Tips Cerdas Memilih Karir - IDS Digital College

Tips Cerdas Memilih Karir untuk Masa Depan

Saat lulus sekolah atau bahkan sebelumnya, kegalauan sering menghampiri ketika menentukan jurusan kuliah. Kebimbangan ini tentunya tak terlepas dari karir yang akan ditempuh nantinya.

Alangkah lebih baiknya ketika kamu duduk dibangku sekolah kamu sudah mulai mencari tau jurusan-jurusan yang tersedia. Hal ini sangat berguna agar kamu memiliki pengetahuan yang lebih dalam tentang jurusan yang kamu minati.

apa itu jurusan rpl

Jangan sampai kamu salah memilih jurusan dan di kemudian hari menyesal dengan pilihan tersebut. Hal ini tentunya membuat kamu jadi malas belajar karena jurusan yang ditekuni tak sesuai dengan minat dan kemampuanmu.

Melihat hal tersebut, IDS Digital Collage membuat webinar dengan mendatangkan psikolog Lina Malinda K, M.Psi. Kegiatan tersebut diadakan pada Rabu, 12 Desember 2021. Webinar tersebut tentunya sangat membantu dan bahan pertimbangan para lulusan dalam menentukan pilihan.

Penyebab Galau Memilih Jurusan Karir

Menurut Supriatna (2009) dalam bukunya, beberapa hal yang menyebabkan seseorang sulit menentukan jurusan untuk karirnya yaitu :

Belum Memahami Kemampuan Diri Sendiri

Salah satu penyebab seseorang belum mampu menentukan jurusan perkuliahan adalah kurang memahami cara memilih program studi yang cocok dengan kemampuan dan minat.  Hal ini bisa jadi karena ia belum mengetahui kemampuan dirinya sendiri.

Tak Memiliki Informasi yang Cukup

Faktor seseorang masih galau akan jurusannya yang dipilih disebabkan tidak memiliki informasi tentang dunia kerja yang cukup. Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, tentunya profesi yang ada semakin beragam.

Bingung Menentukan Pekerjaan di Masa Mendatang

Jurusan kuliah akan menentukan karir kedepannya. Hal inilah yang menjadi alasan beberapa orang masih bingung menentukan jurusan perkuliahan.

Tidak Mampu Memilih Pekerjaan Sesuai dengan Minat

Dalam memilih sebuah jurusan untuk karir haruslah sesuai dengan kemampuan dan minat diri sendiri.

Cemas Mendapatkan Pekerjaan

Tentunya setelah lulus kuliah, semua orang ingin mendapatkan pekerjaan. Salah satu penyebab seseorang masih bingung memilih jurusan perkuliahan karena cemas untuk mendapatkan pekerjaan setelah tamat.

Belum Memilih Perguruan Tinggi

Menentukan perguruan tinggi yang tepat harus dilakukan ketika masih duduk dibangku sekolah. Hal penting ini sering dilupakan, akibatnya ketika lulus sekolah mereka menjadi bingung untuk memilih jurusan perkuliahan.

Tidak Memiliki Gambaran

Penyebab terakhir seseorang galau memilih jurusan karir adalah belum memiliki gambaran tentang karakteristik, persyaratan, kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam pekerjaan serta prospek pekerjaan untuk masa depan karirnya.

Dukungan Orang Tua

Selain berasal dari diri sendiri, faktor luar turut mempengaruhi kesulitan memilih jurusan untuk karir ke depan yakni dukungan orang tua.

Resiko Salah Memilih Jurusan Karir

(nama psikolog) menjelaskan ketidaktahuan dan ketidakpedulian memilih jurusan karir akan menimbulkan banyak resiko diantaranya:

Stupid Cost/Ineficiency Cost

Biaya kebodohan akibat salah memilih sekolah, jurusan, fakultas dan karir/bidang pekerjaan.

Opportunity Cost

Kehilangan kesempatan akibat salah jalan menggapai cita-cita yang ternyata tidak sesuai dengan talentanya.

Health Cost

Biaya yang ditimbulkan akibat stres, depresi atau drop out karena beberapa pikiran.

4 Tips dalam Menentukan Jurusan Kuliah

prospek jurusan rekayasa perangkat lunak

Self Understanding (Memahami Diri Sendiri)

Dalam memahami diri sendiri, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya:

Personality, mengetahui kepribadian diri sendiri.

Interest, mengetahui minat berdasarkan referensi yang diketahui. Dalam hal ini, semakin luas pertemanan, maka akan semakin banyak referensi pekerjaan.

Value, nilai-nilai dasar yang dianut. Misalnya perempuan sebaiknya memilih profesi yang bisa dilakukan dirumah. Maka jurusan kuliah yang diambil bisa desainer atau penulis.

Skills, keterampilan dan kecakapan yang dimiliki. Ketika duduk dibangku sekolah, secara tidak sengaja kamu akan menemukan keahlianmu.

Environment Understanding (Memahami Tantangan Kerja)

4 poin yang harus diperhatikan untuk memahami tantangan kerja, diantaranya:

  • Memahami perkembangan era digital
  • Dukungan keluarga dan sosial
  • Meneropong pekerjaan
  • Bangun komunitas

Act to Competence (Bertindak Sesuai Kompetensi)

Apabila kamu sudah memahami kompetensi yang dimiliki, maka pilihlah karir yang sesuai. Untuk mengetahui kompetensi yang kamu miliki, kamu bisa mendatangi psikolog untuk tes kompetensi.

Ladder Career (Jenjang Karir)

Dalam sebuah pekerjaan terdapat jenjang karir yang biasanya menggambarkan posisi seseorang.  Dalam memilih jurusan kuliah pilihlah jurusan yang memiliki jenjang karir yang meningkat.

Posted in: News



    WhatsApp chat