Apa Saja Yang Didapat Dalam Kuliah Jurusan Teknik Informatika

Semakin maju perkembangan sebuah zaman, semakin berkembang pesat juga kemajuan teknologi di seluruh dunia. Dan semakin gencar juga para calon mahasiswa yang berlomba-lomba untuk bisa masuk ke salah satu universitas jurusan teknik informatika dan sistem informasi terbaik yang ada di Indonesia. Kedua jurusan tersebut mampu menarik perhatian anak-anak muda yang sangat penasaran dengan teknologi zaman sekarang.

STMIK Bidakara akan menjawab itu semua buat para calon mahasiswa yang penasaran terkait prodi informatika tersebut. Informatika merupakan salah satu jurusan yang sangat berpengaruh dengan teknologi-teknologi yang semakin maju di setiap tahunnya. Seperti apa kuliah jurusan teknik informatikatersebut? Inilah penjelasannya.

Mata Kuliah Yang Dipelajari

Pada dasarnya teknik informatika merupakan salah satu prodi yang termasuk dalam kelompok Sains dan Teknologi dan bersifat teknik. Itu artinya, Anda akan terus mempelajari mengenai ilmu matematika dan fisika yang menjadi pelajaran dasar dari perkuliahan tersebut. Kedua pelajaran tersebut akan digunakan untuk mata kuliah selanjutnya yang berfokus pada ilmu komputer.

Di Indonesia sendiri, jurusan teknik informatika lebih ditekankan pada pembuatan software, pengenalan hardware, dan pengetahuan jaringan komputer. Semua hal tersebut pastinya membutuhkan ilmu matematika yang cukup mendalam. Bukan hanya matematika dasar saja, namun juga, matematika lanjutan, aljabar, statistik, dan kalkulus.

Bidang Yang Membutuhkan

Zaman teknologi maju sekarang ini, keberadaan informatika sangatlah penting dan dibutuhkan dalam jumlah yang cukup besar. Banyak bidang yang bisa digunakan dengan sangat baik oleh para lulusan dari prodi informatika. Diantaranya:

·Sistem analisis dan sistem integrator. Bidang ini berperan dalam menganalisis sistem dalam sebuah lembaga atau perusahaan dan dapat menghasilkan solusi dari menggunakan perangkat lunak.

·Konsultan IT. Bidang ini berperan dalam merencanakan dan mengevaluasi IT di sebuah lembaga maupun perusahaan.

·Software engineer. Bidang ini berperan sebagai pengembang dari perangkat lunak yang digunakan untuk berbagai keperluan. 

·Web engineer. Bidang ini berperan sebagai perancang dan pembangun dari sebuah website sebuah lembaga, perusahaan, dan organisasi.