Penerapan Social Distancing, Salah Satu Solusi untuk Mencegah Penyebaran Covid-19 - IDS Digital College

Penerapan Social Distancing, Salah Satu Solusi untuk Mencegah Penyebaran Covid-19

Covid-19 menjadi hal paling banyak dibicarakan sejak awal tahun 2020 lalu. Berdasarkan update tanggal 29 Maret 2020, setidaknya ada 575.444 kasus yang terkonfirmasi di dunia dengan jumlah kematian mencapai 26.654 jiwa. Di Indonesia sendiri, sekitar 1.285 orang yang sudah dinyatakan positif, 64 di antaranya sembuh dan 114 meninggal dunia. Wabah ini mematikan dan menyebar dalam waktu yang sangat cepat. Untuk menghentikan penyebaran virus, beberapa negara termasuk Indonesia melakukan berbagai cara, seperti isolasi, karantina, lockdown serta social distancing

Sebagai pencegahan penyebaran virus lebih luas, pemerintah Indonesia menganjurkan social distancing atau pembatasan sosial kepada masyarakat. Langkah ini sangat penting mengingat perannya dapat menekan angka penyebaran. Lalu seperti apa social distancing ini? Berikut ulasannya. 

Social Distancing Beda dengan Isolasi dan Karantina

Selain social distancing, istilah self-quarantine dan self-isolation juga banyak dibicarakan setelah kemunculan virus corona. Ketiganya memiliki arti yang berbeda tapi sama-sama menjadi solusi untuk mengurangi penyebaran virus. Social distancing sendiri merupakan langkah pencegahan dan pengendalian infeksi virus corona yang menganjurkan orang sehat untuk membatasi kunjungan ke tempat ramai dan berkontak langsung dengan orang lain. Selain itu, setiap orang diperkenankan untuk menjaga jarak setidaknya 1 meter ketika berinteraksi. 

Sedangkan self-quarantine atau karantina lebih ditujukan kepada orang yang berisiko tinggi terinfeksi virus Corona atau orang yang pernah berkontak dengan penderita. Bagi orang yang menjalani karantina harus berdiam diri dan tetap berada di rumah sendiri selama 14 hari dan tidak diperbolehkan menerima tamu. Sementara self-isolation atau isolasi ditujukan untuk orang terbukti positif menderita penyakit Covid-19. Nah, penderita ini harus berada di dalam penanganan dokter dan tidak boleh diisolasi secara sembarangan. 

Penerapan Social Distancing Secara Umum

Langkah pencegahan penyebaran virus dengan social distancing ini tidak cukup membatasi kunjungan ke tempat ramai. Orang sehat juga tidak diperkenankan untuk berjabat tangan serta menjaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain. Penerapan pembatasan sosial yang kini sedangkan dijalankan yaitu bekerja dari rumah atau work from home bagi pegawai yang memungkinkan tidak perlu berkantor. 

 

Persiapan Selama Social Distancing

Untuk memulai melakukan pembatasan sosial, tentu ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Beberapa hal yang perlu disiapkan antara lain

1. Buat Rencana Kegiatan Selama Pembatasan Sosial

Sepanjang waktu berada di rumah memungkinkan kamu untuk bosan. Sebelum mengalami kebosanan, ada baiknya untuk membuat rencana kegiatan selama di rumah. Seperti bersih-bersih rumah, nonton serial drama, me time bersama keluarga inti, atau memasak menu sehat.

2. Persiapkan Kebutuhan Harian

Selain rencana, kebutuhan harian kamu selama masa social distancing juga harus dipenuhi. Seperti stok makanan, sabun, disinfektan serta kebutuhan harian lainnya. Jika kamu hendak pergi ke pasar, sebaiknya datang di saat jam-jam sepi. Hindari panic buying yang dapat mengakibatkan stok barang terbatas hingga harga barang mahal.

3. Persiapkan Obat-obatan

Kendati tidak melakukan kegiatan di luar rumah, obat-obatan perlu dipersiapkan dalam masa pembatasan sosial. Persiapkan obat-obat umum seperti untuk sakit kepala atau sakit perut di dalam kotak obat. Hindari pula untuk datang ke rumah sakit jika tidak benar-benar butuh pertolongan tenaga medis.

4. Siapkan Akses Internet 

Aktivitas utama yaitu belajar atau bekerja tidak boleh sampai terganggu meski wabah virus masih berlangsung. Kamu harus tetap fokus dengan mengikuti anjuran yang tengah berlaku. Nah, untuk menunjang aktivitas utama tersebut, koneksi internet perlu diperhatikan betul. Sediakan WiFi atau kuota internet yang cukup dengan kecepatan stabil. 

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat