Mengenal Beragam Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika

STMIK Bidakara dikenal sebagai salah satu sekolah tinggi yang banyak menarik minat masyarakat, khususnya warga Jakarta Selatan. Mengapa demikian? Hal ini tidak lepa dari dua program pendidikan utama yang dimilikinya, yaitu jurusan sistem informasi serta teknik informatika. Kedua jurusan tersebut mampu menarik perhatikan karena dikenal dengan jenjang karir yang lebih menjanjikan untuk masa depan, seperti halnya pada bidang teknik informatika yang bahkan memiliki beragam prospek kerja yang cukup menguntungkan. Tidak percaya? Berikut daftar prospek kerja yang dimiliki bidang teknik informatika, diantaranya : 

  1. Mobile programmer

Kuliah teknik informatika tentu tidak lepas dengan kemampuannya dalam membuat program perangkat lunak pada komputer dari nol hingga selesai. 

2.             Tenaga pendidik di bidang IT

Menjadi tenaga pendidik atau guru yang memberikan pelajaran pada bidang IT yang mana saat ini sudah banyak dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia

3.             Software engineer

Mengembangkan bentuk perangkat lunak untuk memenuhi beragam keperluan yang digunakan dalam mendukung pekerjaan lainnya.

4.             Sistem analisis serta sistem integrator

Profesi ini berkaitan dengan tanggung jawab dari perencanaan, kemudian koordinasi serta analisis yang dilakukan pada perangkat lunak.  

5.             Konsultan IT

Prospek kerja dari fakultas teknik informatika ini berkaitan dengan pemahaman teori dari teknologi, kemudian pemograman yang dilakukan dengan basis komputer. 

6.             Computer network atau lebih dikenal dengan sebutan Duta dari Comunicator Engineer

Bidang ini lebih cenderung pada rancangan arsitektur serta bentuk pembangunan jaringan yang berperan besar dalam proses perawatan serta pengelolaan jaringan perusahaan. 

7.             Developer sistem intelligent

Profesi yang satu ini dikenal lebih menjanjikan karena menggunakan sistem dari perangkat lunak dengan sifat intelijen. 

8.             Software tester

Pekerjaan yang berkaitan dengan pengujian dari perangkat lunak, hal ini berkaitan dengan tanggung jawab dari kebenaran fungsi dari perangkat lunak hasil buatannya. 

9.             Database administrator / network engineer

Untuk bidang yang satu ini umumnya hanya bertugas dalam perawatan serta pengembangan basis data saja. 

10.          Game developer

Pekerjaan yang satu ini umumnya dilakukan oleh mereka yang mahir pada bidang grafis, pasalnya hal ini dilakukan dengan cara proyek dan cukup berat, karena terdiri dari bagian animasi grafis, programming dan lainnya. 

Selain beberapa bagian di atas tadi, ada pula prospek kerja teknik informatika lainnya seperti web programmer / web designer, security system, desktop programmer dan lainnya.