentang manajemen IT sedangkan jurusan Teknik Informatika mempelajari tentang pengembangan komputer. 

Dengan adanya artikel mengenai Sistem Informasi dan Teknik Informatika ini diharapkan dapat memberi sedikit gambaran mengenai kuliah sistem informasi dan kuliah teknik informatika terutama untuk calon mahasiswa baru yang akan memilih dan mempertimbangkan untuk berkuliah di salah satu jurusan tersebut.