Eksplorasi pada Pengembangan Strategi Bisnis Digital! - IDS Digital College

Pentingnya Eksplorasi pada Pengembangan Strategi Bisnis Digital!

Saat mengembangkan strategi bisnis digital, banyak perusahaan yang menyepelekan faktor utama dalam pengembangan tersebut, yakni Eksplorasi. Eksplorasi bukan berarti sesuatu hal yang luas, liar, mencari suatu hal dalam banyaknya pengetahuan baru, atau bahkan seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami. Melainkan, eksplorasi berupa pendekatan yang harus dilakukan sebuah perusahaan untuk mencari dan mendapatkan ide baru, yang sekiranya bisa lebih menguntungkan daripada ide sebelumnya yang digunakan, dan ide yang lebih memungkinkan untuk mencapai keberlanjutan dalam perusahaan.

Untuk melakukan pencarian ide tersebut, kami sarankan kamu lakukan proses berulang secara terus menerus yang terdiri dari enam langkah ini:

  • Ideate

Dalam proses ini, kamu harus berusaha membayangkan solusi baru yang bisa mengatasi masalah yang ada. Melakukan brainstorm bersama rekan-rekan kamu, membahas akan ide apa yang paling cocok untuk diaplikasikan.

  • Prioritize

Setelah menemukan berbagai solusi baru, selanjutnya adalah menentukan yang paling memungkinkan untuk mengatasi masalah yang ada, disesuaikan dengan kondisi dan keadaan. 

  • Create

Di tahap ini, saatnya kamu mulai bisa mengeksekusi ide yang sudah dibahas sebelumnya dan diyakini sudah cocok untuk bisnis digital kamu. Dalam mewujudkannya, kamu juga bisa menggaet kolaborator untuk bekerjasama mewujudkan ide tersebut, karena dengan berkolaborasi, hasil yang dicapai lebih memuaskan.

  • Test

Setelah bisa diwujudkan, kamu harus mengukur keberhasilan atau kesuksesan ide tersebut dalam mengatasi masalah yang ada. 

  • Refine

Lakukan pengembangan, perluasan, dan evaluasi dari ide yang sudah diuji. Proses refine ini akan menemukan versi terbaik dari pengaplikasian idemu.

  • Challenge

Aplikasikan berbagai ilmu baru atau teori-teori terbaru dan identifikasi peluang-peluang baru. Hal ini akan berdampak sangat baik pada setiap ide baru yang diaplikasikan pada perusahaan kamu.

Digital Exploration Model

Tapi, ingat akan tiga hal ini:

  • Disrupsi digital selalu lebih cepat dan lebih padat dari sebelumnya. Berbagai faktor yang membuat bisnis digital selalu berkembang dengan cepat. Memang sudah sifat dasar teknologi digital dan perilaku digital konsumen yang membuat adopsi dan ketertinggalan berlebihan pada pelayanan dan teknologi yang berbeda.
  • Strategi adalah salah satu cara bagi para pimpinan perusahaan bisnis digital untuk tetap bisa menavigasi arah dan perjalanan bisnis meski terjadi kemajuan teknologi yang sangat pesat. Peran pimpinan perusahaan digital bukan hanya merancang business plan. Justru mereka akan menentukan proporsi nilai perusahaan dan mempercantik business model, proposisi pasar, inovasi produk, dan aliran pendapatan. Pimpinan perusahaan digital seharusnya mengkonstruksi dan mengimplementasikan strategi terbaik untuk perusahaannya.
  • Memimpin perusahaan dengan lebih berfokus pada eksplorasi yang berkelanjutan, daripada berfokus pada masa depan yang sempurna. Eksplorasi digital ini proses yang akan terus berlanjut dan mengendalikan eksplorasi dan action yang konsisten. Kita ingat quotes populer dari Albert Einstein “Imajinasi lebih penting dari pengetahuan”. Artinya, kita harus banyak mengeksplor hal baru dan eksplorasi ini lebih penting dari visi yang kita miliki.

Saran dan pembahasan diatas khusus disusun untuk kamu yang aktif memimpin perusahaan bisnis digital. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kami tegaskan lagi bahwa eksplorasi adalah bagian esensial dalam mengembangkan dan meningkatkan bisnis digital. Eksplorasi ini sangat dianjurkan untuk dilakukan secara kontinyu dan berkelanjutan. Semoga dengan pembahasan diatas, perusahaan kamu bisa terus berinovasi.

Jika kamu aktif memimpin sebuah perusahaan bisnis digital dan ingin menempuh pendidikan sarjana, IDS College mempunyai jurusan Digital Business & Startup Management adalah solusinya. Kami tunggu untuk bergabung, see you there!

Sumber: forrester.com

Posted in: News



    WhatsApp chat