4 Cara Kreatif Untuk Menambah Keterlibatan Pelanggan Untuk E-Commerce - IDS Digital College

4 Cara Kreatif Untuk Menambah Keterlibatan Pelanggan Untuk E-Commerce

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi yang semakin cepat telah mempengaruhi perubahan gaya hidup sosial dalam berbagai aspek kehidupan. 

Berkembangnya pemanfaatan media internet sebagai sarana interaksi sosial telah mengantarkan banyak kemudahan komunikasi maupun informasi dalam segala bidang. Terutama pada dunia bisnis yang saat ini menghadapi persaingan global yang ketat.

Saat ini internet menjadi unggulan bagi para pebisnis dalam usaha memenangkan persaingan bisnis. Ini didasari oleh meningkatnya pengguna internet di dunia yang dimana memudahkan para pebisnis untuk memasarkan dan mengembangkan lahan bisnisnya.

E-commerce ( perdagangan elektronik ) adalah aktivitas pembelian atau penjualan produk secara elektronik pada layanan online atau melalui Internet. 

Perdagangan elektronik mengacu pada teknologi seperti perdagangan seluler , transfer dana elektronik, manajemen rantai pasokan , pemasaran Internet , pemrosesan transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), sistem manajemen persediaan , dan sistem pengumpulan data otomatis. 

E-commerce pada gilirannya didorong oleh kemajuan teknologi industri semikonduktor, dan merupakan sektor terbesar dari industri elektronik.

Perdagangan elektronik modern biasanya menggunakan World Wide Web untuk setidaknya satu bagian dari siklus hidup transaksi meskipun itu juga dapat menggunakan teknologi lain seperti email. 

Transaksi e-commerce yang umum termasuk pembelian buku online (seperti Amazon ) dan pembelian musik ( unduhan musik dalam bentuk distribusi digital seperti iTunes Store ), dan sedikit banyak, layanan inventaris toko minuman keras online yang disesuaikan / dipersonalisasi. Ada tiga bidang e-commerce: ritel online , pasar elektronik, dan lelang online, E-commerce didukung oleh bisnis elektronik. 

Perkembangan e-commerce di Indonesia berjalan seiring berkembangnya internet sejak pertama kali masuk indonesia di awal tahun 1990-an. Saat ini kegiatan e-commerce di Indonesia merambah berbagai jenis kegiatan bisnis dari skala industri kecil sampai kepada industri yang besar.

Kegiatan e-commerce dalam skala kecil saat ini telah menjamur di seluruh penjuru Indonesia, ini disebabkan karena tersedianya berbagai macam wadah untuk bertransaksi secara online dengan mudah. 

Seperti pada penggunaan situs jejaring sosial seperti Facebook yang pada awalnya hanya berfungsi sebagai situs pertemanan dan pertukaran informasi sesama teman atau kerabat dekat, saat ini telah beralih fungsi sebagai lahan marketing suatu perusahaan maupun toko online dalam skala industri rumahan. 

Tidak hanya situs jejaring sosial seperti Facebook. Media online lainnya seperti Forum, blog dan microblog seperti Twitter dapat menjadi wadah untuk melakukan kegiatan e-commerce di dunia maya.

Beberapa aplikasi umum yang terkait dengan perdagangan elektronik adalah: E-commerce B2B ( bisnis-ke-bisnis ) , E-commerce B2C ( bisnis-ke-konsumen ) , perdagangan percakapan : e-commerce melalui obrolan, dompet digital, otomasi dokumen dalam rantai pasokan dan logistik, tiket elektronik, manajemen konten perusahaan , pembelian kelompok, pesan singkat, keamanan internet, lelang online, perbankan online, suite kantor online, belanja online dan pelacakan pesanan, pemrosesan transaksi online, pretail, cetak sesuai permintaan, perangkat lunak keranjang belanja , jaringan sosial, telekonferensi, usenet newsgroup, asisten virtual, sistem pembayaran domestik dan internasional. 

4 cara kreatif untuk menambah keterlibatan pelanggan

  • Gunakan Media Sosial untuk Mendengarkan Pelanggan

Jika selama ini Anda hanya menggunakan media sosial hanya sebagai alat pemasaran, kini saatnya Anda juga mengoptimalkan penggunaannya .

Salah satu merek laptop ternama, Lenovo, berhasil mengoptimalkan media sosial mereka sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan terhadap produk mereka . 

Lenovo menggunakan media sosial sebagai tempat untuk mendengarkan saran dan keluhan dari pelanggan mereka. Dengan cara ini Lenovo mengetahui tren baru di antara pelanggan jauh lebih dulu dibandingkan dengan kompetitor mereka.

Lenovo berhasil menarik perhatian pelanggan mereka setelah mendengarkan percakapan consumer mereka secara online seperti pilihan warna untuk laptop. Brand ini kemudian menggunakan saran ini dalam pembuatan produk mereka dan hasilnya: pelanggan mereka mendapatkan produk yang lebih relevan . 

Dengan mengoptimalkan penggunaan sosial media dari sebuah alat promosi menjadi lebih fokus terhadap pelanggan, Lenovo berhasil mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan dan pelanggan lama mereka.

  • Tingkatkan Pelayanan Pelanggan

Garda terdepan dalam menghadapi keluhan ataupun pertanyaan dan saran dari pelanggan adalah customer service. Pelanggan yang merasa terbantu dan puas dengan pelayanan mereka tentu akan kembali menggunakan produk Anda dan bahkan akan mempromosikan brand Anda sebagai salah satu brand yang memiliki pelayanan pelanggan yang sangat baik dan memuaskan . 

Dalam melayani pelanggan, penting untuk diingat bahwa setiap pelanggan ingin Anda mengerti kebutuhan mereka dan bahwa kebutuhan mereka sesuai dengan brand Anda. Staff Anda harus sangat membantu dan berkomunikasi dengan baik dengan para pelanggan .

Sebuah studi oleh New Voice Media menemukan bahwa sekitar 42% pelanggan akan beralih ke kompetitor jika panggilan mereka ditangani oleh staf yang tidak sopan atau tidak membantu . 

  • Buat Kontes untuk Ide Produk di Masa Depan

Tanyakan pendapat pelanggan Anda mengenai produk yang saat ini Anda jual dan saran atau ide untuk produk di masa depan.

Jangan terkejut melihat betapa tingginya keinginan pelanggan untuk memberikan saran dan ide terhadap produk Anda. Dengan cara ini Anda dapat meningkatkan hubungan emosional pelanggan dengan brand Anda .

  • Sebarkan Review Pelanggan di Media Sosial

Media sosial yang Anda miliki dapat digunakan untuk berbagai hal selain untuk mempromosikan produk yang Anda tawarkan. Anda dapat menggunakannya untuk berinteraksi dengan pelanggan secara langsung, mendengarkan keluhan dan saran, menjadikan media sosial sebagai sarana pendekatan diri pada pelanggan . 

Media sosial top seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn bisa menjadi pilihan Anda untuk menyebarkan review dari pelanggan Anda. Review yang positif tentu akan membangun kepercayaan pada calon pelanggan untuk menggunakan jasa atau produk Anda. Calon pelanggan tentunya akan lebih mempercayai review dari pelanggan lain dibandingkan iklan .

 

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat