Rekomendasi Alat Cek Kecepatan SD Card - IDS Digital College

7 Rekomendasi Alat Cek Kecepatan SD Card dan Kapasitas, Gratis!

SD Card  atau Secure Digital Card dan micro SD adalah alat penyimpanan yang digunakan di berbagai perangkat. Misalnya, kamu dapat memindahkan daftar putar Spotify offline ke kartu microSD. Sayangnya, ada banyak SD Card dan micro SD palsu yang beredar di Internet. Bahkan pasar online terkemuka seperti Amazon tidak kebal terhadap masuknya kartu penyimpanan memori palsu tersebut tanpa membuat konsumen menaruh perasaan curiga. Itu sebabnya kamu memerlukan tes SD Card palsu untuk menghindari penipuan.

Rekomendasi Alat Cek Kecepatan dan Kapasitas Kartu SD Gratis3

Ciri Umum SD Card Palsu

Terkadang kartu memori palsu berasal dari merek tanpa nama di lain waktu mereka memalsukan merek yang dapat dikenali dan dipercaya. Misalnya, kamu mungkin menemukan harga yang jauh lebih murah pada SD Card SanDisk, tetapi pada kenyataannya, itu adalah penipuan.

Bagaimanapun juga, penjual menipu pembeli dengan salah satu dari dua cara: pertama, dengan menawarkan nama merek dengan diskon yang luar biasa atau dengan menawarkan merek generik dengan harga terjangkau dan jumlah penyimpanan yang gila. Meskipun penawarannya menggiurkan, kartu-kartu ini seringkali hanya bertahan selama beberapa minggu atau beberapa bulan sebelum akhirnya berhenti bekerja sepenuhnya.

Penipuan yang paling umum adalah memalsukan jumlah kapasitas kartu. Misalnya, kartu diiklankan sebagai 256GB; Namun, yang sebenarnya hanya menampung 4GB. Dalam beberapa kasus, kartu dapat merusak data, dan menjadikannya tidak berguna. Untungnya, ada sejumlah alat gratis yang dapat menguji kecepatan dan kapasitas kartu penyimpanan. Sebelum kamu memesan dalam jumlah besar dan super murah, coba beli satu dan uji untuk memastikan kamu mendapatkan apa yang kamu bayar.

  1. H2testw

H2testw telah ada sejak lama dan dengan alasan yang baik. Alat ini mampu menguji kapasitas sebenarnya dari SD Card/microSD, serta kecepatan baca/tulis drive. Satu-satunya kekurangan dari H2testw adalah kenyataan bahwa alat ini cukup tua. Yang berarti bahwa perangkat lunak belum dioptimalkan untuk digunakan pada drive berkapasitas lebih besar. Meskipun H2testw akan berfungsi pada drive ukuran apa pun, mungkin diperlukan waktu lebih lama untuk menyelesaikan pengujian.

H2testw awalnya dikembangkan oleh seorang insinyur perangkat lunak Jerman. Dengan demikian, situs web yang meng-hosting perangkat lunak pengujian SD Card palsu, serta perangkat lunak itu sendiri, menggunakan bahasa Jerman. Namun, jangan biarkan hal tersebut membuatmu takut. Proses mengunduh penginstalan dari situs web terbaca sudah cukup jelas, terlepas dari kemampuan bahasa Jermanmu. Setelah diunduh, cukup jalankan penginstal. Setelah dijalankan pertama kali, alat ini akan memberi pengguna opsi untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa default. H2testw hanya tersedia di Windows; namun, dapat dijalankan di Linux dan Mac melalui mesin virtual.

  1. FakeFlashTest

Jika kamu mencari sesuatu yang sedikit lebih cepat daripada H2testw, maka pertimbangkan FakeFlashTest. Alat ini sangat mirip dengan H2testw karena dapat menulis data ke SD Card yang kamu miliki untuk menentukan kecepatan dan kapasitas baca/tulis. Terdapat salah satu fitur pada FakeFlashTest untuk mempercepat tes SD Card palsu dengan menawarkan “Quick Size Test.” Fitur ini menulis dan membaca 512 byte data di sektor acak di seluruh kartu. Memungkinkan hasil pengujian yang jauh lebih cepat, yang sangat ideal untuk kartu berkapasitas lebih besar.

Perlu dicatat bahwa “Quick Size Chart” bersifat merusak, artinya data apa pun pada kartu akan dihapus. Ada opsi untuk menguji kartu tanpa mengakibatkan kehilangan data; namun, dibutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikannya. Kami sangat menyarankan agar kamu mencadangkan data apa pun, terlepas dari tes manapun yang kamu pilih.

  1. ChipGenius

Jika FakeFlashTest dan H2testw menulis data ke SD Card untuk memastikan kapasitas, ChipGenius tidak menulis data sama sekali. Sebagai gantinya, ChipGenius menempatkan informasi vendor (produsen) serta informasi penyimpanan yang ditemukan  pada program ke dalam penyimpanan SD Card. Kemudian referensi silang informasi ini dengan database kemudian melaporkan temuan kembali kepadamu. Jadi, jika kamu membeli SanDisk 64GB, tetapi ChipGenius melaporkan bahwa kartu tersebut benar-benar keluaran Emtec 8GB, maka kamu tahu bahwa kamu telah membeli kartu penyimpanan yang asli. Keuntungan alat ini adalah proses pengujian jauh lebih cepat, karena ChipGenius tidak membaca atau menulis data apa pun.

Sayangnya, menjual SD Card palsu atau palsu adalah bisnis besar. Ini berarti penjual yang ada menjadi lebih canggih, yang memungkinkan mereka untuk menutupi jejak mereka. Akibatnya, ChipGenius tidak akan dapat mengendus setiap kartu palsu yang beredar di Web, hanya yang terprogram dengan buruk.

  1. Blackmagic Disc Speed Test

Jika kamu pengguna Mac dan ingin memverifikasi SD Card milikmu, Blackmagic Disc Speed Test adalah alat yang tepat. Utilitas gratis ini dirancang untuk menguji kecepatan drive yang lebih besar; namun, alat ini juga akan berfungsi sebagai tes SD Card palsu. Satu-satunya kelemahan dari Black Magic Disc Speed ​​Test adalah programnya dirancang untuk orang yang bekerja dengan file besar, seperti klip video.

Akibatnya, aplikasi menulis blok besar data ke perangkat penyimpanan dan kemudian membaca data itu untuk memverifikasi kinerja. Sayangnya, tes ini berarti membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diselesaikan.

  1. AJA System Test

AJA System Test membantu memeriksa kecepatan SD Card di Windows dan Mac secara gratis. Utilitas ini tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga menyediakan grafik terperinci untuk melihat apakah kinerja SD Card konsisten atau tidak. Jika ada fluktuasi besar, kemungkinan ada yang salah dengan kartunya. Tentu saja, jika kamu menguji kartu lama, hasil uji juga bisa menjadi indikator bahwa kartu mulai rusak.

Jika kamu memiliki SD Card baru, kamu tidak akan melihat fluktuasi besar dan kecepatannya seharusnya sesuai dengan yang diiklankan. Fluktuasi kecil pada grafik terbilang normal karena kecepatannya bervariasi saat menambahkan file. Kamu harus memilih ukuran file untuk ditulis ke SD Card-mu, yang berarti kamu ingin menguji dengan kartu kosong. Semakin besar ukuran file, maka semakin lama pengujian akan berlangsung.

  1. Speed Out

Speed ​​Out adalah penguji kecepatan SD Card portable yang sangat sederhana. Yang harus kamu lakukan adalah mengunduhnya dan menjalankannya langsung dari folder. Speed Out bekerja dengan menulis file sementara ke SD Card untuk menentukan kecepatan baca dan tulis. Alat ini hanya tersedia untuk Windows. Meskipun Speed Out adalah alat yang lebih tua, namun penggunaannya masih cukup efektif untuk menguji kecepatan SD Card dengan cepat tanpa fitur atau pengaturan tambahan untuk ditangani.

Jika kamu ingin melihat hasil tes lebih detail, alat ini mungkin bukan alat terbaik untuk digunakan. Namun, jika kamu ingin sesuatu untuk dimasukkan ke dalam flash drive untuk digunakan di berbagai komputer, maka memilih Speed Out adalah pilihan yang bagus.

  1. Flash Memory Toolkit

Meskipun Flash Memory Toolkit merupakan alat premium dengan biaya $39,95, Tetapi, walaupun begitu kamu akan mendapatkan masa percobaan gratis tanpa batas di mana sebagian besar fitur berfungsi tanpa masalah. Tidak perlu kartu kredit untuk mengunduh versi uji coba. Sedangkan, untuk menguji SD Card, kamu mungkin ingin menggunakan Low Level Benchmark Tool untuk melihat kecepatan baca dan tulis.

Toolkit ini sebenarnya merupakan campuran dari enam alat. kamu juga dapat menggunakan Error Scan dan File Benchmark Tools untuk memeriksa lebih lanjut apakah SD Card memiliki masalah. SD Card palsu sering memiliki kesalahan, yang mengurangi kapasitas dan kecepatan lebih banyak lagi. Kamu dapat menggunakan ketiga alat ini sepenuhnya dalam versi uji coba gratis.

Rekomendasi Alat Cek Kecepatan dan Kapasitas Kartu SD Gratis3

Bagaimana Meyakinkan Diri Saat Membeli SD Card Asli?

Pertama, tetap berbelanja dengan situs dan merek terkemuka. Kedua, lewati kesepakatan yang terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Kecuali jika itu adalah situs dan merek yang kamu percayai yang saat ini telah memiliki penjualan besar.

Idealnya, tetap beli dengan merek berikut:

Samsung

SanDisk

Kingston

Lexar

PNY

Transcend

Hindari membeli dari penjual pihak ketiga. Misalnya, jika kamu berbelanja di Amazon, beli langsung dari Amazon atau toko Amazon merek Secure Digital Card. Amazon penuh dengan barang palsu, jadi baca ulasan dengan cermat sebelum memesan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan!

Apakah SD Card yang diperbarui dapat diandalkan?

Jangan pernah membeli Secure Digital Card yang diperbaharui atau bekas. Hal ini tidak hanya membuatmu membuang-buang uang untuk kartu palsu atau rusak, tetapi juga dapat menyebabkan malware yang disimpan secara diam-diam di perangkat.

SD Card asus seiring waktu sama seperti semua jenis perangkat penyimpanan. Jika diperbaharui, sisa masa pakai dan kapasitas penyimpanan berkurang secara signifikan dan kemungkinan rusak dalam beberapa hal.

Apakah aman membeli SD Card dari Amazon?

Ya. Namun, tetap saja dengan penjual resmi. Misalnya, ketika mencari Secure Digital Card SanDisk, akan mendapatkan banyak hasil. Beberapa terlihat hampir identik dengan SanDisk, tetapi harganya jauh lebih rendah. Penjual resmi adalah daftar yang mengatakan “SanDisk Store” di bawah nama produk. Plus, itu dinilai 4,8 dari 5.

Mengapa antivirus memblokir beberapa alat pemeriksaan kecepatan SD Card gratis?

Beberapa alat antivirus melihat aplikasi apa pun yang menginginkan akses baca/tulis ke perangkat penyimpanan sebagai PUP, atau program yang mungkin tidak diinginkan. Jika kamu tidak yakin apakah suatu aplikasi aman atau tidak, pindai situs web dan unduh URL melalui VirusTotal. Kamu juga dapat mencari “apakah nama alat aman” untuk melihat apakah ada pengguna lain yang memiliki masalah dengannya. Semua aplikasi dalam daftar ini sendiri telah dipindai dengan VirusTotal.

Sumber: maketecheasier.com

Posted in: News



    WhatsApp chat