Apa itu DNS - IDS Digital College

Masih Bingung Apa itu DNS? Berikut Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Apa itu DNS (Domain Name System) atau Sistem Nama Domain? adalah sistem yang menerjemahkan nama domain agar lebih dapat dibaca manusia (misalnya, www.amazon.com) ke alamat IP yang dapat dibaca mesin (misalnya, 192.0.2.44).

Dasar DNS

dasar dns

Semua komputer di Internet, smartphone, laptop hingga server yang menyajikan konten untuk situs web ritel besar, saling menemukan dan berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan angka. Angka-angka ini dikenal sebagai alamat IP. Saat Kamu membuka web browser dan membuka situs web, Kamu tidak perlu mengingat dan memasukkan angka yang panjang. Sebagai gantinya, Kamu dapat memasukkan nama domain seperti example.com.

Layanan DNS seperti Amazon Route 53 adalah layanan yang didistribusikan secara global untuk menerjemahkan nama yang dapat dibaca manusia seperti www.example.com menjadi alamat IP numerik seperti 192.0.2.1 yang digunakan oleh komputer untuk terhubung satu sama lain. Sistem DNS Internet bekerja seperti buku telepon dengan mengelola pemetaan antara nama dan nomor. Server DNS menerjemahkan permintaan nama menjadi alamat IP, mengontrol server mana yang akan dijangkau pengguna saat mereka mengetikkan nama domain ke browser web mereka. Permintaan ini disebut kueri.

Jenis Layanan DNS

DNS Otoritatif: Layanan DNS otoritatif menyediakan mekanisme pembaruan yang digunakan oleh pengembang untuk mengelola nama DNS publik mereka. Kemudian menjawab pertanyaan DNS, menerjemahkan nama domain ke alamat IP sehingga komputer dapat berkomunikasi satu sama lain. DNS otoritatif memiliki otoritas terakhir atas domain dan bertanggung jawab untuk memberikan jawaban ke server DNS rekursif dengan informasi alamat IP. Amazon Route 53 adalah sistem DNS otoritatif.

DNS Rekursif: Klien biasanya tidak membuat kueri langsung ke layanan DNS otoritatif. Sebaliknya, mereka umumnya terhubung ke jenis layanan DNS lain yang dikenal sebagai resolver atau layanan DNS rekursif. Layanan DNS rekursif bertindak sebagai pramutamu hotel: meskipun tidak memiliki catatan DNS apa pun, layanan ini bertindak sebagai perantara yang bisa mendapatkan informasi DNS atas nama Kamu. Jika DNS rekursif memiliki referensi DNS yang di-cache atau disimpan untuk jangka waktu tertentu, maka DNS akan menjawab permintaan DNS dengan memberikan informasi sumber atau IP. Jika tidak, itu akan meneruskan kueri ke satu atau lebih server DNS otoritatif untuk menemukan informasinya.

Bagaimana DNS Merutekan Lalu Lintas ke Aplikasi Web?

sistem dns

Diagram berikut memberikan gambaran umum tentang bagaimana layanan DNS rekursif dan otoritatif bekerja sama untuk mengarahkan pengguna akhir ke situs web atau aplikasi.

  • Seorang pengguna membuka browser web, memasukkan www.example.com di bilah alamat, dan menekan Enter.
  • Permintaan untuk www.example.com dirutekan ke resolver DNS, yang biasanya dikelola oleh penyedia layanan Internet (ISP) pengguna, seperti penyedia Internet kabel, penyedia broadband DSL, atau jaringan perusahaan.
  • Penyelesai DNS untuk ISP meneruskan permintaan untuk www.example.com ke server nama root DNS.
  • Penyelesai DNS untuk ISP meneruskan permintaan untuk www.example.com lagi, kali ini ke salah satu server nama TLD untuk domain .com. Server nama untuk domain .com merespons permintaan dengan nama empat server nama Amazon Route 53 yang terkait dengan domain example.com.
  • Penyelesai DNS untuk ISP memilih server nama Amazon Route 53 dan meneruskan permintaan untuk www.example.com ke server nama tersebut.
  • Server nama Amazon Route 53 mencari di zona yang dihosting example.com untuk catatan www.example.com, mendapatkan nilai terkait, seperti alamat IP untuk server web, 192.0.2.44, dan mengembalikan alamat IP ke DNS pemecah masalah.
  • Penyelesai DNS untuk ISP akhirnya memiliki alamat IP yang dibutuhkan pengguna. Penyelesai mengembalikan nilai itu ke browser web. Penyelesai DNS juga menyimpan (menyimpan) alamat IP untuk example.com untuk jangka waktu yang Anda tentukan sehingga dapat merespons lebih cepat saat berikutnya seseorang menelusuri example.com. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Time to Live (TTL).
  • Peramban web mengirimkan permintaan untuk www.example.com ke alamat IP yang diperolehnya dari resolver DNS. Di sinilah konten Anda, misalnya, server web yang berjalan pada instans Amazon EC2 atau bucket Amazon S3 yang dikonfigurasi sebagai titik akhir situs web.
  • Server web atau sumber daya lain di 192.0.2.44 mengembalikan halaman web untuk www.example.com ke browser web, dan browser web menampilkan halaman tersebut.
Posted in: News



    WhatsApp chat