Panduan Cara Menghapus URL dari Google - IDS Digital College

Panduan Cara Menghapus URL dari Google

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator, yang merujuk pada serangkaian karakter tertentu berupa angka, huruf, dan simbol, yang menuju ke alamat di world wide web (www).

Hal ini digunakan untuk mengidentifikasi lokasi sebuah file dalam internet. Penggunaannya tak hanya untuk membuka sebuah situs web, tetapi juga untuk mengunduh video, gambar, halaman hypertext, dan yang lainnya.

Google merupakan mesin pencari yang paling populer dengan lebih dari 3,2 miliar pengguna di seluruh dunia. Google berguna untuk mendapatkan atau mencarikan website yang kamu inginkan dengan cara memasukkan kata kunci tertentu.

url

Mesin pencari Google mampu untuk menampilkan seluruh halaman website, termasuk halaman pribadi yang dapat diakses secara publik. Mesin pencari tidak dapat membedakan halaman yang berisi konten artikel atau bukan, selama halaman tersebut sesuai dengan kata kunci maka halaman tersebut dapat ditampilkan di hasil pencarian.

Kadangkala, kita harus menghapus website dari halaman mesin pencarian Google. Ada beberapa alasan mengapa harus menghapusnya dari halaman pencarian Google, seperti:

  1. Website atau halaman tersebut merupakan hasil duplikat
  2. Pindah website atau pindah domain baru
  3. Website diretas
  4. Publish yang seharusnya belum rilis

Jika kamu mengalami salah satu di antaranya dan sedang mencari cara untuk menghapus website dari mesin pencarian Google, artikel ini akan membantu kamu dengan 5 cara menghapus URL dari Google yang dapat kamu pilih sebagai berikut:

Remove URLs Google Search Console

Cara pertama yang dapat kamu gunakan untuk menghapus URL adalah dengan menggunakan tools Remove URLs dari Google Search Console.

  1. Sebelum menggunakan tools ini, pastikan kamu memiliki akun Google Search Console terlebih dahulu untuk website tersebut. Setelah itu klik Removal URLs lalu pilih properti.
  2. Setelah masuk ke halaman Removal URLs, klik Temporary Hide kemudian masukkan URL yang tidak ingin ditampilkan di mesin pencari Google.
  3. Kemudian kamu akan diberikan tiga opsi tipe yang diinginkan:
  4. Setelah selesai memilih, klik Submit Request dan dalam beberapa hari Google akan menerapkan permintaan pemblokiran.
  1. Membersihkan cache URL dan menghilangkannya sementara di halaman hasil pencarian.
  2. Hanya membersihkan URL dari cache.
  3. Membersihkan cache dan sementara semua URL dengan awalan URL yang tadi dimasukkan.

Google Remove Outdated Content Google Search Content

Selain menggunakan Remove URLs, kamu juga dapat menggunakan Remove Outdated Content dari Google Search Console. Cara ni hanya dapat digunakan untuk halaman atau gambar yang sudah diubah atau dihapus dari halaman website. Kamu juga dapat menggunakan cara ini untuk menghapus cache dan snippet yang sudah usang dari halaman hasil pencarian.

  1. Kamu tinggal meng-klik Remove Outdated Content kemudian klik New Request.
  2. Masukkan URL yang ingin kamu hapus dari halaman hasil pencarian kemudian tekan Submit.

url

Plugin Rank Math WordPress

Kamu dapat menggunakan cara ini jika kamu menggunakan WordPress sebagai platform website. Namun untuk menggunakannya, pastikan kamu telah menginstall plugin tersebut di website WordPress.

  1. Masuk ke menu Post-All Post. Lalu pilih Edit pada halaman yang tidak ingin ditampilkan pada halaman hasil pencarian.
  2. Pilih menu advanced dan klik checklist pada kotak pilihan no index dan no image index.
  3. Tekan tombol update atau perbarui dan dalam beberapa hari halaman yang ada di artikel tersebut tidak akan muncul di halaman hasil pencarian Google.

Yoast SEO

Sama seperti Rank Math, Yoast SEO juga merupakan salah satu plugin untuk website berbasis WordPress. Kamu masih bisa menghapus halaman URL dan menghapus gambar dari Google meski tidak memiliki akun Google Search Console.

  1. Kamu perlu login ke halaman admin WordPress lalu install Plugin Yoast SEO dan aktifkan. Setelah Yoast SEO aktif, kamu bisa membuka halaman yang ingin kamu hapus dari mesin pencarian Google.
  2. Scroll hingga bertemu pilihan Advance Setting. Pada kotak Allow search engines to show this Post in search result dan juga kotak Should search engines follow links on this Post?, pilih No pada keduanya.
  3. Simpan pengaturan tersebut dengan meng-klik Update.

Robots.txt File

Sebagai peringatan, perubahan yang dilakukan di file robots.txt dapat mempengaruhi kinerja SEO website, sehingga cara ini tidak disarankan bagi kamu yang tidak memahami penggunaan file robots.txt.

File robots.txt merupakan pemandu mesin pencari Google ketika melakukan indeksasi pada website. File ini merupakan kumpulan instruksi yang diberikan ke mesin pencari Google.

  1. Kamu perlu masuk ke dalam direktori penyimpanan file website. Gunakan akses FTP atau login ke dalam cPanel untuk mengatur fitur File Manager. Di dalam folder root kamu akan menemukan file robots.txt.
  2. Edit file robots.txt kamu kemudian masukkan baris kode User-agent: *Disallow: /URL-halaman-website/ agar mesin pencarian Google tidak melakukan indeksasi pada halaman tersebut.
  3. Ganti ‘URL-halaman-website’ dengan URL yang kamu inginkan untuk diblok dari halaman hasil pencarian Google.

Penutup

Masih banyak cara lain yang dapat kamu lakukan untuk menghapus URL page agar tidak muncul di halaman hasil pencarian Google. 5 cara dalam artikel ini merupakan sedikit cara mudah untuk melakukannya. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan keinginan kamu. Semoga artikel ini membantu. Selamat mencoba!

Sumber: exabytes.co.id

Posted in: News



    WhatsApp chat