Upaya BEI Dalam Mengajak Perusahaan Startup Untuk Ikut IPO - IDS Digital College

Upaya BEI Dalam Mengajak Perusahaan Startup Untuk Ikut IPO

PT BEI (Bursa Efek Indonesia) berusaha mendorong perusahaan startup untuk masuk ke pasar modal dengan melakukan IPO (Initial Public Offering) perdananya. Selain berusaha mengajak perusahaan startup untuk masuk pasar modal, BEI juga mendorong perusahaan besar untuk menggelar penawaran saham perdana atau IPO.

 

“Kami di bursa selain berusaha untuk encourage perusahaan besar, startup baru bertumbuh yang sizeable di market kami berikan kesempatan. Jadi pasar modal untuk semua size, asalkan prospektif company,” ujar I Gede Nyoman Yetna selaku Direktur Penilaian Perusahaan BEI.

 

BEI bahkan telah membuat program IDX Incubator di tiga kota besar, Jakarta, Surabaya dan Bandung untuk memfasilitasi perusahaan startup yang ingin masuk pasar modal. Karena BEI ingin mengajak para perusahaan startup untuk utilisasi pasar modal. Akomodasi anak muda menciptakan bisnis dengan utilisasi teknologi dan inovasi. 

 

BEI juga memberikan arahan tentang persoalan validasi business modal dan memberikan bantuan terkait urusan legal agar perusahan startup tercatat di bursa. Nyoman menyebutkan jika hasil dari pemetaan peserta IDX Incubator, sebanyak 18% berasal dari software service yang merupakan angka tertinggi, diikuti dengan sektor financial technology di belakangnya. Dilanjutkan dengan 13% berasal dari e-commerce, 4% dari internet of things, dilanjut sektor pendidikan dan lifestyle. 

 

“Untuk meningkatkan kesempatan buat perusahaan kecil berbasis teknologi untuk masuk ke pasar kita,”lanjutnya. 

 

Bagi Nyoman hal yang dilakukan BEI saat merupakan hal yang wajib mereka lakukan mengingat bursa saham harus mengikuti perkembangan dunia bisnis yang terus berkembang dan berevolusi. Untuk take action dalam hal tersebut, perusahaan memerlukan adaptasi sehingga mereka mampu memberikan value proposition bagi stakeholdersnya. 

 

Karena itu bursa proaktif dalam mendapatkan feedback mengenai kebutuhan stakeholders dan melakukan benchmarking ke bursa-bursa global. Selain itu Nyoman menjelaskan berbagai upaya melalui program IDX Incubator, papan akselerasi, pengembangan peraturan, dan kebijakan lainnya diharap mampu memberikan dukungan bagi perusahaan startup untuk memanfaatkan pasar modal Indonesia sebagai rumah pertumbuhannya. 

 

Kabarnya di tahun ini ada dua binaan IDX Incubator yang saat ini sedang bersiap untuk melakukan IPO dan sedang dalam proses evaluasi juga masuk ke dalam pipeline.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat