Pentingnya Web Security - IDS Digital College

Pahami Pentingnya Web Security demi Keamanan Database Website

Penggunaan teknologi informasi yang semakin masif membuat kehidupan manusia tidak dapat terlepas darinya. Salah satunya adalah website, media andalan yang memudahkan kegiatan manusia secara daring, mulai dari mencari informasi hingga melakukan berbagai jenis transaksi.

Sayangnya kemudahan yang dibawa oleh teknologi informasi (IT) tersebut datang bersamaan dengan ancaman kejahatan siber yang dapat merugikan individu maupun perusahaan/instansi.

Tak tanggung-tanggung, FBI Internet Crime Report melaporkan kerugian yang diakibatkan kejahatan digital di tahun 2021 mencapai 40 miliar rupiah, lho. Belum lagi hilangnya data serta pemulihannya yang memakan waktu yang tidak sebentar.

Cyber

Apa saja ancaman serangan siber sehingga web security dibutuhkan?

Ada berbagai cara yang digunakan pelaku kejahatan siber, ini merupakan 4 serangan yang seringkali mereka lakukan:

  1.       Malware dan Virus

Malware dan Virus dapat disisipkan menggunakan program jahat yang disebarkan melalui e-mail, website mencurigakan, maupun hardware yang dihubungkan langsung ke dalam perangkat perusahaan.

Malware dan Virus mengancam sesuai dengan tujuan pembuatannya. Ada yang merusak data dengan menyembunyikan atau bahkan menghapusnya.

  1.       Denial-of-Service (DoS) dan Distributed Denial-of-Service (DDoS)

Tujuan dari serangan DoS dan DDoS adalah untuk memanipulasi sistem sehingga kinerjanya menjadi berat dan lambat. Akhirnya sistem tidak dapat memproses permintaan masuk dan menolak akses dari pengguna yang sah.

  1.       Scareware

Scareware merupakan tipuan di mana sistem menunjukkan peringatan keamanan palsu. Apabila pengguna terkecoh dengan pop-up peringatan palsu tersebut, pengguna akan diarahkan untuk mengakses hal-hal tertentu yang berujung pada penipuan.

  1.       SQL Injection (SQi)

SQL Injection atau Sqi bekerja dengan memanfaatkan kerentanan database dalam menjalankan kueri penelusuran.

SQi memungkinkan pelaku mendapatkan akses informasi yang tidak sah, mengubah atau membuat izin pengguna baru, hingga memanipulasi atau menghancurkan data.

 

Berbagai cara pelaku kejahatan siber tersebut membuat kamu perlu mempelajari web security untuk menjaga keamanan data informasi web yang kamu kelola.

Apa itu Web Security?

Web security atau keamanan web merupakan teknologi yang dirancang untuk melindungi program dan data web dari serangan, kerusakan, dan akses yang tidak sah yang merugikan.

Lantas, apa manfaat web security sehingga penggunaannya begitu penting?

Melindungi Informasi dan Data

Website menyimpan informasi dan data pengunjung perorangan maupun informasi dan data perusahaan. Terlebih jika pengunjung telah memberikan data pribadi yang penting, seperti informasi kartu kredit atau nomor jaminan sosial.

Data-data tersebut sangatlah sensitif hingga amat sangat berbahaya apabila diketahui atau digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Membagun Kredibilitas Perusahaan

Ketakutan akan penyalahgunaan data pribadi tersebut dapat kamu manfaatkan untuk mendapatkan kepercayaan pengguna jika kamu telah menggunakan web security. Mereka tidak akan ragu untuk menggunakan produk atau layanan kamu sehingga kredibilitas perusahaan akan terbentuk.

Menjaga Produktivitas Bisnis

Ancaman kejahatan siber dapat memberikan masalah besar bagi perusahaan, terutama jika bisnismu menggunakan web atau teknologi informasi lain sebagai media utamanya. Selain membutuhkan biaya besar, pemulihan sistem membutuhkan jangka waktu yang tidak sebentar.

Namun jika kamu menggunakan web security, masalah besar tersebut dapat kamu hindari sehingga perusahaan dapat terus berjalan dengan produktif.

Selanjutnya, Apa yang Dapat Kamu Lakukan Untuk Menjaga Keamanan Website?

Ada 3 cara paling mudah yang dapat kamu lakukan untuk menjaga agar website senantiasa aman dari serangan

Update dan Maintenance

Kamu dapat melakukan pembaruan dan perawatan website secara berkala. Pastikan CMS atau plugin yang digunakan adalah versi terbaru sehingga pelaku tidak dapat mencari celah website untuk diserang dan dimanfaatkan.

Password

Terlihat sepele namun serangan password website seringkali dilakukan oleh para pelaku kejahatan siber. Hindari penggunaan kata sandi yang mudah ditebak seperti nama, tanggal lahir, nama hewan peliharaan, tokoh favorit atau hal-hal umum lainnya.

Sebaiknya kamu menggunakan kata sandi yang memenuhi 3 syarat, yakni kompleks, panjang, dan unik. Gunakan kombinasi angka, huruf dan simbol yang mengandung minimal 6 – 12 karakter. Selain itu hindari penggunaan kata sandi yang sama untuk sistem yang berbeda. Jangan lupa untuk mereset kata sandi secara berkala juga, ya.

Batasi Akses Pengguna

Membatasi akses login pengguna sesuai perannya masing-masing penting untuk menghindari ancaman kejahatan siber.

Buatlah akun khusus untuk penulis/editor agar fokus pada tugasnya dan membatasinya untuk melakukan hal lain. Dengan begitu website dapat terhindar dari bahaya pemanfaatan akun pengguna yang ‘nakal’.

Backup Data

Data merupakan aset penting bagi sebuah website. Pastikan kamu melakukan backup database website secara berkala dan mengunduhnya di komputer. Dengan begitu, apabila hal yang tidak diinginkan seperti peretasan terjadi, kamu bisa mengembalikan data dengan mudah.

Demikian penjelasan panjang untuk membantu kamu memahami web security. Semoga artikel ini membantu kamu untuk lebih waspada dan terhindar dari berbagai ancaman kejahatan siber yang mengintai di luar sana, ya! Selamat mencoba!

security

sumber: exabytes.co.id

Posted in: News



    WhatsApp chat