Perbedaan Antara Teknik Informatika Dengan Sistem Informasi

STMIK Bidakara adalah salah satu sekolah tinggi terbaik yang berada di kawasan Jakarta Selatan, program sarjana yang ditawarkan olehnya itu terdiri dari Sistem Informasi serta Teknologi Informasi, yang mana keduanya menawarkan bentuk keahlian serupa, namun jelas untuk tujuan yang dapat membawa anda pada jalan kesuksesan berbeda. Seperti halnya pada jurusan sistem informasi yang lebih mengarahkan pada ketrampilan yang berkaitan dengan analisis data, kemudian perencanaan dari sistem yang baru atau bahkan pencarian solusi untuk masalah manajemen sistem informasi yang ada pada saat ini. Sedangkan untuk jurusan lain, yaitu teknik informatika umumnya berkaitan dengan bidang pengelolaan pada teknologi informasi, kemudian keahlian digital, serta bentuk transformasi dari teknologi yang terdapat di seluruh sektor masyarakat Indonesia.

Merujuk pada hal tersebut sistem informasi dengan teknik informatika jelas memiliki perbedaan dari beberapa aspek yang dimilikinya, ingin tau apa saja? Berikut penjelasannya : 

Teknik informasi

  • Kemampuan, lebih ditekankan pada proses perancangan, serta pengembangan berada pada bentuk aloritma komputasi 
  • Kurikulum, untuk kurikulum yang digunakan umumnya berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan logika matematika, algoritma, serta komputasi  dengan model terapan yang dinyatakan pada proses pengembangan dari program komputer. 
  • Cakupan ilmu, jurusan teknik informatika dikenal dengan spectrum yang beragam, dimulai dari teoritis, algoritmis, hingga beberapa hal yang bersifat terapan, seperti halnya pengembangan dari robotika, serta sistem cerdas dengan tiga bagian penting dan fokus pada teori juga algoritma. 

Sistem informasi

  • Kemampuan, lebih ditekankan pada proses merancang, kemudian mengembangkan serta menerapkan bagian sistem dari informasi organisasi. 
  • Kurikulum, untuk kurikulum yang digunakannya itu berhubungan dengan cara memastikan bahwa teknologi serta sistem informasi tersebut berada dalam kondisi selaras dengan bagian dari strategi bisnis yang dimiliki perusahaan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan keunggulan yang lebih kompetitif dan bersaing. 
  • Cakupan ilmu, sistem informasi lebih terfokus pada bidang teknik untuk mengintegrasikan solusi dari teknik informatika yang ada dengan bagian dari proses bisnis, sehingga kebutuhan organisasi untuk mendapatkan informasi pun dapat terpenuhi dengan baik. Dalam hal ini, lebih ditekankan pada  bentuk informasi yang berguna bagi sumber daya baik itu dalam kegiatan produksi, utamanya berkaitan dengan kebutuhan korporasi guna mencapai visi serta misi yang dimilikinya.