Bahasa Pemrograman C dan C++ untuk Pemula - IDS Digital College

Tips dan Trik Mempelajari Bahasa Pemrograman C dan C++ untuk Pemula

Bahasa pemrograman C sering disebut bahasa komputer tingkat menengah karena menggabungkan unsur-unsur bahasa tingkat tinggi dengan fungsionalisme bahasa rakitan. C memungkinkan manipulasi bit, byte, dan alamat untuk memberi developer lebih banyak kontrol atas bagaimana sebuah program akan berperilaku dan lebih banyak akses langsung ke mekanisme perangkat keras yang mendasarinya. 

C dibuat, dipengaruhi, dan diuji di lapangan oleh programmer yang bekerja. Hasilnya adalah C memberi programmer apa yang diinginkannya. C++ adalah versi yang disempurnakan dari bahasa C. C++ mencakup semua yang merupakan bagian dari C dan menambahkan dukungan untuk pemrograman berorientasi objek (OOP). Selain itu, C++ juga berisi banyak improvement dan fitur yang menjadikannya “lebih baik”, terlepas dari pemrograman berorientasi objek.

c++

Bahasa pemrograman C pada awalnya dikembangkan untuk diimplementasikan pada sistem operasi UNIX oleh Dennis Ritchie. Bahasa C, yang cukup sederhana, tidak terikat pada perangkat keras atau sistem tertentu. Ini tentunya memudahkan pengguna untuk menulis program yang akan berjalan tanpa banyak perubahan di hampir semua mesin.

Bahasa C++ sebenarnya dapat diperluas karena kita dapat mendefinisikan tipe baru sedemikian rupa sehingga mereka bertindak seperti tipe yang telah ditentukan sebelumnya yang merupakan bagian dari bahasa standar.

Jika Kamu hanya menggunakan C++ sebagai C yang lebih baik, Kamu tentu tidak akan menggunakan semuanya. Seperti alat bekualitas lainnya, C++ harus digunakan dengan cara yang baik sesuai rancangannya, agar dapat mengeksploitasi seluruh kekayaannya. Beberapa fitur baru termasuk enkapsulasi, panggilan fungsi inline, operator overloading, pewarisan, dan polimorfisme.

Mengapa ingin belajar C atau C++?

coding

C dan C++ masih merupakan dua bahasa pemrograman paling populer. Sintaks dan konsep C, khususnya, telah teruji oleh waktu, dan Kamu dapat melihatnya dibawa ke bahasa pemrograman populer lainnya, bahkan yang modern, seperti Go.

Bahkan jika Kamu akan membangun aplikasi web atau komponen front-end web mewah, belajar C akan membantu memahami bagaimana perangkat lunak dan perangkat keras sebenarnya berinteraksi. Selain itu, C dan C++ ada di mana-mana. C khususnya mendukung lebih banyak teknologi daripada yang kami berikan.

Mengetahui C adalah dasar yang baik, tetapi dalam banyak kasus, pengembangan perangkat lunak akan mengharuskan untuk mempelajari C++ dan paradigmanya.

Jika Kamu ingin mengembangkan perangkat lunak yang perlu memaksimalkan kinerja dan kemampuan komputer game desktop kelas atas, alat produktivitas canggih, atau program intensif komputasi yang kompleks, misalnya jika Kamu hanya menginginkan bahasa pemrograman yang memungkinkan Kamu untuk berinteraksi dengan perangkat keras komputer secara langsung, C dan C++ adalah bahasa yan pas untuk Kamu.

Bagaimana saya bisa memulai dengan C dan C++?

Untuk memulai dengan C atau C++, apa yang Kamu inginkan dalam kebanyakan kasus, setidaknya, kompiler saat ini juga dapat belajar C secara online dengan sedikit bereksperimen dengan proyek C “hello world” di dalam browser.

Kompiler adalah program yang dapat dijalankan melalui antarmuka baris perintah (CLI). Mereka membaca seluruh program dan mengubahnya menjadi kode objek, yang merupakan terjemahan dari kode sumber program ke dalam bentuk yang dapat dijalankan oleh komputer secara langsung.

Untuk membuatnya lebih mudah, Kamu dapat menggunakan IDE lengkap yang dapat membuat pengalaman Kamu dengan C atau C++ menjadi lebih menyenangkan.

Windows

Ada banyak kompiler bagus yang tersedia di Windows. Di Windows, Visual Studio menyediakan kompiler C++. Kompiler juga dapat membangun program C.

Visual Studio hadir dengan IDE yang kuat dan kaya fitur, menjadikannya pilihan yang tepat bagi siapa saja yang memulai dengan C atau C++ atau seseorang yang terutama menargetkan platform Windows.

Jika Kamu mencari sesuatu yang lebih sesuai standar, GCC (MinGW) mungkin ini yang Kamu butuhkan. Codeblocks IDE bekerja sangat baik dalam pengaturan ini.

Clang juga sekarang menjadi pilihan yang tangguh di Windows, bahkan digunakan untuk membuat Google Chrome saat ini.

Ada IDE lintas platform lainnya, seperti Eclipse CDT, Jetbrains CLion, dan Netbeans, yang menyediakan lingkungan pengembangan C dan C++ berfungsi penuh. Akhir-akhir ini, c dan c++ sedang dikalahkan oleh Visual Studio Code, yang juga tersedia untuk lingkungan Linux dan Mac.

Linux

Jika Kamu menggunakan Linux, Kamu mungkin telah menginstal GCC sebagai bagian dari distribusi. Jika tidak, menginstalnya hanya dengan satu perintah:

# Ubuntu
sudo apt-get install build-essential

# Fedora
sudo yum install gcc gcc-c++

# Arch Linux
sudo pacman -S base-devel

Codeblocks IDE dan Eclipse CDT bekerja sama baiknya di Linux seperti di Windows

Mac / Mac OS X / OS X / macOS

Di Mac Kamu dapat menggunakan Clang atau GCC, keduanya tersedia secara gratis. Meskipun GCC memiliki dukungan untuk rentang standar C dan C++ yang lebih luas, Clang akan berfungsi dengan baik untuk sebagian besar kasus.

Clang harus sudah diinstal. Kamu dapat menginstal GCC menggunakan Homebrew:

brew install gcc

Kamu dapat menggunakan XCode, IDE hebat yang merupakan bagian dari alat pengembang Mac OS.

Bisakah saya belajar C dan C++ dengan membaca buku?

Buku adalah cara yang bagus untuk belajar secara mendalam tentang bahasa pemrograman. Dengan banyak penjelasan bagus tentang cara kerja fungsi bahasa pemrograman yang rumit, pengetahuan dari buku bagus tentang C atau C++ dapat memberi Kamu keunggulan saat menggunakan bahasa ini untuk proyek Kamu.

Singkatan C: Referensi Definitif (Edisi ke-2) oleh Peter Prinz dan Tony Crawford

Meskipun buku ini mencakup sedikit pengantar tentang bahasa pemrograman C, buku ini lebih cocok sebagai buku kedua jika Kamu ingin belajar kode C. Buku ini memberikan tip, teknik, contoh, dan saran praktis yang memungkinkan pengembang tingkat lanjut untuk memaksimalkan kemampuan mereka. Buku ini dibagi menjadi tiga bagian

Yang pertama menggambarkan bahasa C dalam arti istilah yang ketat; yang kedua menjelaskan pustaka standar, dan yang ketiga menjelaskan proses kompilasi dan pengujian program dengan alat-alat dalam kumpulan perangkat lunak GNU yang populer

Singkatnya, C adalah pendamping yang sempurna untuk Bahasa Pemrograman C oleh Brian W. Kernighan & Dennis Ritchie (juga dikenal sebagai K&R) dan ditakdirkan untuk menjadi buku referensi yang paling mudah dijangkau.

Bahasa Pemrograman C oleh Brian W. Kernighan dan Dennis Ritchie

Ini adalah edisi kedua dari teks asli Kernighan & Ritchie. Biasanya disebut sebagai Perjanjian Baru karena mencakup modifikasi yang dimasukkan oleh standar ANSI sambil mempertahankan sifat edisi pertama.

Buku ini mengasumsikan bahwa pembaca memiliki beberapa pengetahuan pemrograman dasar. Jadi, jika Kamu baru mulai memprogram, dan C adalah bahasa pertama, mungkin buku ini bukan buku yang ideal untuk Kamu. Namun, Kamu mungkin menganggap catatan ringkasnya bermanfaat.

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pengenalan pemrograman C, dan harus dimiliki, terutama jika Kamu memulai koleksi buku pemrograman sendiri.

Bahasa Pemrograman C++ (Edisi ke-4) oleh Bjarne Stroustrup

Bjarne Stroustrup adalah perancang C++ dan telah menulis banyak buku hebat tentang topik tersebut. Buku ini dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama memberikan pengantar tutorial pemrograman C++.

Bagian kedua menyajikan diskusi tentang masalah desain dan pengembangan perangkat lunak yang timbul sehubungan dengan penggunaan C++, dan bagian ketiga adalah manual referensi yang lengkap.

Dengan popularitas C++, beberapa distributor independen C++ telah muncul, tetapi buku ini membahas ‘C++ murni;’ yaitu, tidak ada ekstensi yang bergantung pada implementasi yang digunakan.

Salah satu cara terbaik untuk mempelajari bahasa pemrograman adalah dengan menulis program kecil yang relevan dengan materi yang Kamu pelajari. Ada latihan di akhir setiap bab untuk menerapkan pengetahuan yang baru dipelajari.

C++ Efektif: 55 Cara Spesifik untuk Meningkatkan Program dan Desain Anda oleh Scott Meyers

Membangun perangkat lunak besar dengan C++ membutuhkan desain dan disiplin. Jika Kamu serius tentang C++, buku ini harus dibaca.

Ini adalah panduan ahli untuk desain kelas, fungsi, template, dan hierarki pewarisan yang efektif. Buku ini juga membahas bagaimana C++ berbeda dari bahasa lain dan bagaimana melakukan hal-hal “cara C++”.

C++ Primer (Edisi ke-5) oleh Stanley B. Lippman

C++ Primer adalah buku yang bagus dan akan membuat belajar C++ menjadi lebih menyenangkan. Ini benar-benar salah satu buku C++ terbaik yang pernah ada, tetapi mengasumsikan banyak keakraban dengan konsep pemrograman dan kemahiran dalam C.

Edisi terbaru buku ini sangat baik untuk programmer yang ingin mendapatkan hasil maksimal dari fitur baru dan lanjutan.

FAQ C++ (2nd Edition) oleh Marshall P. Cline

Ini adalah buku fenomenal yang berisi jawaban atas sekitar 500 pertanyaan tentang pemrograman, desain, analisis, dan pengujian. Ini bukan untuk pemula, tetapi untuk programmer yang telah mengetahui sintaks bahasa ingin mengimplementasikannya.

Jika Kamu memiliki pertanyaan seperti “Apa itu invarian kelas?”, “Bagaimana saya harus menggunakan pengecualian?”, “Apa yang terjadi ketika destructor dieksekusi?”, maka ini adalah buku yang tepat untuk Kamu.

C++ Modern yang Efektif: 42 Cara Spesifik untuk Meningkatkan Penggunaan C++11 dan C++14 oleh Scott Meyers

Jika Kamu sudah berpengalaman dengan C++, tetapi ingin menguji drive standar yang lebih baru, baca buku ini. Kamu akan kaget betapa C++ telah berkembang melalui standar baru. Buku ini membahas bagaimana membuat penggunaan yang paling efektif dari kemampuan yang lebih baru di C++. (Meskipun standar C++ sekarang hingga C++17, C++14 masih mutakhir dalam banyak konteks proyek.)

STL Efektif: 50 Cara Spesifik untuk Meningkatkan Penggunaan Perpustakaan Template Standar oleh Scott Meyers

One salah satu aspek yang paling menakjubkan dari C++ adalah Standard Template Library (STL). Ini adalah salah satu fitur yang paling kuat, tetapi bisa sangat kompleks. Buku ini memberikan 50 tip mengagumkan dan 100+ algoritme STL yang menjelajahi berbagai area STL, membuatnya lebih mudah didekati oleh pengembang yang baru memulai dengan C++.

Posted in: News



    WhatsApp chat