11 Software Antivirus Gratis untuk Laptop dan PC - IDS Digital College

11 Software Antivirus Gratis dan Terbaik untuk Laptop dan PC di Tahun 2022

best free antivirus

Keberadaan malware atau virus yang dapat menyerang Laptop dan PC tentu nya membuat kita khawatir. Apalagi malware dan virus yang dapat merusak data. Selain dapat merusak data, virus dan malware ini dapat membuat laptop menjadi lemot dan membuat laptop melakukan restart dengan sendirinya. Hal ini tentu dapat mengganggu pekerjaan yang kita lakukan.  Virus virus tersebut dapat masuk ke perangkat komputer atau laptop ketika browsing internet atau melalui files yang kamu unduh dari internet. Selain itu juga virus dapat masuk melalui flashdisk dan memori internal. Untuk mengantisipasi hal tersebut dan hal hal yang tidak diinginkan, maka kita dapat menginstal Software Antivirus. 

Antivirus tersebut dapat mencegah dan menghindari masuknya virus dengan melakukan scan perangkat sebelum menggunakan media penyimpanan dan juga melakukan update software antivirus agar komputer selalu aman dari virus. Tapi sayangnya tidak semua Software Antivirus terbaik yang ada dipasaran dapat digunakan secara gratis. Tapi tenang aja, di bawah ini admin bakalan bahas 11 Software Antivirus Gratis dan Terbaik untuk Laptop dan PC yang dapat kamu gunakan. 

Software antivirus

  1. Avira Free Antivirus 

Avira Free Antivirus adalah sebuah perusahaan Software Antivirus yang berada di Jerman. Kelebihan dari menggunakan software Avira adalah kamu tidak perlu menyerahkan informasi pribadi apapun, bahkan alamat email.

Avira dengan jelas menyatakan di situs webnya bahwa mereka tidak menjual data dan tidak akan pernah menjual data. Avira tersedia untuk Windows dan MacOS, serta versi Android dan iOS sehingga kamu dapat melindungi semua perangkat elektronik kamu secara gratis.

Versi gratis dari Avira Free Antivirus menggunakan mesin pendeteksi malware identik yang telah menerima nilai tertinggi dari AV-test.org dan AV Comparatives. Dan untuk penggunaan pribadi. 

  1. Kaspersky Total Security

Jika berbicara tentang Software Antivirus, sepertinya Kaspersky adalah software antivirus yang tidak bisa dilupakan. Pasalnya beberapa situs review IT memberikan rating yang tinggi pada software yang satu ini dan selalu sukses masuk dalam jajaran sepuluh besar aplikasi anti virus terbaik tiap tahunnya. 

Tentu saja hal ini dikarenakan banyaknya fitur terbaik yang ditawarkan oleh kaspersky seperti Password Management, Core Protection, hingga fitur Secure Connection (VPN). 

Kelebihan lainnya adalah aplikasi antivirus kaspersky memiliki tampilan UI yang simpel dan mudah digunakan. Serta penggunaan nya juga tidak hanya untuk perangkat komputer Windows, tetapi juga macOS, Android, dan iOS.

  1. Sophos Home

Sophos Home free adalah salah satu software antivirus gratis yang dapat digunakan untuk melindungi PC dan Mac anda dari bahaya nya malware, virus, perangkat lunak, ransomware, serta web web yang tidak kompatibel. 

Antivirus ini memiliki fitur seperti identifikasi dan blokir malware yang belum pernah dilihat sebelumnya – termasuk kemampuan pembelajaran mendalam. Fitur gratisnya menawarkan perlindungan dari virus komputer, malware, Trojan, worm, bot, aplikasi yang mungkin tidak diinginkan (PUA), ransomware, dan lainnya yang berbahaya untuk PC atau Mac anda. 

Selain itu juga software ini menawarkan fitur remote management yang memungkinkanmu untuk mengatur keamanan perangkat lainnya secara jarak jauh. 

  1. Avast Free Antivirus

Avast Free Antivirus telah dirancang dengan jaringan deteksi ancaman terbesar, perlindungan terhadap virus berbasis pembelajaran mesin, dan keamanan jaringan rumah yang tidak akan memperlambat PC atau laptop yang kalian gunakan. 

Avast Free Antivirus juga mudah diinstal dan mudah digunakan. Fitur yang diberikan oleh software ini adalah dapat memindai masalah keamanan dan kinerja, dan membantu memperbaikinya secara instan. Avast juga melindungi PC secara waktu nyata dengan menganalisis file asing jauh sebelum sampai ke perangkat yang anda gunakan. 

Avast Free Antivirus juga memberikan fitur terbaik yaitu Antarmuka intuitif yang menarik, perlindungan aplikasi tingkat lanjut, mode pasif baru untuk menjalankan beberapa produk keamanan secara paralel – dan sedikit tambahan bagi para pemain game dan pecinta film seperti Memblokir gangguan & interupsi dan muncul nya pop-up yang mengganggu. 

  1. Bitdefender Antivirus Free Edition

Yang berikutnya adalah software Bitdefender. Bitdefender sendiri merupakan produk dengan tingkat deteksi yang mengagumkan. Dengan ukuran software yang ringan, jadi tidak akan memperlambat komputer atau pc dalam pemakaian PC harian.

Fitur yang diberikan oleh Bitdefender Antivirus Free Edition adalah memberikan program yang akan melindungi sistem dari banyak jenis virus, spyware, trojan, adware, dan sebagainya. Performa sistem Anda tidak akan terpengaruh, jadi anda dapat menginstalnya dan tidak akan menyadari bahwa program ini sedang bekerja. 

Salah satu fitur yang nggak kalah penting dari software ini adalah Anti-fraud yang berfungsi untuk mengawasi situs-situs yang anda kunjungi. Program ini mudah digunakan, cukup dijalankan dan biarkan bekerja menghapus malware yang dapat memengaruhi PC Anda.

  1. Avg Antivirus Free

Avast pada tahun 2016 secara resmi telah mengakuisisi AVG sehingga tak heran jika keduanya memiliki banyak kesamaan. Jadi untuk kegunaan nya, dikarenakan kedua produk software antivirus ini memiliki tingkat perlindungan yang sama serta menggunakan mesin yang sama. 

Untuk fitur yang disediakan oleh AVG Antivirus Free yaitu meliputi perlindungan antivirus, ransomware, spyware, dan juga bentuk malware lainnya. AVG Antivirus Free menawarkan enam jenis pemindaian yang berbeda, termasuk pemindaian perangkat, USB/DVD, file atau folder tunggal, dan pemindaian waktu boot.

AVG juga akan memperingatkan kamu jika ada tautan web yang tidak aman serta memblokir lampiran email yang tidak aman. Program AVG Antivirus Free ini berjalan sebelum Windows dihidupkan sempurna, sehingga mereka bisa mengintai dan melindungi perangkat sebelum malware memiliki kesempatan untuk merusak perangkat komputer.

  1. Microsoft Defender

Microsoft Defender pertama kali dirilis pada 24 Oktober 2006 dengan namanya Microsoft SpyWare. Microsoft Defender adalah software antivirus dari Microsoft untuk melindungi sistem operasi Microsoft Windows dari perangkat pengintai(spyware).

Microsoft Defender meliputi sejumlah alat keamanan waktu nyata yang mengawasi beberapa area umum pada Windows yang mengalami perubahan-perubahan yang mungkin disebabkan oleh spyware. Perangkat ini juga menyertakan kemampuan untuk menghapus secara mudah perangkat ActiveX yang terpasang.

Fitur lain yang disediakan oleh Microsoft Defender adalah tidak perlu diinstall untuk Windows 8 dan 10 karena sudah terintegrasi, Proteksi cloud, Perlindungan Ransomware, dan Integrasi peramban.

  1. ZoneAlarm Free Antivirus

Berikutnya adalah ZoneAlarm Free Antivirus yang hanya tersedia untuk pengguna PC dengan sistem operasi Windows, ZoneAlarm Free Antivirus menawarkan berbagai fitur proteksi menarik yang nggak kalah dengan antivirus berbayar. 

Berikut ini adalah fitur fitur terbaik yang ditawarkan oleh ZoneAlarm yaitu Personal Firewall untuk membuat PC kamu tak terdeteksi oleh hacker, Real-Time Security Updates agar PC selalu terlindungi, hingga Gamer Mode untuk aktivitas gaming tanpa gangguan.

Yang membuat software ini menarik adalah semua fitur yang disebutkan diatas dapat anda gunakan secara gratis.

  1. Adaware Antivirus 

Ancaman didunia maya mampu ditangani oleh aplikasi anti-spyware dan selama bertahun-tahun telah terbukti ketahanannya.

Adaware Antivirus adalah gabungan fitur anti-spyware dan antivirus yang memiliki fitur fitur seperti ID Watchdog melacak kartu kredit pelanggan dan membuat peringatan setiap kali seseorang mencoba melakukan operasi penipuan identitas. 

Selain itu juga ada beberapa fitur seperti Fast Antivirus yang merupakan antivirus super cepat yang melengkapi anti-spyware legendaris Ad-Aware, Perlindungan Real-Time, Mode Game yaitu Perlindungan mode senyap yang memungkinkan Anda untuk memainkan game dan menonton film tanpa terganggu, Pemindaian Pin-Point yang hanya memindai file atau folder yang Anda inginkan langsung dari lokasi aslinya, Pembaruan Ancaman Otomatis yang tetap terlindungi dari ancaman terbaru.

Penggunaan Adaware Antivirus dapat digunakan secara gratis dan software ini merupakan UI sederhana, tombol terstruktur dengan baik dan fitur yang mudah digunakan.

  1. 360 Total Security

360 Total Security adalah sebuah software antivirus yang memberikan perlindungan yang lengkap terhadap virus jenis baru dan ancaman lainnya. Virus dan malware dapat menyerang komputer dan laptop anda ketika anda berbelanja online, mendownload file dan browsing halaman Web. 

Kegunaan pemasangan antivirus sebenarnya secara keseluruhan memiliki fungsi yang sama yaitu melindungi PC atau laptop dan perangkat keras lainnya dari serangan cybercrime. Tetapi perbedaan 360 Total Security dengan antivirus gratisan lainnya adalah 360 Total Security mempunyai 5 Buah Engine antivirus yang bisa dijalankan secara bersamaan atau bisa kamu pilih satu persatu. Beberapa engine yang dipakai seperti engine Bitdefender, 360 Cloud Engine, QVM II Engine dan Antivirus Avira. 

Fitur yang dimiliki oleh 360 Total Security ini adalah Protection yang melindungi komputer anda dari malware / phishing / backdoor dan jenis ancaman baru melalui teknologi cloud tercepat dan lebih cerdas, Cleanup yaitu membantu Anda untuk menghemat ruang disk, membersihkan junk dari komputer Anda dan membuatnya berjalan lebih efisien dan efektif, Speedup yaitu mengelola dan mengoptimalkan aplikasi boot-up / plug-ins. Mempercepat waktu boot PC/Laptop Anda, dan terakhir Check Up untuk memeriksa kondisi seluruh keamanan komputer/laptop Anda dalam satu kali klik.

  1. Panda Free Antivirus

Panda Free Antivirus memiliki daya tarik dan banyak diminati dikarenakan software ini memiliki proteksi yang bagus serta tidak membuat Windows terasa lambat dan lemot. Panda Free Antivirus juga ringan digunakan dan dapat menjaga sistem Anda tanpa menggunakan banyak sumber daya sistem atau memiliki pop up yang mengganggu sepanjang waktu.

Untuk tampilan software Panda Free Antivirus ini cukup unik dan memiliki tampilan layar utama yang berbeda dengan antivirus pada umumnya. Pada layar utama Panda Free Antivirus tersebut juga terpampang jumlah file yang sudah discan dan dinyatakan aman.

Untuk fitur yang disediakan oleh software ini adalah ada tiga metode scanning yang disediakan. Yang pertama yaitu Critical areas dimana scanning dilakukan hanya pada lokasi-lokasi tertentu yang seringkali dijadikan target oleh virus, selanjutnya yaitu Full scan yang memakan waktu paling lama karena sistem di scan secara menyeluruh, dan yang terakhir adalah Custom scan yang memberi keleluasaan kepada pengguna untuk memilih folder yang akan discan.

Untuk mengatasi komputer yang tidak bisa booting karena terinfeksi virus, pengguna bisa membuat Panda Rescue Kit dengan menggunakan sebuah USB drive.

Itu lah 11 Software Antivirus Gratis dan Terbaik untuk Laptop dan PC di Tahun 2022 yang dapat kamu gunakan.

antivirus

Sumber: ekrut.com

 

Posted in: News



    WhatsApp chat