Facebook Bakal Bikin Aplikasi Mirip Clubhouse - IDS Digital College

Facebook Bakal Bikin Aplikasi Mirip Clubhouse

Semenjak viralnya Clubhouse memang membawa beberapa perubahan dalam dunia digital. Mulai dari banyaknya orang yang menggunakan aplikasi ini untuk mendengar interaksi antar brand-brand besar, hingga perubahan strategi digital marketing untuk menggunakan podcast atau audio-medium sebagai salah satu platform untuk melakukan campaign.

 

Tidak hanya itu, banyak aplikasi serupa Clubhouse yang bermunculan. Terlebih lagi ada beberapa rumor yang menyebutkan jika Facebook ingin membuat aplikasi obrolan suara seperti Clubhouse. Bukan cuma Facebook, rumor lain juga menyebutkan jika Telegram sudah mengaplikasikan konsep serupa yang dimiliki Clubhouse dalam percakapan grupnya. Sedangkan Twitter saat ini sedang uji coba fitur tersebut dengan nama “Spcae”. 

 

Jika kamu belum tahu, Clubhouse merupakan aplikasi audio chat seperti Discord. Namun yang membuat Clubhouse berbeda adalah sifat exclusivenya dimana pengguna masih membutuhkan invitation untuk masuk. Pengguna bisa membuat ruang obrolan sendiri atau bergabung di berbagai club sesuai dengan topik yang mereka minati. 

 

Aplikasi ini mendapatkan peringkat teratas sebagai aplikasi yang banyak diunduh di beberapa negara seperti Jerman, Turki, Italia dan Jepang sejak beberapa bulan terakhir di App Store (iOS). Bahkan kabarnya Clubhouse telah memiliki dua juta pengguna mingguan. 

 

Aplikasi ini mendadak viral sejak CEO Tesla, Elon Musk mengupload video tentang dirinya di Youtube yang sedang bincang interaktif melalui Clubhouse. Semenjak itu banyak artis, orang penting dari perusahaan ternama, brand-brand terkenal, artis, musisi hingga CEO Facebook, Mark Zuckerberg juga menggunakan aplikasi ini. 

 

Zuckerberg pernah bergabung ke club “The Good Times Show” dan berbicara mengenai augmented dan virtual reality. Kemudian The New York Times mendapatkan kabar jika Facebook juga ingin mengembangkan media sosial berbasis audio seperti Clubhouse. 

 

Kabarnya aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan. “Kami telah menghubungkan orang-orang melalui teknologi audio dan video selama bertahun-tahun dan selalu mencari cara baru untuk meningkatkan pengalaman itu bagi orang-orang,: ujar Emelie Haskell, juru bicara dari Facebook.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat