Cara Paling Efektif Untuk Menjaga Keamanan Domain dan Hosting Kamu - IDS Digital College

Cara Paling Efektif Untuk Menjaga Keamanan Domain dan Hosting Kamu

Untuk anda yang masih baru di dunia website dan hosting, pasti anda bertanya-tanya, apa itu domain? Pada dasarnya domain atau nama domain diasumsikan sebagai alamat fisik. 

Sebagai contoh, navigasi satelit membutuhkan nama jalan atau kode pos untuk agar sistem bisa menyediakan arah. Sama halnya dengan web browser yang membutuhkan nama domain untuk mengarahkan Anda atau para pengunjung ke website.

Nama domain terdiri atas dua elemen utama. Misalnya, nama domain Facebook.com memuat nama website (Facebook) dan ekstensi nama domain (.com). Pada saat perusahaan (atau orang pribadi) membeli nama domain, mereka bisa membuat atau menentukan server agar nama domain bisa diarahkan.

Registrasi nama domain dikelola oleh organisasi yang disebut ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). ICANN menentukan ekstensi nama domain yang tersedia dan menjaga database agar tetap terfokus pada ke mana nama domain mengarah.

Setiap website yang Anda buka terdiri atas dua elemen utama: nama domain dan web server.

Web server adalah mesin fisik untuk menyimpan file dan database yang menyusun website Anda dan menampilkannya kepada para pengunjung situs pada saat mereka mengakses dan membuka website Anda dari komputer.

Nama domain merujuk pada sederet nama yang diketik oleh para pengunjung situs di kolom pencarian agar situs Anda bisa terbuka dan dapat diakses. Nama domain mengarahkan web browser ke server yang menyimpan berbagai resource. 

Tanpa nama domain, orang-orang akan mengetikkan alamat IP server untuk mengakses situs Anda. Tentu saja hal ini sangat merepotkan.

Sedangkan Hosting adalah tempat untuk menyimpan segala macam kebutuhan suatu website agar dapat online di dunia maya atau internet. Agar website kita bisa online di dunia maya, maka tentu website kita membutuhkan layanan hosting.

Hosting memiliki fungsi sebagai tempat atau media untuk menyimpan segala file yang ada pada website. Hal tersebut bertujuan agar website anda nantinya dapat di akses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. 

File-file yang ada di dalam website harus disimpan dalam sebuah server Hosting. Nah, server Hosting ini tentu saja harus full selama 24 jam. Jika server down, maka website tidak akan bisa diakses. 

Untuk itu, pastikan website anda diletakkan di hosting terbaik dengan garansi 99,9% uptime. Ketika anda sudah memiliki Hosting, maka nantinya juga akan mendapatkan akses cPanel Hosting. 

cPanel Hosting adalah kontrol panel untuk pengelolaan hosting dan domain seperti membuat subdomain, melakukan hosting web, melakukan domain forwarding, mengelola SSL, membuat email domain, mengatur kapasitas hosting dan sebagainya.

Untuk menjaga keamanan domain dan hosting anda harus melakukan beberapa cara yang efektif, dan berikut ini adalah cara yang harus anda lakukan.

1. Lakukan backup data

Agar bisa menjaga website agar aman, Anda perlu melakukan backup data yang ada di dalam suatu website. Hal ini bisa Anda lakukan secara berkala. Anda bisa menghindari penyimpanan backup data pada web server yang sama karena memiliki resiko tinggi untuk diakses oleh hacker.

2. Penggunaan password

Password menjadi hal penting yang harus dilindungi dan dijaga tingkat kerahasiaannya. Maka dari itu, hindari penggunaan password yang mudah ditebak. Misalnya saja seperti tanggal lahir, nama pangguna, dan sebagainya. Hal ini akan memudahkan hacker membobol akun website Anda.

3. Terus update

Anda bisa memastikan versi CMS dan plug in yang digunakan merupakan versi terbaru. Mengoperasikan software yang tak pernah diperbarui sangat berisiko dan rawan. Maka dari itu, terus lakukan update untuk menghindari diretasnya web Anda oleh hacker yang mengandalkan sistem otomatis yang merugikan.

4. Batasi akses pengguna

Hal ini hanya berlaku untuk sejumlah situs yang mempunyai beberapa log in. Membatasi akses pengguna sangat penting dilakukan, sesuai dengan perannya masing-masing. Dengan begitu, hal ini bisa mengurangi dampak dari akun berbahaya serta melindungi dari kerusakan akibat ulah hacker.

5. Tiap situs satu server

Sebagian orang sering menyewa web hosting tak terbatas untuk banyak situs di dalamnya agar lebih efisien. Padahal ini menjadi satu cara yang kurang baik dari segi keamanan. Maka dari itu, untuk menjaga website agar aman, gunakan satu server untuk satu situs saja.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat