6 Langkah awal membuat Startup - IDS Digital College

6 Langkah awal membuat Startup

Saat ini bisnis startup mulai berkembang di Indonesia. Sayangnya, startup seringkali lahir dalam sebuah ketidakpastian. Mulai dari model bisnisnya, target pasarnya, bahkan hingga ide produknya. Banyak orang hanya ikut-ikutan membangun bisnis startup tanpa memahami dasar-dasar yang harus dilakukan. Salah satunya membangun startup digital. Startup digital merupakan sebuah perusahaan yang memanfaatkan teknologi digital untuk menciptakan solusi dari permasalahan masyarakat Indonesia. Agar Anda tidak salah jalan dalam memulai bisnis ini, ikuti beberapa langkah berikut ini sebelum memulai bisnis startup.

Person using tablet

Mindset orang-orang tentang startup selalu berpatok pada modal yang besar. Hal itu tidak salah, akan tetapi modal saja tidak cukup dalam membangun startup. Maka dari itu penting untuk kita mengetahui hal-hal penting terkait dalam membangun sebuah startup, Seperti:

Ide Bisnis dan Validasi Ide

Saat sudah memiliki uang yang cukup untuk memulai bisnis startup, membuat gagasan atau ide adalah langkah berikutnya yang wajib segera dimiliki. Di poin ini, kreativitas dan inovasi kamu seakan dituntut. Kamu bisa berdiskusi dengan entrepreneur lain atau teman kamu untuk saling bertukar pikiran mengenai usaha atau bisnis apa yang mau kamu kembangkan.

Untuk itu perlu melakukan beberapa hal yaitu mencari permasalahan, mencari orang-orang yang dirugikan dengan adanya permasalahan tersebut, kemudian mengomunikasikan solusi yang Anda miliki untuk menyelesaikannya. Dari ketiga hal tersebut, Anda dapat menyimpulkan apakah ide Anda layak untuk dieksekusi atau tidak.

Implementasikan Ide

Tak ada bisnis yang tidak memiliki risiko. Semua pasti ada resikonya dan kamu wajib mencermati untung, rugi, dan konsekuensinya. Namun, banyak yang kemudian terlalu lama berpikir, sehingga membuang banyak waktu dan kesempatan. Ingat, ide bisnis yang menarik harus segera diwujudkan atau ide tersebut hanya akan berakhir sebagai sebuah ide semata.

Rencana Bisnis

Setelah mendapat ide, kini saatnya menjabarkan tujuan dalam sebuah rencana bisnis yang terdiri dari beberapa tahap dan dikerjakan selama beberapa waktu ke depan. Berusahalah mengerjakan daftar rencana sesuai waktu yang telah ditetapkan. Yang diperlukan dalam membuat rencana bisnis hanyalah sebuah konsep yang sederhana dan cobalah memikirkan hal-hal apa saja yang dibutuhkan. Strategi yang sederhana dan dilakukan dengan target pasar yang tepat hasilnya akan jauh lebih baik untuk membuat bisnis startup digital yang sukses.

Melakukan Riset

Melakukan riset sangat penting dalam melakukan bisnis startup karena dengan melakukan riset kita jadi tahu apa yang pasar butuhkan dan dengan cara apa kita bisa mempromosikan bisnis yang kita jalani. Sebagai contoh dalam segi pemasaran, kita bisa menggunakan social media sebagai alat pemasaran yang digunakan. tapi sebelum itu, kita harus perhatikan social media mana yang banyak penggunanya dan apakah target pasar kita menggunakan social media? Atau berapa sering mereka menggunakan social media? Serta apa saja yang biasa mereka ingin temukan melalui social media?. Hal itu penting dalam membangun sebuah startup.

Mulai cari pendanaan (funding)

Tahap selanjutnya adalah mencari bantuan pendanaan bagi startup kamu. Di tahap ini, kita akan bertemu dengan berbagai investor dengan kepribadian dan latar belakang yang berbeda-beda pula. Tugasmu adalah meyakinkan mereka bahwa startup kamu benar-benar akan berkembang sesuai perkiraan dan mendulang profit, serta mampu mengembalikan modal yang akan mereka berikan.

Selalu Konsisten

Setiap bisnis yang dimulai dengan persiapan matang tentu akan meningkatkan efektivitas bisnis. Sebagai pengusaha, Kita dituntut untuk terus menjadi kreatif dan memiliki strategi-strategi baru atau memperbaiki strategi yang ada. Selalu memiliki konsistensi sehingga pelanggan mudah mengenali bisnis Kita.

Berikut diatas merupakan langkah awal yang perlu dilakukan dalam membangun sebuah startup. setelah itu kita bisa lakukan pengembangan startup dengan cara memperluas pasar dan lain sebagainya yang dapat membantu startup menjadi lebih berkembang.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat