Cara mengunci Folder di laptop dan file penyimpanan - IDS Digital College

Cara mengunci Folder di laptop dan file penyimpanan

Menggunakan Laptop atau personal computer (PC) secara bersamaan terkadang membuat seseorang tidak memiliki ruang privasi. Pastinya ada beberapa file atau dokumen penting yang hanya ingin disimpan secara pribadi dan tidak ingin diakses oleh orang lain. Dengan mengunci folder di Laptop atau PC, kamu bisa melindungi file-file penting dan menghindarkan dari pencurian data.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengunci folder pribadi di Laptop agar tidak diketahui orang lain. Berikut cara mengunci folder di Laptop dengan mudah yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Mengunci Folder di Laptop dengan Software Folder Guard

Pertama kamu harus mendownload Folder Guard di website resminya melalui browser. Selanjutnya, install Folder Guard. Setelah prosesnya selesai, masukan password pada kolom yang ada. Lalu untuk mengunci folder yang kamu inginkan, klik “Lock a folder with a password” dan pilih “Browse for folder”. Cari folder yang ingin dikunci. Kemudian, masukan password yang ingin digunakan untuk mengunci folder tersebut.

Disarankan menggunakan password yang berbeda dengan password di awal agar lebih aman lalu klik Next. Biarkan opsi terpilih secara default dan klik Finish.

Aktifkan mode proteksi agar folder yang dipilih benar-benar terkunci dengan password yang sudah dibuat dan klik Protect. Sekarang folder yang dipilih sudah kosong, file yang ada di dalam pun telah tersembunyi. Untuk membuka dan mengakses file-file dalam folder tersebut, klik Unlock lalu masukan passwordnya. Kemudian Enter atau klik OK.

2. Mengunci Folder di Laptop dengan Software 7Zip

Cara ini bisa digunakan pada laptop atau komputer dengan Windows 7, 8, dan 10. Pertama, download 7Zip secara gratis lalu install softwarenya. Kemudian pilih folder yang akan dikunci dengan klik Kanan > 7Zip > Tambah ke arsip (add to archive).

Selanjutnya muncul jendela 7Zip dan pilih format arsip yang diinginkan namun disarankan memilih Zip agar mudah. Masukan password untuk mengunci file yang diinginkan sebagai archive Zip lalu klik OK. Folder pun telah diamankan dengan password. Jika seseorang ingin membuka folder beserta isinya, akan muncul pesan password untuk mengakses file tersebut.

3. SecretFolder

Software untuk cara mengunci folder di laptop yang satu ini memiliki antar muka yang tergolong simpel dan mudah dimengerti. Jadi, untuk pengguna SecretFolder tidak perlu khawatir kesulitan menggunakan softwarenya. Meskipun tidak memiliki fitur yang banyak, namun SecretFolder bisa menjadi salah satu software terbaik untuk laptop Anda.

Cara menggunakan software SecretFolder cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan list untuk folder yang ingin Anda kunci. Sisanya, biarkan SecretFolder bekerja. Istimewanya lagi, SecretFolder ini memiliki fitur “Protected Uninstall.” Fitur tersebut akan menampilkan password jika sewaktu-waktu Anda ingin melakukan uninstall  pada aplikasi yang tak terpakai. 

4. Secret Disk

Secret Disk adalah salah satu software yang memiliki fungsi untuk memberikan keamanan di setiap folder yang Anda miliki. Dalam softwarenya, Secret Disk akan mengunci folder-folder yang hanya bisa Anda akses dengan password tertentu. Tidak perlu khawatir akan kebobolan oleh stalker, pasalnya Secret Disk adalah sebuah software yang cukup mumpuni.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan software Secret Disk, maka Anda bisa memilih dua versi yakni versi gratis dan versi berbayar. Untuk versi gratis, penggunanya akan dibatasi dalam menikmati segala fitur Secret Disk. Sedangkan untuk versi berbayar, Anda bisa menggunakan semua fasilitas yang ada.

5. Lock-A-Folder

Carisinyal masih menawarkan referensi aplikasi lainnya untuk mengunci folder di laptop. Kali ini Lock-A-Folder yang bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mengamankan folder dan juga file di laptop. Anda bisa mengunci setiap folder dan file dengan menggunakan password rahasia.

Password tersebut hanya bisa digunakan oleh pemilik laptop. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan stalker yang ingin mengintip setiap folder di laptop. Uniknya juga, Lock-A-Folder menyiapkan fitur dimana Anda harus memasukan password jika ingin melakukan uninstall.

6. Private Folder

Dengan software Private Folder, penggunanya bisa mengunci dan bahkan menyembunyikan folder juga file rahasia di laptop. Atau, Anda juga bisa melakukan keduanya pada folder yang ingin Anda kunci. Jadi, Private Folder akan memberikan pilihan ingin mengunci atau menyembunyikan.

Namun, Anda juga bisa mengunci sekaligus menyembunyikan folder rahasia. Di dalam software-nya, Private Folder akan meminta Anda untuk menentukan password untuk mengunci folder.

Namun, jika Anda sudah lama tidak membuka folder yang sudah dikunci, secara otomatis Private Folder akan melakukan reset password pada folder tersebut.

7. My Lockbox

My Lockbox, adalah salah satu cara mengunci folder di laptop dengan aman dan mudah. Anda hanya perlu memasukkan kata sandi berupa password atau angka. Jika Anda lupa dengan passwordnya, maka Anda bisa mengatasinya melalui email. Bahkan antar muka yang ditawarkan tergolong simpel dan mudah dimengerti. 

8. Free Hide Folder

Mau aplikasi pengunci folder gratis? Nah, pilihan yang tepat jika Anda menggunakan Free Hide Folder. Ini adalah software yang bisa mengunci setiap folder penting yang ada di laptop Anda. Tenang saja, sudah pasti folder Anda akan aman di bawah pengaturan Free Hide Folder.

Pasalnya, folder yang terkunci hanya bisa dibuka atau diakses oleh pemilik laptop saja. Anda juga tidak perlu khawatir folder terkunci akan dilihat orang lain, sebab setiap folder yang terkunci akan secara otomatis disembunyikan. Jadi, kemungkinan kecil jika seseorang tidak sengaja melihat folder pribadi Anda.

9. Instant Lock

Jika Anda ingin mengunci folder di laptop dengan praktis dan simpel, pilih saja aplikasi Instant Lock. Dengan aplikasi ini, Anda bisa dibilang dapat mengunci folder dalam hitungan detik karena sangat mudah. Nah, Anda hanya perlu klik kanan pada mouse dan klik lock. Jika Anda pengguna Windows 7, 8, dan 10 maka Anda bisa langsung download aplikasi di sini.

Itulah beberapa aplikasi yang akan membantu Anda untuk cara mengunci folder di laptop. Anda bisa memilih salah satu di antara semua aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat