Punya Mimpi Berkarier di Bidang Keamanan Siber? Sekarang Waktunya Mempelajari Skill Baru - IDS Digital College

Punya Mimpi Berkarier di Bidang Keamanan Siber? Sekarang Waktunya Mempelajari Skill Baru

Karena masa pandemi ini banyak yang berubah, terlebih lagi dalam dunia pekerjaan. Banyak perusahaan yang gulung tikar, namun juga banyak lapangan pekerjaan yang terbuka baru. Beberapa bisnis ada yang siap dan ada yang tidak siap mengalami perubahaan ini. Namun jangan khawatir jika kamu ingin bekerja dalam bidang keamanan siber. Keadaan ini tidak akan lama, dengan kebutuhan dua siber yang akan terus selalu berkermbang pada tahun-tahun berikutnya. Bekerja sebagai cyber security masih menjanjikan.

 

Cyber security profesional dan bidang teknologi profesional lainnya menggunakan e-learning dan online training untuk mendapatkan skill baru. Namun karena banyaknya permintaan cyber security yang meningkat dan bayarannya yang cukup mahal, banyak pekerja di bidang individual memikirkan apakah mereka harus berpindah haluan menjadi cyber security. Karena itu jika kamu ingin berkarir di bidang keamanan siber, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mempelajari skill baru.

 

Kamu bisa melakukan training di perusahaan IT, namun kamu bisa melakukannya secara online. Karena pandemi saat ini banyak training dan pembelajaran dilakukan secara online. Ini akan membantu kamu dalam memahami hal-hal dasar seperti administrasi dan konfigurasi, jaringan, manajemen, database, dan pengkodean. Kamu juga akan memahami prosedur IT dan operasi bisnis di dunia nyata.

 

Dalam bekerja di bidang keamanan siber, sangat penting bagimu untuk mengerti dengan jelas apa yang ingin kamu lindungi dan alasan dibalik itu. Karena itu kamu harus memfokusnya mana minatmu. Karena tidak mungkin untuk bisa menjadi ekspert dalam semua kategori. Fokuslah pada area tertentu saja dan lakukan dengan baik. Ketika kamu sudah menjadi ekspert dalam karir di bidang keamanan siber, maka kamu akan mudah untuk mencari pekerjaan di dunia IT yang akan memberikan pekerjaan sesuai skill-mu. Berikut adalah beberapa contoh jalur karir yang bisa kamu dapatkan:

 

  • Exchange administrator -> email security
  • Network administrator -> network security, forensics, dan lainnya.
  • System administrator -> security administrator, forensics, dan lainnya
  • Web developer -> web security, security software developer, dan lainnya.

 

Cara lain yang harus kamu lakukan adalah perbanyak pengalaman praktek. Meskipun kamu bukan berasal dari bagian IT, kamu juga akan mendapatkan hasil yang memuaskan dan terbaik dengan melakukan latihan berulang kali. Sama juga dengan ini, lakukan praktek berulang kali sebanyak mungkin untuk meningkatkan skill dan  mendapatkan hasill yang terbaik.

 

Pekerjaan di bidang IT yang bisa membawamu terjun ke dalam cyber security atau bidang keamanan siber ada banyak macam pilihan. Mulai dari  programer komputer, software engineer komuter, support spesialis komputer, analisis sistem komputer, database administrator, teknisi IT, teknikal support IT, customer service IT, network administrator, network engineer, sistem network dan analisis data, sistem administrator hingga web administrator.

 

Untuk soft skill, biasanya perusahaan mencari seseorang yang tahu bagaimana cara berkomunikasi yang baik sekalipun dengan kolega yang bukan berasal dari bidang IT dan bisa bekerja dalam tim. Mengerti prosedur bisnis dan prosesnya. Kemudian menyukai memecahkan masalah dan  teka-teki kompleks.

 

Untuk meningkatkan pengalaman praktik di bidang cyber security kamu bisa melakukan belajar sendiri dirumah seperti belajar kode, membuat source open project dan lainnya. Kamu juga bisa melakukan training dan mengikuti ujian sertifikasi cyber security, mencari link, hingga menjadi volunteer.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat