6 Rekomendasi Buku Tentang Software Engineer yang Harus Kamu Baca - IDS Digital College

6 Rekomendasi Buku Tentang Software Engineer yang Harus Kamu Baca

Belajar tentang software engineer memang tidak mudah. Namun bukan berarti informasi tentang software engineer sulit untuk dicari. Kamu bisa menambah wawasan tentang software engineer dengan membaca beberapa rekomendasi buku berikut ini. Cuss yuk, simak daftarnya!

 

 

  • Design Patterns-Elements of Reusable Object Oriented Software (1994): Eric Gamma

 

 

Buku satu ini merupakan buku klasik tentang software engineering yang berisi cara pembuatan coding yang bisa diterapkan dalam beberapa pola. Sehingga kamu bisa merancang proyek baru tanpa harus mencari pola baru. Cukup dengan melihat pola desain yang telah dibuat sebelumnya dan memilih sesuai rancanganmu. Pola-pola desain di buku ini adalah Abstract Factory, Observer dan Iterator. 

 

 

  • Patterns of Enterprise Application Architecture (2002): Martin Fowler

 

 

Kalau kamu sudah paham tentang coding dan desain coding, kamu bisa lihat buku ini buat bantu kamu menyusun aplikasi pada tingkat organisasi. Seperti cara memasang aplikasi dengan benar, bagaimana mengakses semua data website, cara menangani konkurensi dalam aplikasi, pola yang digunakan untuk menghindari stuck atau jalan buntu hingga pertanyaan lainnya yang tidak bisa diprediksi karena aplikasi yang terus bertumbuh seiring waktu. 

 

 

  • Clean Code (2008): Robert Martin

 

 

Udah tau belum bedanya coding baik dan buruk, clean code, coding yang berfungsi tapi bermasalah dan lain sebagainya? Kalau belum kamu bisa beli buku ini. Karena merupakan buku rekayasa perangkat lunak dan pemrograman terbaik bagi pemula. Penjelasan di dalamnya dijelaskan secara detail dan rinci dalam membuat coding yang ekspresif dan berkualitas. Ada bahasan tentang uji coba unit dengan tepat hingga contoh nyata yang dituliskan dalam Java. 

 

 

  • Introduction to Algorithms (2009): Thomas H. Cormen, Charles E. Leiserson, Ronald L. Rivest, and Clifford Stein

 

 

Buku ini berisi mengenai struktur data dasar dan algoritma yang mudah dipahami pemula. Berisi tentang dasar dari pemrograman secara luas dan mendalam yang dijadikan sebagai standar para expert untuk digunakan di universitas di seluruh dunia. Lewat buku ini kamu dituntun untuk memecahkan study case dalam kode semu yang mudah dipahami.

 

 

  • Software Design X-Rays (2018): Adam Tornhill

 

 

Buku satu ini wajib kamu baca jika ingin menguasai analisis coding dan menciptakan code health. Karena code health merupakan hal kompleks yang berhubungan tentang pengaturan, pemeliharaan, stabilitas dan kesederhanaan sebuah coding. Dalam buku ini juga dijelaskan beberapa teknik untuk identifikasi peluang refactoring, tren kompleksitas dan hotspot. Didukung dengan referensi dan contoh kasus sederhana dengan visual yang menarik, sehingga membuat pembaca lebih mudah memahaminya dengan cara yang menyenangkan. 

 

 

  • Philosophy of Software Design (2018): John Ousterhout

 

 

Merupakan salah satu buku yang mudah dipahami baik untuk pemula. Karena dengan buku ini kamu bisa memahami cara meningkatkan keterampilan coding dan desain kamu. Terlebih lagi bagi kamu yang ingin memahami cara membuat coding dengan cara yang lebih sederhana. 

Itulah 6 buku yang wajib kamu baca sebagai seorang software engineer. Untuk memantapkan ilmu kamu tentang dunia software engineer, kamu bisa kuliah sambil kerja di jurusan Sistem Informasi atau jurusan Teknik Informatika di IDS DIgital Collage.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat