Fungsi Utama Sistem Operasi dalam Dunia IT

Kuliah sistem informasi tidak akan lepas dari mempelajari elemen penting dalam sebuah komputer. Elemen penting itu adalah sistem operasi yang berfungsi mengatur dan mengendalikan keseluruhan perangkat komputer. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengendalikan sistem perangkat yang ada dalam komputer. Jadi tanpa adanya sistem ini, sebuah perangkat tidak akan dapat difungsikan atau dioperasikan.adapun berikut ini merupakan beberapa fungsi utama dari sistem operasi.

Wadah Aplikasi

Sistem operasi merupakan wadah aplikasi yang ingin dimasukkan ke dalam komputer. Memang secara sekilas yang menyimpan aplikasi merupakan memory akan tetapi yang menjalankan dan meletakkan aplikasi tersebut tidak lain adalah sistem operasi. Aplikasi ini tidak akan bisa dijalankan tanpa adanya sistem operasi.

Optimalisasi Kerja Perangkat

Sistem operasi juga digunakan untuk meningkatkan kinerja dari perangkat komputer. Bahkan sistem operasi mendapat peranan penting dalam mengatur dan mengelola perangkat yang ada di dalam komputer. Baik itu perangkat lunak seperti aplikasi ataupun perangkat lunak yang berhubungan dengan perangkat dasar komputer. Contoh mudahnya adalah untuk ruang penyimpanan data. Perangkat harddisk merupakan alat untuk menyimpan sedangkan sistem operasi merupakan alat yang digunakan untuk menjalankan data yang tersimpan tersebut. 

Mengatur Aplikasi yang Berjalan

Bukan hanya sebagai wadah aplikasi akan tetapi sistem operasi juga menjadi alat yang mengoperasikan aplikasi tersebut. Seluruh kinerja dari aplikasi akan tersinkronisasi dengan perangkat yang dibutuhkan. Inilah yang membuat sistem operasi harus disesuaikan jenisnya dengan perangkat yang ada. Karena jika tidak sesuai dengan sitem operasinya maka aplikasi dan perangkat didalamnya tidak akan bisa dioperasikan dengan optimal. 

Itulah beberapa fungsi dari sistem operasi bagi sebuah perangkat komputer. Pengetahuan ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi orang yang ingin belajar lebih dalam tentang informatika.