Cara Paling Mudah Mengamankan Website - IDS Digital College

Cara Paling Mudah Mengamankan Website

Sebuah laporan yang diterbitkan berkala oleh Whitehat Security menunjukkan bahwa setidak-tidaknya 86% website di dunia memiliki satu atau lebih celah keamanan yang tergolong serius.  

Hal ini bukan hanya berlaku untuk website-website berukuran kecil, namun juga berlaku untuk website-website perusahaan besar. 

Pada hari Valentine yang baru saja berlalu, website penukaran Bitcoin terbesar di China yakni BTER berhasil di hack oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan membawa lari Bitcoin senilai 1,75 juta dolar Amerika.  

Pada tahun 2012 yang lalu, salah satu website penyedia jasa hosting dan domain yang populer di Amerika yakni Godaddy juga berhasil di hack dan dirusak. 

Dengan perkembangan website-website yang semakin hari semakin kompleks dan semakin banyak pula pihak yang menggunakan internet, amatlah penting bagi kita semua untuk semakin memperbekali diri dengan pengetahuan mengenai bagaimana kita bisa mengamankan diri (dan website kita) dari berbagai ancaman digital yang ada.

Para hacker menyasar data-data pribadi pengunjung, mencuri uang dari transaksi yang dilakukan, hingga menjual produk ilegal diam-diam di suatu website.

Selain itu, hacker juga memanfaatkan celah keamanan website dengan membuat pintu rahasia yang memungkinkan mereka untuk menyerang lagi di masa depan.

Untuk mengamankan website anda harus melakukan cara ini agar website anda terhindar dari hacker.

  • Update Website Anda

Jangan mengabaikan pemberitahuan mengenai versi terbaru WordPress, plugin, hingga tema di dashboard Anda. Update versi terbaru tersebut tak hanya menawarkan fitur-fitur baru, tapi juga peningkatan keamanan website yang lebih baik.

Jika tidak mendapat pemberitahuan atau terjadi error pada dashboard, tak usah khawatir karena Anda tetap masih bisa update website Anda.

Bagi Anda yang menggunakan Niagahoster, tak perlu pusing karena terdapat opsi update WordPress secara otomatis. Caranya, Anda masuk saja ke member area dan klik WordPress Management. Setelah itu, geser ke bawah hingga menemukan situs WordPress Anda.

Untuk mengupdate WordPress Anda, klik saja tombol refresh di samping keterangan versi. Cara otomatis ini sangat berguna apabila Anda mengelola banyak website sekaligus.

  • Gunakan Username dan Password yang Kuat

Apakah Anda termasuk yang masih menggunakan username ‘admin’ dan password 123456’ untuk login website? Memang kombinasi tersebut sangat mudah diingat, tapi juga mudah untuk ditebak hacker.

Hacker mendapatkan informasi login anda dengan serangan yang disebut dengan brute force attack. Walaupun terdengar menakutkan, tapi ada satu cara simpel untuk mencegahnya, yakni dengan menggunakan username dan password yang kuat.

  • Amankan File Website dengan Antivirus Terbaik

Tips keamanan website di atas tak akan bekerja optimal jika Anda mengunggah file yang didalamnya terdapat virus atau malware. Maka dari itu, pastikan Anda melakukan scan file-file di komputer menggunakan antivirus terbaik sebelum mengunggahnya ke website.

Di bawah ini beberapa antivirus terbaik yang bisa Anda coba:

  1. Kaspersky Total Security—siapa yang tak kenal dengan antivirus yang satu ini? Kaspersky Total Security merupakan paket komplit dari lini produk Kaspersky. Antivirus ini dibekali dengan berbagai perlindungan yang membuat Anda tenang saat mengunggah file ke website.
  2. BitDefender Antivirus Plus—salah satu fitur utama dari BitDefender Antivirus Plus adalah scan file dilakukan di dalam cloud-nya. Dengan begitu, memori komputer Anda hampir tidak terpengaruh oleh proses scan tersebut.
  3. ESET Smart Security Premium—keunggulan dari ESET Smart Security Premium adalah kemampuannya mendeteksi jenis malware yang belum dikenal. Tak banyak antivirus lain yang punya fitur seperti ini, lho.
  • Pastikan Hosting Anda Aman

Tips keamanan web selanjutnya ini merupakan cara terpenting yang tak bisa Anda lewatkan begitu saja. Anda harus pastikan bahwa website Anda sudah berada di hosting yang aman. Sebab, langkah-langkah selanjutnya akan sia-sia saja apabila Anda salah memilih web hosting.

Pastikan Anda memilih hosting aman yang mempunyai keamanan website ekstra, seperti memiliki teknologi keamanan Imunify360. Teknologi tersebut membuat website Anda terlindung dari serangan hacker, malware, dan virus berbahaya setiap saat.

Jika Anda terlanjur memilih hosting yang tidak memiliki teknologi Imunify360, tak usah khawatir karena Anda bisa melakukan transfer hosting. Sudah banyak penyedia web hosting yang menyediakan fitur ini, salah satunya adalah transfer hosting Niagahoster.

Nah, itulah cara paling mudah yang harus anda lakukan untuk mengamankan website anda agar terhindar dari serangan hacker.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat