Fitur Komunitas WhatsApp Rilis - IDS Digital College

Fitur Komunitas WhatsApp Rilis, Bisa Hubungkan Hingga 50 Grup!

WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang dibuat pada 24 Februari 2009 oleh mantan karyawan Yahoo! Brian Acton dan Jan Koum. WhatsApp kemudian resmi diakuisisi pada tahun 2014 oleh Facebook.

WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang cukup populer, terutama di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Berdasarkan laporan Business for Apps, total pengguna WhatsApp di tahun 2022 adalah sekitar 2,41 miliar di seluruh dunia.

WhatsApp memungkinkan kamu mengirimkan teks, foto, audio, file, dan gambar kepada pengguna lainnya. Alasan lain dari kepopuleran WhatsApp adalah tampilannya yang simple dan mudah untuk digunakan.

WhatsApp memiliki beragam fitur yang digemari oleh penggunanya dan kini, WhatsApp kembali meluncurkan fitur baru, yakni fitur komunitas WhatsApp yang dapat menggabungkan hingga 50 grup.

Fitur baru tersebut telah diumumkan sejak bulan Maret 2022 ini, dan akhirnya resmi dirilis.

Fitur Komunitas WhatsApp Rilis

Esther Samboh, Manajer Kebijakan Publik WhatsApp untuk Indonesia mengibaratkan fitur Komunitas ini layaknya majalah dinding atau papan pengumuman di sekolah.

“Jadi kalau kita bayangin secara fisik kita masuk ke sekolah kita bisa lihat di papan pengumumannya tersebut, terus kita bisa melihat kelas-kelas yang ada, terus kita bisa juga melihat ruang guru, ruang ekskul musik, atau ekskul olahraga tertentu. Nah, ruangan-ruangan ini adalah grup-grup yang nanti akan ada di Komunitas di WhatsApp dan itu visinya adalah supaya kita sebagai anggota Komunitas ada pemahaman tentang ada grup apa saja di sini,” ujar Esther.

Fitur Komunitas ini cocok untuk digunakan menyatukan berbagai kelompok, mulai dari sekolah, perumahan, kantor, dan lainnya.

Fitur ini dapat membuat komunitas dan membuat grup baru atau menghubungkan grup yang sudah ada ke dalamnya. Satu komunitas di WhatsApp dapat menampung 50 grup dan memiliki akses sebanyak 5.000 admin untuk Grup Pengumuman.

Grup Pengumuman yang dikelola oleh admin berguna untuk mengunggah informasi yang akan didistribusikan kepada anggota komunitas.

Informasi tersebut akan disimpan sesuai dengan pengaturan bawah sehingga tidak akan tenggelam oleh respon dari anggota komunitas lainnya.

Esther menjelaskan bahwa satu grup hanya bisa bergabung dengan satu komunitas saja. Anggota komunitas yang tergabung tidak bisa mengakses isi dari grup yang lain.

Pengguna hanya dapat melihat daftar grup yang tergabung dalam komunitas jika diberikan akses oleh admin.

Fitur ini telah tersedia untuk Komunitas WhatsApp di Android dan iOS. Berikut ini adalah cara membuat Komunitas WhatsApp di Android dan iOS.

Fitur Komunitas WhatsApp Rilis

Cara Membuat Komunitas WhatsApp di Android:

  1. Buka aplikasi WhatsAPp di ponsel, ketuk menu Opsi lainnya dengan ikon tiga titik di sudut kanan atas dan pilih Komunitas baru.
  2. Masukkan nama komunitas, deskripsi dan foto profil.
  3. Ketuk ikon panah hijau untuk menambahkan grup yang sudah ada ke dalam komunitas atau membuat grup.
  4. Jika memilih opsi buat grup baru, masukkan subjek grup yang akan menjadi nama grup, tambahkan ikon grup dari deskripsi pendek. Kamu dapat membuat hingga 10 grup baru dan bisa menambahkan peserta setelahnya.
  5. Jika memilih opsi buat grup yang sudah adam cukup pilih grup mana saja yang ingin ditambahkan lalu ketuk ikon panah hijau.
  6. Setelah selesai menambahkan grup ke Komunitas WhatsApp, ketuk ikon centang hijau.

Cara Membuat Komunitas WhatsApp di iOS:

  1. Buka aplikasi WhatsApp, kemudian ketuk ikon Chat baru, pilih Komunitas baru, kemudian mulai.
  2. Masukkan nama komunitas, deskripsi, dan foto profil.
  3. Ketuk Lanjut untuk menambahkan grup yang sudah ada atau membuat grup baru.
  4. Jika memilih membuat grup baru, masukkan subjek grup yang akan menjadi nama grup, tambahkan ikon grup dan deskripsi pendek. Kamu bisa membuat hingga 10 grup baru dan bisa menambahkan peserta setelahnya.
  5. Jika memilih opsi tambahkan grup yang sudah ada, cukup pilih grup mana saja yang ingin ditambahkan lalu ketuk Lanjut.
  6. Setelah selesai menambahkan grup ke Komunitas WhatsApp, ketuk Buat.
Posted in: News



    WhatsApp chat