Belajar Coding untuk Programmer Pemula!   - IDS Digital College

Belajar Coding untuk Programmer Pemula! 

Di era digital, coding merupakan salah satu skill yang bisa memupuk karir kamu di bidang teknologi, atau mungkin jika kamu ingin menciptakan software atau game untuk kerabat kamu. Untuk tujuan apapun itu, mempelajari bahasa komputer ini bisa jadi aset besar dalam perkembangan diri kamu baik di dunia profesional ataupun untuk pribadi.

Kenapa harus belajar coding?

belajar coding

Coding akan bantu membangun skill profesional kamu. Karena bidang teknologi semakin melaju perkembangannya, maka kemampuan coding akan terus dicari oleh berbagai industri. Setidaknya jika kamu ingin banting stir ke bidang teknologi, kamu paham salah satu bahasa pemrograman, seperti HTML, CSS, atau JavaScript misalnya. 

Walaupun kamu tidak berkarir di bidang teknologi, belajar coding bisa mengubah struktur berpikir kamu menjadi tahu bagaimana proses akan sesuatu, konsep abstrak suatu hal, dan kamu juga bisa dengan mudah menyelesaikan masalah yang rumit.

Penghasilan pekerjaan yang berkutat dengan coding cukup besar. Di Indonesia, seorang programmer bisa punya income sekitar 30-100 juta per tahun. Setelah kamu menguasai coding, kamu juga bisa level up menjadi seorang developer website yang biasanya lebih besar incomenya.

Bagaimana cara memulainya?

Hal paling penting sebelum memulai belajar coding adalah dengan tahu tujuan kamu. Atur goals yang spesifik agar mempermudah kamu dalam mencapai goals tersebut. Misalnya, kamu belajar coding untuk menjadi developer agar bisa meningkatkan income. Dengan goals yang spesifik akan lebih mudah meniti pelajaran coding dari tahap ke tahap yang ada.

Selanjutnya pilih bahasa pemrograman mana yang ingin kamu pelajari. Hal ini tentunya berkaitan dengan tujuan kamu. Kamu tentukan bahasa pemrograman apa yang digunakan di tujuan kamu. Setelah itu, kamu bisa ambil kursus online yang banyak tersedia di internet, kamu juga bisa pilih yang berbayar atau yang gratis. Selain itu, banyak juga tersedia video tutorial coding yang diunggah di YouTube. 

Setelah mulai bisa praktek, kamu bisa gunakan tools seperti Code Editor, Console, Project Management, dan Troubleshooting untuk mendukung kamu belajar coding. Kamu juga bisa akselerasi kemampuan kamu dalam belajar coding dengan mengikuti berbagai bootcamp coding atau menyelesaikan proyek coding. Tips penting juga agar kamu selalu bersemangat selama belajar coding, temukan teman dan mentor agar selalu punya partner untuk berdiskusi dan bertanya seputar coding.

Apa bedanya Coding dan Programming?

Coding dan programming memang terkadang sering terbalik maknanya. Keduanya memang sama-sama sebuah instruksi untuk komputer. Bedanya, programming lebih kompleks sampai melibatkan algoritma dan data structure. Kamu bisa melakukan coding hanya dengan komputer saja, tapi untuk programming kamu perlu tambahan beberapa software tertentu. 

Programming punya beberapa bahasa, diantaranya HTML, CSS, JavaScript, Python, C++, C#, Java, PHP, Ruby, dan Swift. Sedangkan coding adalah proses dan isi dari susunan bahasa programming tersebut. Jangan bingung, tenang saja, ada HTML dan CSS yang cukup ramah untuk menjadi teman belajar pemula. Jika kamu sudah yakin dengan programming, maka kamu bisa lanjut untuk mencoba JavaScript atau Phyton. 

belajar coding

Tips untuk pemula!

Ada banyak cara untuk belajar coding, dan setiap orang cocok dengan caranya masing-masing. Tapi cara apapun yang digunakan, tetap ingat tips-tips berikut:

  • Sabar

Semua orang bisa belajar coding, tapi bukan berarti itu mudah. Perlu ketelitian luar biasa saat belajar. Kamu bisa berjam-jam mencoba untuk susun coding tapi tidak ada hasil apa-apa. Ada sedikit saja typo bisa mempengaruhi hasil debug. Perlu kesabaran ekstra untuk belajarnya. Bahkan bagi pemula pun belajar coding bukan hal yang mudah.

  • Berteman dengan Google

Tidak ada salahnya saat kamu bertemu dengan masalah coding, kamu lari ke google untuk mencari solusi. Mungkin saja seseorang pernah mengalami masalah seperti kamu dan mengunggahnya di Google, dan itu bisa jadi solusi untuk masalah coding kamu.

  • Ingat bahwa belajar coding adalah belajar mengatasi masalah

Saat kamu belajar coding, selalu ingat bahwa dengan coding kamu bukan hanya mempelajari HTML atau CSS. Tapi juga mengatasi masalah, mencoba berpikir seperti cara kerja komputer, dekonstruksi masalah kedalam komponen komputer, lalu mengatasi masalah itu dengan tools yang kamu punya.

Tips dan panduan diatas bisa kamu aplikasikan sekarang juga jika kamu berminat untuk mulai belajar coding, semoga membantu! Selain itu, jika kamu sangat tertarik untuk belajar lebih larut dan luas untuk berkarir di dunia coding dan programming, kamu bisa bergabung bersama kami College Program dari IDS College jurusan Software Engineering. Kami tunggu untuk bergabung, see you there!

Sumber: blog.hubspot.com

Posted in: News



    WhatsApp chat