Bahasa Pemrograman Paling Populer - IDS Digital College

7 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Tahun 2022

Bahasa pemrograman adalah bahasa komputer yang digunakan developer untuk berkomunikasi dengan komputer. Analoginya bila ingin memerintah komputer maka kita harus menggunakan bahasa yang digunakan oleh komputer. Bahasa pemrograman terdiri dari sintaks dan semantik yang ditulis menggunakan berbagai macam bahasa. Bahasa program biasa dibagi kedalam 3 level yaitu level rendah, level menengah, dan level tinggi. Sebagai developer mempelajari 1-2 bahasa memang tidak cukup, namun kamu juga perlu tahu bahasa apa saja yang populer dipakai. Sehingga kita dapat menyesuaikan kemampuan dengan permintaan yang bersifat profesional. Berikut 7 bahasa pemrograman paling populer di tahun 2022.

  1. PYTHON

bahasa pemrograman python

Python dikembangkan oleh Guido van Rossum pada akhir tahun 1980 di Centrum Wiskunde & Informatika (CWI) Belanda. Hingga kini Python masih menjadi bahasa yang paling populer karena Python paling umum digunakan programmer. Python juga termasuk bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pemula karena sintaks-nya yang sederhana. Kata kunci yang digunakan lebih sering menggunakan bahasa inggris dibanding bahasa lain yang menggunakan tanda baca. Python biasa digunakan untuk pengembangan web, data science, membuat prototipe perangkat lunak, dan sebagainya. 

Kelebihan Python yaitu proses pengkodean yang mudah, bahasa yang digunakan berorientasi ada objek, didukung oleh program GUI, fitur yang dapat diperluas, gratis dengan sumber terbuka. 

  1. JAVA

java

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman high-level berbasis kelas dan berorientasi pada objek. Bahasa ini dikembangkan oleh James Gosling di Sun Microsystems dan dirilis pada 1995. Java memiliki sintaks yang mirip dengan C dan C++. Tujuan dari Java adalah sifat portabel-nya, artinya Java bisa berjalan dengan cara yang sama di sistem operasi dan hardware yang berbeda. Java digunakan untuk pengembangan aplikasi seluler, aplikasi berbasis WEB, Aplikasi GUI Desktop,  membantu big data analytic, dan lainnya.

Kelebihan Java diantaranya platform yang independen dan pemrograman yang berorientasi pada objek, sederhana dan  mudah, aman dan kokoh, dan salah satu bahasa yang aman. 

  1. JavaScript

JavaScript dikembangkan pertama kali oleh Brendan Eich dari Netscape dibawah nama Mocha, kemudian berubah menjadi LiveScript yang akhirnya menjadi JavaScript. JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek berbasis teks yang biasa digunakan untuk membuat halaman web dan aplikasi yang lebih dinamis dan interaktif. Programmer biasa menggunakan JavaScript untuk membuat aplikasi seluler, mengembangkan game, dan mengembangkan web dan situs-situs di internet.

JavaScript menawarkan pengalaman yang luar biasa karena kemampuannya dalam  menyederhanakan integrasi yang kompleks. JavaScript termasuk bahasa pemrograman yang cepat dan interaktif.

  1. PHP

pemrograman php

PHP (Hypertext Preprocessor) pertama kali dikembangkan pada 1994 oleh Rasmus Lerdorf. PHP adalah bahasa pemrograman general-purpose scripting language yang cocok digunakan untuk mengembangkan aplikasi web sederhana yang bersifat dinamis. PHP juga dikenal sebagai salah satu bahasa server-side scripting atau pengolahan datanya dilakukan oleh komputer server. Pada penggunaannya PHP dapat disematkan ke dalam HTML. Selain itu PHP termasuk bahasa yang mudah dipelajari untuk pemula.

PHP dikenal dengan bahasa pemrograman yang sederhana, cepat, dan fleksibel. Kelebihan PHP lainnya adalah memiliki sumber yang terbuka, berorientasi pada objek, dengan sintaksis yang sederhana. PHP didukung dengan baik oleh semua database terkemuka dan didukung oleh kerangka kerja yang banyak. 

  1. C++

c++

C++ adalah bahasa pemrograman general purpose yang dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup pada 1979 di Denmark. C++ banyak disukai oleh banyak developer karena C++ memiliki performa kerja yang tinggi karena proses eksekusinya yang cepat dibanding. Memiliki pustaka, alat, dan komponen yang banyak. Digunakan oleh siapapun, sehingga menyediakan komunitas pengguna yang banyak. C++ juga terus berkembang tiap tahunnya dengan menghadirkan versi yang lebih baik. C++ digunakan untuk mengembangkan game, rekayasa perangkat lunak, struktur data, browser, sistem operasi, aplikasi, dan banyak lainnya.

C++ menjadi bahasa terpopuler di antara bahasa lain. Bahasa ini juga mudah digunakan oleh pemula. C++ memungkinkan pengendalian yang jauh lebih tinggi daripada bahasa lain. 

  1. C#

c#

Pada awal tahun 1999 Anders Hejlsberg membentuk tim untuk mengembangkan bahasa pemrograman baru yang disebut Cool (C-like Object Oriented Language) atau bahasa yang beroperasi seperti C. C# termasuk bahasa level menengah, sehingga mudah dipahami. Untuk membantu developer bekerja dengan cepat C# dibantu oleh IDE, seperti Visual Studio untuk Windows atau Xamarin yang dapat digunakan di berbagai platform. C# merupakan bahasa yang populer dalam membangun aplikasi windows, aplikasi seluler, dan games.

Banyak orang yang menggunakan C# karena bahasa pemrograman ini mudah untuk dipelajari dan sederhana, telah terintegrasi dengan NET libraries dan sumbernya terbuka, penggunaan C# terbilang cepat, serta berorientasi pada objek. C# juga memiliki berbagai fitur yang dapat membantu developer seperti LINQ atau Lambdas. 

  1. KOTLIN

kotlin

Kotlin dikembangkan oleh JetBrains pada pertengahan tahun 2011. Kotlin termasuk bahasa pemrograman general purpose, open source, dan diketik secara statis. Pada tahun 2017 Google mengumumkan dukungannya untuk Kotlin sebagai bahasa yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi android. Kotlin juga dapat digunakan bersamaan dengan Java dalam satu projek. Selain itu Kotlin memiliki Null Safety, artinya developer dapat dicek error pada suatu variabel dengan mengisi nilai null.  Kotlin biasa digunakan untuk membuat rekayasa perangkat lunak, pengembangan aplikasi seluler, pemrograman ilmiah, dan lainnya. 

Kode yang ringkas dan konkurensi yang terstruktur, fitur keamanan yang ditingkatkan, pengkodean yang 20% lebih sedikit dibandingkan dengan JAVA. 

Posted in: News



    WhatsApp chat