6 Tips Ini Bikin Proses Belajar Software Engineering Semudah Jentikkan Jari - IDS Digital College

6 Tips Ini Bikin Proses Belajar Software Engineering Semudah Jentikkan Jari

Dari data US News, profesi software engineering dicatat sebagai salah satu profesi dengan gaji yang terbilang menjanjikan di masa depan. Jumlah tingkat penganggurannya 2,5% lebih sedikit dari total lulusan lainnya menjadikan software engineering sebagai salah satu posisi karir teknologi yang paling banyak dicari. Apalagi diprediksi akan ada pertumbuhan lowongan software engineering sebanyak 17% hingga tahun 20024 mendatang. 

 

Berminat jadi software engineer? Oke, belajar menjadi seorang software engineering memang kedengaran sulit, tapi bukan berarti nggak bisa dipelajari bukan? Dengan 6 cara ini kamu bisa belajar software engineering dengan lebih mudah. Cuss yuk simak caranya!  

 

1. Konsisten dan Bertekda Pada Tujuan

Memulai karir dalam bidang apapun nggak ada yang mudah, apalagi kalau kamu berkecimpung di bidang teknologi. Pastikan kamu punya tujuan yang jelas dan konsisten untuk mencapai tujuan tersebut. Jadi, pastikan kamu punya tujuan yang jelas, apakah ingin memiliki gelar profesional di bidang software engineering, atau hanya ingin mempelajari software engineering sebagai keahlian tambahan. Tujuan dan motivasi ini bisa jadi penyemangat kamu saat menghadapi kesulitan di tengah jalan. 

 

2. Menentukan Metode yang Tepat untuk Memulai 

Ruby on Rails, MEAN stack, atau Python and Jango? Banyak banget metode software engineering yang bisa kamu pelajari. Hingga saat ini masih banyak orang yang mengaku mengalami kesulitan menentukan metode atau kerangka kerja saat belajar software engineering. Untuk mempermudah, kuncinya adalah menguasai satu metode lebih dulu. Kalau kamu sudah mahir dengan satu metode maka akan lebih mudah untuk belajar metode lainnya. Jadi sebaiknya, fokuslah dengan pemahaman dasar pemrograman atau mencoba metode Ruby yang paling mudah. 

 

3. Sering Berlatih 

Dikatakan cara paling mudah untuk belajar software engineering adalah dengan mempraktekkannya secara langsung. Kamu nggak bakal bisa jadi seorang ahli software engineering kalau nggak banyak latihan. Belajar software engineering selama 10 jam aja nggak cukup. Untuk menjadi mahir, kamu bisa-bisa butuh waktu 10 jam. Jadi, jangan lelah untuk berlatih ya!

 

4. Belajar Coding dari Orang Lain 

Nggak ada salahnya kok belajar teknik coding dari orang lain dengan begitu kamu bisa melihat bagaimana cara kerja suatu program. Proses ini juga penting untuk kamu, ketika menyangkut debugging. Dengan begitu kamu bisa identifikasi coding mana yang nggak seharusnya dimasukkan. Selama membaca coding, jangan lupa untuk mempelajari lebih dalam, memetakan fungsinya, dan kalau perlu buat ulang sebagai bahan latihan. 

 

5. Pakai Tool yang Direkomendasikan 

Untuk menjadi mahir, kamu nggak bisa belajar software engineering menggunakan tool gratis. Jadi sebaiknya kamu mulai dengan langsung menggunakan tool yang memang digunakan oleh para software engineer professional. Menguasai sebuah tool, bisa jadi nilai tambah saat kamu melamar pekerjaan nanti di bidang software engineering. Ada banyak tool yang bisa membantu kamu mengoperasikan perangkat ini, misalnya Learn-Verified.

 

6. Kuliah di Jurusan Software Engineering

Cara terakhir yang paling mudah untuk belajar software engineering adalah ambil kuliah dengan program software engineering di IDS Digital Collage. Kampus ini punya program Software Engineering S1 yang diajar oleh para dosen berpengalaman. Beberapa mata kuliah yang bisa kamu ambil di jurusan ini antara lain Programing Foundation, Algorithm & Data Structure, Database System, hingga Internet of Things Systems, Security, and the Cloud (IoTSSC). Kelebihan lain yang dimiliki IDS Digital Collage adalah, kamu bisa kuliah software engineering sambil kerja, lho! Yuk, daftar sebagai mahasiswa IDS Digital Collage!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat