Belajar Desain Grafis Secara Mandiri

Kuliah sistem informasi menjadi cara yang tepat untuk mendapatkan ilmu dalam bidang desain grafis. Akan tetapi banyak orang yang terbatasi dengan adanya syarat misalkan masalah administrasi. Oleh karena itulah tak ada salahnya untuk mencoba mandiri dalam mempelajari ilmu desain grafis. Berikut ini kiat untuk belajar desain grafis secara mandiri.

Memahami Media yang Digunakan

Dalam setiap ilmu desain grafis selalu memiliki standar yang harus dipenuhi khususnya standar PC yang akan digunakan. Oleh karea itulah penting untuk mengetahui kemampuan perangkat terlebih dahulu sebelum lebih jauh belajar tentang desain grafis. Selain itu tujuan dari belajar juga harus ditetapkan secara pasti sehingga nantinya bisa menunjukkan konsistensi dalam belajar.

Mulai dari Contoh Paling Umum dan Dasar

Jangan langsung melihat atau mencontoh hasil desain grafis berkualitas tinggi. Cobalah untuk melakukan desain grafis secara sederhana barulah nantinya bisa ditingkatkan pada materi yang lebih mendalam lagi. Pelajari materi dasar terlebih dahulu agar bisa langsung mengaplikasikannya secara perlahan dan terstruktur. 

Bergabung dengan Komunitas

Cobalah untuk sering bergabung di komunitas ahli grafis untuk belajar dari para ahlinya. Kesempatan lewat komunitas seringkali terasa lebih mudah dan lebih cair. Apalagi komunitas tersebut sering mengadakan komunikasi dan sharing bersama tentunya semakin menambah minat belajar orang yang ikut didalamnya. Untuk bergabung dengan komunitas tersebut sudah banyak ditemukan diberbagai media sosial. Jadi yang kamu perlukan hanyalah aktif dalam mencari ilmu desain grafis. 

Belajar Pada Mentor Ahli

Pada bagian ini tentu saja kamu memerlukan guru atau pengajar yang bisa diajak sharing bersama dalam menghadapi masalah umum yang terjadi saat belajar desain grafis. Tidak mudah memang untuk mendapatkan tentor yang handal karena titik kemampuan setiap orang berbeda. Justru sering ditemukan orang yang ahli desain grafis namun kesulitan dalam menyampaikan ilmunya. 

Cara terbaik memang langsung mengambil kuliah jurusan teknik informatikasehingga mendapatkan porsi yang maksimal dalam belajarnya. Jika kesulitan maka bisa belajar langsung dengan ahli dalam bidang teknik informatika. Salah satu tempat yang bisa dikunjungi dan terkenal melahirkan bibit handal dalam dunia grafis dan informatika adalah STMIK Bidakara.