Mengetahui Istilah Jaringan Komputer

Universitas jurusan teknik informatika yang direkomendasikan saat ini adalah STMIK Bidakara. Karena memiliki jurusan teknik informatika terbaik saat ini dengan tentor yang berkualitas tinggi. Salah satu materi dasar yang ada didalamnya adalah mempelajari seputar jaringan komputer. Saat ini kebutuhan akan komputer semakin tinggi karena semakin berkembangnya teknologi sehingga perlu mengetahui dasar-dasarnya agar bisa memaksimalkan kinerjanya. 

Apa itu Jaringan Komputer?

Jaringan komputer merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan sebuah hubungan yang dihimpun satu sama lain menggunakan komputer. Oleh karena itulah dalam jaringan komputer ada tiga aspek yang dipelajari yakni antara pengirim (transmitter), penerima (receiver) dan cara untuk mengkoneksikan keduanya. Jadi dengan adanya jaringan komputer seseorang dapat terhubung tanpa adanya batasan tempat dan waktu. 

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jarak Jangkauan

a.             LAN

Local Area Network atau biasa disingkat LAN merupakan rangkaian jaringan komputer yang terbatas dalam ruang lingkup kecil. Contohnya dapat dilihat dari penggunaannya di wilayah perkantoran, warnet, atau ruang lingkup lembaga. Untuk menghubungkan semua komputer ini umumnya menggunakna kabel Ethernet atau bisa juga dengan menggunakan wireless.

b.            MAN

Metropolitan Area Network merupakan rangkaian jaringan komputer yang mempunyai ruang lingkup lebih besar. Umumnya area yang dicakup meliputi area perkotaan. Kecepatan transfer yang digunakan juga lebih tinggi dibandingkan dengan LAN, oleh karena itulah MAN hanya memiliki satu sampai dua kabel saja untuk membuat rancangan lebih sederhana.  

c.             WAN

Wide Area Network mempunyai jangkauan area jaringan komputer lebih luas lagi. Bahkan jaringannya bisa sampai antar benua. Jaringan ini sering digunakan dalam komunikasi jarak jauh namun masih dalam satu wilayah regional. 

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Transimisi Data

Secara garis besar hanya ada dua jenis pemindahan data transmisi dalam jaringan komputer yaitu menggunakan kabel UTP dan menggunakan jaringan tanpa kabel atau seirng disebut dnegan wifi. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga yang menjadi bahan pertimbangan adalah jaraknya. Jika masih dalam radius kurang dari 1 KM maka akan lebih baik menggunakan kabel UTP akan tetapi jika ingin lebih praktis maka bisa menggunakan pilihan tanpa kabel. Perihal detailnya akan dibahas secara gamblang dan jelas ketika belajar difakultas teknik informatika.