Situs untuk Belajar Front-end Development / Designer - IDS Digital College

Situs untuk Belajar Front-end Development / Designer

Situs untuk Belajar Front-end Development / Designer


Front-end merupakan suatu komponen yang memegang peranan penting dalam pengembangan website maupun aplikasi. Front-end development bertanggung jawab pada salah satu bagian dari website yang menampilkan tampilan pada para pengguna.

Bagian tersebut dibuat dengan menggunakan Hyper Text Markup Language (HTTP), Cascading Style Sheets (CSS), dan juga JavaScript, sehingga sebuah URL dapat bekerja dan menampilkan situs dengan baik.

Front-end development bertanggung jawab dalam menghubungkan suatu situs web maupun aplikasi dengan para penggunanya. Mereka membuat gambar, tombol, teks, dan juga menu serta interaksi antar setiap situs atau aplikasi dengan para pengguna.

Seorang front-end developer dituntut untuk up to date terkait teknologi baru yang populer di dunia. Berbagai library, plugins, framework, dan template selalu diperbarui setiap waktu dan hal tersebut berpengaruh dalam perkembangan front-end development.

Penting pula bagi seorang front-end developer untuk terhubung dan berkolaborasi dengan orang-orang yang berprofesi sama dari seluruh dunia.

Situs yang direkomendasikan di bawah ini adalah situs yang akan berguna bagi front-end developer, baik untuk dapat terhubung dengan developer lain maupun untuk dapat selalu update dengan tren teknologi terbaru.

Front-End Handbook

Front-end Handbook

Front-End Handbook, sebagaimana namanya, merupakan situs yang berguna sebagai ‘buku saku’ bagi para front-end developer.

Situs Front-End Handbook lengkap berisikan spesifikasi kerja, komunitas, resources, buku dan lainnya yang dibutuhkan oleh seorang front-end developer.

Situs Front-End Developer ini juga update setiap tahunnya sesuai dengan perkembangan front-end development.

Sitepoint

Sitepoint

Sitepoint merupakan situs yang memuat konten khusus mengenai web development. Mereka menyediakan berbagai kursus dan tutorial.

Konten-konten dalam situs Sitepoint tidak ditulis oleh satu orang saja melainkan oleh banyak orang.

Dalam situs ini juga disediakan forum yang memungkinkan kamu berdiskusi bersama dengan web programmer lainnya.

Smashing Magazine

Smashing Magazine

Berbeda dengan Sitepoint, Smashing Magazine secara khusus membahas seputar desain web dan front-end developer. Smashing Magazine memiliki konten yang lengkap yang membahas konsep serta tips desain web beserta dengan penerapannya.

Codrops

Codrops merupakan situs desain web yang kreatif dan antimainstream.

Dalam situs Codrops, kamu akan menemukan berbagai resources sekaligus tutorial trik-trik CSS dan JS yang out-of-the-box.

Konten-kontennya juga banyak yang merupakan hasil ide kreatif dan hasil percobaan oleh penulisnya yang berpengalaman dalam bidang front-end development ini.

W3 Layouts

W3 Layouts

W3 Layouts merupakan situs yang menyediakan berbagai resources berupa template-template website terbaru, template dan desain UI website, dan banyak lagi lainnya.

Resources yang tersedia dari situs W3 Layouts diambil dari berbagai sumber/developer sehingga kamu akan menemukan keragaman kualitas dan style yang beragam.

Resources yang tersedia dari situs ini juga dapat kamu download dan kamu gunakan secara gratis.

Codepen.io

Codepen.io

Codepen.io merupakan situs yang telah populer dikalangan front-end developer. Situs ini merupakan playground terbesar dan terlengkap bagi front-end developer.

Selain menyediakan tempat untuk bereksperimen dengan live demo, Codepen juga memfasilitasi penggunanya yang memiliki tulisan terkait front-end development, membaca berbagai artikel, dan juga sebagai tempat untuk kolaborasi tim tetapi berbayar.

Up-to-Date Front-End Rescue

Sebagaimana namanya, kamu dapat mengikuti perkembangan seputar front-end development lewat situs ini.

Up-to-date Front-end Rescue memuat link untuk resource front-end developer agar tetap up to date. Dalam situs ini juga terdapat link mengenai newsletter mingguan serta konferensi yang bisa kamu datangi.

CSSDeck

CSSDeck memiliki konsep yang mirip dengan Codepen. Meski fitur dan popularitasnya tidak sebagus Codepen, CSSDeck telah memiliki cukup banyak pengguna dan project sebagai sarana diskusi dan belajar untuk kamu.

Demikianlah situs-situs berguna yang wajib kamu kunjungi sebagai front-end developer. Situs-situs tersebut dapat dimanfaatkan untuk front-end developer, baik yang sedang belajar maupun yang sudah berprofesi sebagai front-end developer atau web designer.

Kamu tertarik belajar menjadi seorang Front-end Development? Yuk daftarkan dirimu sekarang di IDS College jurusan Software Enginering (S1), see you!

Posted in: News


    WhatsApp chat