Jadi Rival, Signal Rilis Beberapa Fitur Serupa WhatsApp - IDS Digital College

Jadi Rival, Signal Rilis Beberapa Fitur Serupa WhatsApp

Setelah isu keamanan data yang menyerang WhatsApp beberapa bulan lalu viral, banyak orang yang mencoba beralih ke aplikasi pesan lain selain WhatsApp. Hal itu pun membuat aplikasi layanan pesan seperti Signal dan Telegram mengalami peningkatan pertumbuhan pengguna dan unduhan dalam beberapa minggu terakhir. 

 

Versi terbaru aplikasi Signal baik di iOS dan Android menerapkan beberapa fitur baru ke dalam ruang obrolannya. Pembaruan itu termasuk fitur utama seperti wallpaper, stiker animasi, hingga bagian “tentang” di profil pengguna. Fitur-fitur ini mirip dengan fitur yang ada di WhatsApp. 

 

Dilansir dari Tagar.id, fitur ini  hadir bersamaan dengan pembaruan aplikasi Signal yang sudah dapat diunduh oleh pengguna Android dan iOS. Dalam fitur obrolannya pengguna mampu memilih sejumlah preset atau foto sendiri, termasuk mengatur wallpaper ke ruang obrolan tertentu atau semua percakapan di aplikasi. 

 

Aplikasi Signal versi beta ini akan bisa dijalankan dalam waktu beberapa hari. Mulai dari walpaper obrolan hingga opsi “tentang” dalam profil Signal. Fitur stiker animasi juga bisa dapat dibuat melalui Signal via desktop. Bagi pengguna iOS pengaturan unduhan otomatis media dan foto profil layar penuh sama dengan versi Android. 

 

Signal sudah cukup lama menjadi pilihan sebagai aplikasi pesan yang cukup populer. Namun pada awal Januari kemarin, Signal mengalami pertumbuhan yang cukup besar hanya dalam waktu empat hari saja. Sebanyak 7,5 juta kali unduhan di dapat Signal, baik untuk versi iOS maupun Androidnya. 

 

Pertumbuhan aplikasi Signal ini tidak lepas dari CEO Tesla yang membantu mempromosikan aplikasi ini lewat twitternya. Elon Musk selaku CEO Tesla juga mengaku bahwa telah menyumbangkan dana ke Signal Foundation, dimana hal ini sejalan dengan cuitannya yang mengajak pengguna WhatsApp untuk beralih ke platform alternatif yang dianggap ramah pengguna. 

 

Dengan banyaknya pertumbuhan baru yang didapatkan Signal. Signal berusaha berfokus untuk tetap merilis fitur baru demi keamanan. Seperti terenkripsi dan panggilan video grup. Hal ini dilakukan agar lebih diterima oleh para penggunanya.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat