Apple Rilis iOS Baru untuk iPhone dan iPad Lawas, Ini Cara Update-nya - IDS Digital College

Apple Rilis iOS Baru untuk iPhone dan iPad Lawas, Ini Cara Update-nya

Kamu yang selalu up to date sama teknologi pasti tau kalau Apple merilis iPhone terbarunya dengan tidak memberikan update berkala untuk perangkat Apple seri lama. Bagi pengguna perangkat lama Apple, tentu ini menjadi kabar yang menyedihkan. Nyatanya, Apple baru saja merilis pembaruan iOS dan iPadOS 12.5.3 untuk perangkat seperti iPhone, iPod touch, dan iPad. Hal ini menggembirakan terutama buat kamu yang lagi belajar di jurusan Teknik Informatika dan lebih paham soal Sistem Operasi. Simak untuk tau lebih banyak lagi, ya. Pembaruan iOS Bagi Perangkat Apple Lawas Ada beberapa perangkat yang mendapatkan pembaruan iOS 12.5.3 yang tidak mendukung iOS 14, di antaranya iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPod touch (6th Gen), iPad mini 3, iPad Air (2013), dan iPad mini 2. Dalam dokumen pembaruan, Apple mengatakan update ini ditujukan untuk meningkatkan sistem keamanan, dengan memperbaiki bug di iOS versi sebelumnya yang bisa dieksploitasi oleh para peretas. Memperbaiki Bug Pada Sistem Sebelumnya Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pembaruan iOS ditujukan untuk memperbaiki bug sistem WebKit dengan kode CVE-2021-30661, CVE-2021-30663, CVE-2021-30665, hingga CVE-2021-30666. Bug tersebut memungkinkan peretas mengeksploitasi kinerja dan manajemen memori. Bug dengan kode CVE-2021-30663 dan CVE-2021-30665 juga turut menjadi hal yang diperbaiki di update iOS dan iPadOS versi terbaru, yaitu versi 14.5.1. Para pengguna perangkat Apple lawas sangat disarankan untuk segera memperbarui perangkat masing-masing agar terhindar dari serangan yang beresiko. Cara Melakukan Pembaruan Pembaruan ini dapat dilakukan dengan mudah dan pengguna bisa melakukannya sendiri. Caranya yaitu akses menu "Settings", kemudian pilih "General" lalu klik menu "Software Update". Di sana, pilih opsi "Download and install". Selain itu, pembaruan juga bisa dilakukan dengan mekanisme pemasangan (install) ulang menggunakan aplikasi iTunes atau Finder, sebagaimana dilansir dari KompasTekno dari Wccftech, sebelum melakukan install ulang, pastikan perangkatmu sudah dicadangkan (backup) terlebih dahulu ke iCloud, iTunes, atau Finder. Tujuannya agar file-file penting tetap tersimpan dengan baik dan dapat kembali diakses. Pembaruan iOS yang dilakukan oleh Apple ini jadi kabar yang cukup mengejutkan sekaligus menggembirakan. Sebab, semenjak Apple terus mengeluarkan perangkat terbarunya, mereka mengatakan bahwa tidak akan melakukan pembaruan iOS lagi bagi perangkat lawas. Jika ingin menikmati fitur terbaru, kamu bisa update dengan mengikuti cara di atas, ya. Bagi yang selalu antusias sama hal tentang sistem operasi, perangkat teknologi, dan bagaimana cara sebuah aplikasi bekerja, kamu bisa cari tau dengan belajar di jurusan Sistem Informatika IDS Digital College, lho. Yuk, kunjungi website-nya untuk informasi lebih banyak, ya!

Kamu yang selalu up to date sama teknologi pasti tau kalau Apple merilis iPhone terbarunya dengan tidak memberikan update berkala untuk perangkat Apple seri lama. Bagi pengguna perangkat lama Apple, tentu ini menjadi kabar yang menyedihkan. Nyatanya, Apple baru saja merilis pembaruan iOS dan iPadOS 12.5.3 untuk perangkat seperti iPhone, iPod touch, dan iPad. Hal ini menggembirakan terutama buat kamu yang lagi belajar di jurusan Teknik Informatika dan lebih paham soal Sistem Operasi. Simak untuk tau lebih banyak lagi, ya. 

Pembaruan iOS Bagi Perangkat Apple Lawas

Ada beberapa perangkat yang mendapatkan pembaruan iOS 12.5.3 yang tidak mendukung iOS 14, di antaranya iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPod touch (6th Gen), iPad mini 3, iPad Air (2013), dan iPad mini 2. Dalam dokumen pembaruan, Apple mengatakan update ini ditujukan untuk meningkatkan sistem keamanan, dengan memperbaiki bug di iOS versi sebelumnya yang bisa dieksploitasi oleh para peretas.

Memperbaiki Bug Pada Sistem Sebelumnya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pembaruan iOS ditujukan untuk memperbaiki bug sistem WebKit dengan kode CVE-2021-30661, CVE-2021-30663, CVE-2021-30665, hingga CVE-2021-30666. Bug tersebut memungkinkan peretas mengeksploitasi kinerja dan manajemen memori. Bug dengan kode CVE-2021-30663 dan CVE-2021-30665 juga turut menjadi hal yang diperbaiki di update iOS dan iPadOS versi terbaru, yaitu versi 14.5.1. Para pengguna perangkat Apple lawas sangat disarankan untuk segera memperbarui perangkat masing-masing agar terhindar dari serangan yang beresiko. 

Baca Juga: Tertarik untuk Buat Mobile App? Segini Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan iOS

Cara Melakukan Pembaruan

Pembaruan ini dapat dilakukan dengan mudah dan pengguna bisa melakukannya sendiri. Caranya yaitu akses menu “Settings”, kemudian pilih “General” lalu klik menu “Software Update”. Di sana, pilih opsi “Download and install”. Selain itu, pembaruan juga bisa dilakukan dengan mekanisme pemasangan (install) ulang menggunakan aplikasi iTunes atau Finder, sebagaimana dilansir dari KompasTekno dari Wccftech, sebelum melakukan install ulang, pastikan perangkatmu sudah dicadangkan (backup) terlebih dahulu ke iCloud, iTunes, atau Finder. Tujuannya agar file-file penting tetap tersimpan dengan baik dan dapat kembali diakses. 

Pembaruan iOS yang dilakukan oleh Apple ini jadi kabar yang cukup mengejutkan sekaligus menggembirakan. Sebab, semenjak Apple terus mengeluarkan perangkat terbarunya, mereka mengatakan bahwa tidak akan melakukan pembaruan iOS lagi bagi perangkat lawas. 

Jika ingin menikmati fitur terbaru, kamu bisa update dengan mengikuti cara di atas, ya. Bagi yang selalu antusias sama hal tentang sistem operasi, perangkat teknologi, dan bagaimana cara sebuah aplikasi bekerja, kamu bisa cari tau dengan belajar di jurusan Sistem Informatika IDS Digital College, lho. Yuk, kunjungi website-nya untuk informasi lebih banyak, ya!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat