Ini Situs Buat Belajar Coding Online dan Gratis! - IDS Digital College

Ini Situs Buat Belajar Coding Online dan Gratis!

Tanpa kita sadari, keseharian kita sangat dekat dengan aktivitas coding. Sebagai contoh, penggunaan aplikasi perpesan sehari-hari, menggali informasi lewat website, dan aktivitas lain yang melibatkan aplikasi atau website, mengandalkan coding untuk dapat bekerja. Maka dari itu sangat penting untuk belajar coding saat ini.

Coding merupakan proses menuliskan kode yang berfungsi sebagai instruksi kepada komputer untuk menjalankan tugas tertentu. Ini adalah aktivitas menuliskan kumpulan kode/script pemrograman. Kode/script tersebut merupakan suatu bahasa pemrograman.

Dengan Belajar coding dan bahasa pemrograman, kamu akan memiliki kemampuan untuk membuat aplikasi atau software yang bermanfaat dan menyelesaikan masalah banyak orang.

Masifnya peralihan aktivitas konvensional ke berbagai platform daring, juga membuat programmer atau tenaga IT yang mampu untuk melakukan pekerjaan seperti di atas semakin bertambah. Peluangnya pun terbuka lebar.

Belajar coding dan bahasa pemrograman penting untuk dilakukan untuk kamu yang ingin memanfaatkan peluang tersebut.

programmer

Namun, sebagian orang masih saja menganggap bahwa coding merupakan keterampilan yang sulit untuk dipelajari. Tetapi, dengan ketekunan, kesabaran, serta konsentrasi yang tinggi, keterampilan ini tidak sukar dimiliki.

Terlebih saat ini kamu bisa mempelajarinya secara gratis dan mudah lewat berbagai situs yang akan IDS College jabarkan di bawah ini.

Free Code Camp

Situs pertama untuk belajar coding secara gratis adalah Free Code Camp. Free Code Camp adalah situs yang menawarkan komunikasi real-life dan komunitas pembelajaran bahasa pemrograman.

Free Code Camp memiliki kurikulum khusus dengan total pembelajaran selama 3000 jam. Dalam kurikulum tersebut terdapat tutorial berupa artikel dan video yang dikemas secara interaktif.

Selama belajar, kamu dapat meminta bantuan dari forum komunitas yang juga sedang belajar coding. Bahkan kamu juga dapat bertemu dengan berbagai anggota forum yang berdomisili sama seperti kamu untuk sekadar bertukar pikiran.

Setelah menamatkan pemrograman, kamu dapat berpartisipasi dalam proyek nyata milik organisasi nirlaba. Dan bagian terbaiknya, ketika kamu menamatkan pembelajaran dan juga proyek, kamu akan mendapatkan sertifikat yang dapat kamu manfaatkan untuk mulai bekerja!

Coursera

Coursera merupakan situs yang menyediakan kursus, tutorial, dan resource berbasis coding yang bekerja sama dengan berbagai universitas dan perusahaan terkemuka.

Kerja sama tersebut akan menjamin pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan saat ini.

Coursera memiliki banyak pembelajaran. Untuk belajar coding, pastikan kamu memilih kursus di bidang pemograman, ya.

Setiap kursus terbuka gratis untuk semua orang. Tetapi kalau kamu menginginkan sertifikat dari Coursera, kamu harus membayar biayanya.

programmer

Codecademy

Codecademy merupakan situs lainnya yang disediakan untuk belajar coding secara gratis. Situs ini sudah memiliki 24 juta orang yang tergabung ke dalamnya.

Lewat situs Codecademy, kamu bisa mempelajari berbagai topik kursus, mulai dari pengenalan dan belajar pemrograman dasar sampai bahasa pemrograman tingkat lanjut dengan metode yang interaktif.

Kamu juga dapat memulai pembelajaran dengan mengisi kuis programming personality. Lewat kuis tersebut, Codecademy akan membantu kamu untuk menemukan jenis kursus dan bahasa pemrograman yang cocok dengan personality kamu.

Codecademy tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Kamu dapat mengakses pembelajaran interaktif berikut prakteknya dengan versi gratis, namun kamu tidak akan mendapatkan pengalaman nyata lewat pengerjaan proyek nyata, sertifikat penyelesaian kursus, dan keterbatasan lainnya.

edX

Situs selanjutnya untuk belajar coding secara gratis adalah edX. edX telah mengumpulkan sebanyak 5 juta siswa yang tergabung di dalamnya.

edX menyediakan kursus online yang spesifik hanya dari universitas terkemuka, seperti MIT Harvard, University of British Columbia, dan lainnya.

Bisa dikatakan konsep situs edX sama dengan Coursera, namun Coursera memiliki cakupan yang lebih luas.

Selain belajar coding dan bahasa pemrograman, dalam situs edX kamu juga bisa mempelajari Computer Science dan Data Science.

Sayangnya tidak semua kursus dalam edX tersedia secara gratis. Dan sama seperti situs sebelumnya, kamu perlu membayar untuk bisa mendapatkan sertifikat dari edX.

Udemy

Udemy merupakan situs kursus online dengan koleksi kursus terbanyak. Pasalnya, setiap konten kursusnya kebanyakan berasal dari perorangan. Mereka bisa saja dosen, tenaga ahli, maupun praktisi biasa.

Rata-rata kursus yang disediakan oleh Udemy merupakan kursus berbayar, namun ada pula yang dapat kamu akses secara gratis. Biasanya kursus yang tersedia secara gratis merupakan kursus yang membahas materi-materi dasar.

Lewat Udemy, kamu dapat langsung melakukan pencarian, kemudian atur filter bagian Price menjadi free. Kamu akan mendapatkan materi kursus berupa video.

Kesimpulan

Itulah 5 situs untuk belajar coding online secara gratis. Beberapa situs memang memiliki keterbatasan dan kamu perlu untuk mengaksesnya secara berbayar untuk mendapatkan layanan yang lebih.

Namun dengan memanfaatkan berbagai sumber online terbaik dan gratis ini, sudah cukup bagi kamu untuk mengetahui dasar-dasar pemrograman sebagai bekal untuk menjadi seorang programer yang handal di masa mendatang.

Kunci dari belajar adalah kemauan, ketekunan, dan juga kesabaran. Begitu pula ketiga hal tersebut dapat kamu terapkan ketika belajar coding dan bahasa pemrograman. Selamat belajar!

Kamu ingin menguasai coding dan bahasa pemrograman? Yuk, daftarlan dirimu di kampus IDS College jurusan Software Engineer (S1). So, daftarkan dirimu sekarang juga!

Posted in: News



    WhatsApp chat