Inilah 6 Situs dan Aplikasi Mendengarkan Musik - IDS Digital College

Inilah 6 Situs dan Aplikasi Mendengarkan Musik

Seperti nya kita semua sudah tidak asing lagi dengan kata Musik. Hampir setiap hari kita mendengarkan musik. Dalam musik juga banyak jenis genre nya, ada genre metal, jazz, rock, melody, dll. Untuk bisa menikmati musik tersebut, kita harus mendengarkan nya lewat sebuah aplikasi secara online. 

Tak sedikit juga dari kita yang mendownload atau mengunduh lagu tersebut agar bisa didengarkan secara offline. Tetapi, untuk mengunduh sebuah lagu, kamu harus memastikan terlebih dahulu apakah situs yang kamu gunakan tersebut sudah legal atau belum. Karena untuk menghargai para musisi, kita harus menggunakan situs yang legal. 

Walaupun rata-rata aplikasi ini bisa diakses secara gratis, namun dengan fitur yang terbatas serta diselingi dengan iklan. Kamu bisa berlangganan terlebih dahulu untuk mendapatkan semua fitur, termasuk unduh atau download lagu.

Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali layanan streaming musik yang tentunya memiliki fitur download MP3. Dibawah ini ada beberapa layanan streaming musik atau aplikasi musik MP3 yang beroperasi atau dapat diakses oleh pengguna di Indonesia. Kamu juga bisa menemukan aplikasi mereka di toko aplikasi, seperti google play atau App store. Berikut adalah ulasannya.

  1. Spotify 

Spotify dibuat pada tanggal 7 Oktober 2008 di Stockholm, Swedia. Spotify adalah salah satu aplikasi layanan music yang populer. Resmi masuk ke Indonesia pada tahun 2016 lalu, Kehadiran aplikasi ini disambut baik oleh pecinta musik di Indonesia.

Spotify adalah aplikasi streaming musik yang sudah sangat mendunia. Selain itu, lagu-lagu yang tersedia di Spotify juga selalu up-to-date. Spotify juga bisa kamu gunakan secara gratis tanpa biaya apapun. 

Aplikasi ini bisa mengunduh lagu secara gratis jika kamu sudah berlangganan premium terlebih dahulu. Dan tentunya kamu juga bisa mendengarkan lagu secara offline. 

Kamu hanya perlu membayar sekitar 50 Ribu-an per bulan untuk berlangganan premium di Spotify. Sehingga kamu bisa mengunduh lagu yang kamu inginkan dan mendengarkannya secara offline.

  1. JOOX

Dibuat pada bulan Oktober 2015 dan telah memiliki sebanyak 10 juta pelanggan. JOOX adalah layanan musik gratis dan legal dengan akses kuota murah.

JOOX Music juga merupakan kompetitor dari Spotify, dimana aplikasi ini juga menyediakan fasilitas untuk streaming musik dan mendownload lagu untuk didengarkan secara offline. 

JOOX sendiri dibuat oleh perusahaan Tencent dari China, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk Android dan iOS.

Tapi walaupun JOOX bisa diakses secara gratis, ada beberapa lagu yang tidak bisa kamu dengarkan jika tidak berlangganan VIP. Tarif VIP untuk JOOX sendiri tidak jauh berbeda dengan Spotify, kamu perlu membayar sekitar Rp 49 ribu untuk 1 bulan. 

Tapi jika kamu tidak ingin membayar, ada beberapa tugas yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan VIP secara gratis di JOOX.

  1. Deezer

Aplikasi berikut nya berasal dari Indonesia, loh. Deezer merupakan salah satu aplikasi mendengarkan musik yang bisa kamu gunakan. Walaupun jarang terdengar namanya, dikutip dari laman resmi Deezer, kini sudah ada sekitar 1.6 juta pengguna aplikasi lagu ini. 

Deezer juga bekerja sama dengan Universal Music Group, salah satu perusahaan musik terbesar di dunia. Aplikasi ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 2007 dan menawarkan berbagai keunggulan bagi para penikmat musik. Salah satunya adalah fitur unduh lagu secara gratis.

Aplikasi ini juga bisa kamu dengarkan secara online maupun offline.

Aplikasi Musik

  1. Resso Music

Resso Music merupakan platform hiburan streaming musik buatan Moon Video Inc. Aplikasi yang masih tergolong baru ini cukup diterima oleh berbagai kalangan pengguna smartphone Tanah air.

Resso Music meramaikan persaingan layanan streaming musik di Indonesia. Mereka masuk ke Indonesia pada tahun 2020. Seperti layanan streaming musik lain, Resso juga menawarkan sejumlah fitur untuk pengalaman menikmati musik yang nyaman, termasuk lirik lagu saat pemutaran dan membuat playlist lagu favorit.

Salah satu fitur menarik dari Resso adalah, di aplikasi ini, kita dapat menemukan lagu yang sedang viral di Tiktok dengan mudah. Apalagi Tiktok sekarang ini adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh penduduk Indonesia. 

Untuk mendapatkan semua fiturnya, kamu harus berlangganan Resso Premium terlebih dahulu. Harga langganannya sendiri tidak berbeda jauh dengan pesaing-pesaingnya, yaitu sekitar Rp 49 ribu per bulan. Fitur premiumnya termasuk download lagu sepuasnya, musik bebas iklan, kualitas audio tinggi, dan lain sebagainya.

  1. YouTube Music

Siapa yang tidak tahu YouTube di dunia ini? YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang banyak diminati oleh orang diseluruh dunia. Ternyata, YouTube juga mengeluarkan YouTube Music khusus untuk mendengarkan musik. 

Sama halnya dengan Resso yang bisa mencari lagu yang sedang viral di tiktok, YouTube Music dapat dengan mudah mencari lagu-lagu yang sedang ngetren di Youtube. 

Aplikasi ini  membawa nama besar YouTube, sehingga kualitas dan fitur yang dimilikinya sudah tidak perlu diragukan lagi. Fitur yang diberikan oleh YouTube Music juga sangat memuaskan para pengguna. 

Kamu tidak hanya bisa mendengarkan lagu resmi yang dirilis saja, tapi kamu juga bisa mendengarkan berbagai macam lagu coveran yang ada di Youtube. Dan tentunya kamu bisa mencari lagi hanya dengan menggunakan potongan lirik nya saja. Sangat mudah, bukan?

  1. SoundCloud

Aplikasi terakhir yang bisa kalian nikmati adalah SoundCloud. Aplikasi ini dibuat pada tahun 2007 oleh Alexander Ljung dan Eric Wahlforss. 

Kamu bisa mengunduh lagu dari SoundCloud secara gratis. Selain itu juga kamu bisa mengunggah suara rekaman kamu sendiri seperti cover ataupun podcast. Aplikasi ini juga akan memberikan sugesti atau saran lagu-lagu yang mirip dengan track yang pernah kamu like sebelumnya.

Tidak jauh berbeda dengan Aplikasi lainnya seperti Spotify, Joox, dll. Di SoundCloud kamu juga bisa mendengarkan lagu secara online, mencari lagu dari berbagai genre yang ada, serta membuat playlist. 

Aplikasi ini memiliki model bisnis yang sama dengan Spotify, di mana kamu harus berlangganan terlebih dahulu untuk bisa mendengar lagu secara offline. 

Nah, itulah 6 aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mendengarkan dan mendownload lagu secara Legal dengan mudah. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menghargai seorang musisi adalah dengan tidak mendownload lagu di situs ilegal.

Posted in: News



    WhatsApp chat