Kebutuhan Industri akan Data Scientist - IDS Digital College

Kebutuhan Industri akan Data Scientist

foto

Data Scientist merupakan profesi yang populer dan menguntungkan, terlebih di masa pandemi ketika banyak orang mengandalkan bantuan digital untuk memenuhi kebutuhan hidup. Di mana pun industri mengandalkan dunia digital untuk memasarkan produknya, di sanalah data scientist diperlukan.

Banyak yang membutuhkan pekerja data sains. Dari manufaktur hingga perhotelan, data scientist dapat memberikan pengaruh penting, mengurangi pengeluaran biaya dan mengubah bisnis menjadi lebih baik. Pertumbuhan karir profesi ini dipengaruhi oleh industri dan aktivitas ekonomi. Banyaknya permintaan akan pemasaran digital membuat profesi ini banyak dibutuhkan.

Berdasarkan peringkat Glassdoor, data scientist adalah pekerjaan terbaik kedua di Amerika pada tahun 2021. Menemukan pola dan mengamati korelasi adalah keterampilan yang membuat data scientist sangat berharga dalam dunia bisnis. Memahami bagaimana perkembangan data scientist akan membantu mengetahui di mana dan bagaimana mereka dapat memanfaatkan peluang sebaik-baiknya.

Kenapa data scientist adalah bidang yang menjanjikan?

Data scientist mengamati dan menganalisa kumpulan data terstruktur dan tidak terstruktur untuk pengambilan keputusan dan menghasilkan rencana terkait kesuksesan bisnis. Dengan menggunakan keterampilan pemrograman, pembelajaran mesin, analisis risiko, dan penelitian, para profesional ini membuat dunia data dapat dipahami oleh semua orang dalam tim. Dengan keahlian yang diberikan data scientist, tidak heran mereka menjadi salah satu pekerjaan terbaik di Amerika.

Data scientist terus berkembang sejak ditemukannya alat untuk bidang bisnis. AI memungkinkan perusahaan memperhitungkan tingkat insight yang belum pernah ada sebelumnya, semua dimungkinkan melalui sejumlah besar data yang dikumpulkan setiap hari untuk web di seluruh dunia. Pada tahun 2025, para ahli memperkirakan bahwa 163 zettabytes informasi akan dihasilkan, jumlah luar biasa yang didorong oleh pertumbuhan eksplosif perangkat yang terhubung dan jaringan yang terus meningkat. Bagi data scientist, ini berarti jalan baru untuk merampingkan proses bisnis.

Sumber big data hanya akan terus bertambah. Inovasi seperti revolusi 5G untuk teknologi nirkabel membuat pengumpulan data dan aplikasi lebih mudah dari sebelumnya, memungkinkan lebih banyak perangkat Internet of Things (IoT), monitor, dan pemindai untuk mengumpulkan informasi dalam satu jaringan. Industri kemudian dapat menerapkan alat-alat ini untuk fungsi dan tren alur kerja perusahaan masing-masing. Seiring perkembangan ini memperluas potensi data sains, para ahli yang telah terlatih akan memiliki lebih banyak hal untuk dikerjakan.

Data dapat menembus batas, memungkinkan segalanya mulai dari kendaraan tanpa pengemudi hingga iklan yang tepat sasaran. Berdasarkan karakter inovasi dari data ini, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas mereka dan meminimalisasi biaya. Inilah alasan pentingnya data sains untuk menyelamatkan bisnis agar dapat bertahan dalam kondisi ekonomi yang sedang menurun akibat Covid-19.

Kebutuhan Industri akan Data

Artificial intelligence, big data, dan pasar internasional yang dapat diakses mendominasi pemasaran modern. Menghadapi kenyataan ini, sangat masuk akal jika kebutuhan terhadap data scientist akan terus bertambah. Dan dapat berdampak positif pada industri seperti manufaktur, ritel, dan keuangan. Alasannya jelas: dengan semua insight yang dihasilkan melalui big data, mereka dapat mengembangkan praktis industri untuk hampir semua hal.

Data Scientist

Berikut adalah contohnya:

Kesehatan

Bidang kesehatan mewakili salah satu industri terpenting bagi data scientist. Bukan hanya perkirakan 30 persen gudang data dunia berasal dari bidang medis, tetapi peluang untuk cache ini memungkinkan penghematan industri sebanyak $300 miliar per tahun. Bekerja di industri kesehatan sebagai data scientist berarti lebih dari sekadar peningkatan efisiensi  ini juga berarti menyelamatkan nyawa. Karena itu data scientist berbondong-bondong masuk ke dalam industri kemanusiaan ini.

Salah satu contoh data sains di lapangan adalah inovasi alat diagnostik baru terkait irama jantung yang tidak teratur. Data sains Stanford menggunakan data yang dihasilkan dari 300 juta elektrokardiogram (EKG) yang berlangsung setiap tahun untuk menyusun model bertenaga AI yang mampu mendiagnosis aritmia lebih akurat daripada ahli jantung. Ini hanyalah salah satu dari banyak kemajuan dari data yang mendorong perkembangan data sains dalam perawatan kesehatan.

Transportasi

Dalam transportasi, para data sains juga dapat melakukan perbaikan untuk menyelamatkan nyawa. Dari kendaraan otomatis hingga sensor IoT yang meningkatkan pengalaman berkendara, data diperlukan untuk pentingnya transportasi yang lebih aman dan lebih sedikit polutan. Faktanya, dalam 60 persen survey pakar industri mengatakan penerapan IoT dalam transportasi akan meningkatkan hasil kesehatan dan keselamatan. Hasil ini merupakan hasil dari presisi mesin yang hanya dapat diberikan oleh data scientist.

Honeywell mendemonstrasikan kekuatan perjalanan yang terhubung dengan peluncuran pesawat yang terhubung dengan IoT. Pesawat ini tidak hanya meningkatkan keselamatan penumpang, tetapi juga meningkatkan efisiensi bahan bakar dan respon adaptif pesawat. Dengan mengumpulkan data tentang kinerja kendaraan, data scientist dan para operator akan menyusun rute dan sistem yang lebih baik untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi transportasi. Hal yang sama berlaku untuk software yang dirancang oleh mobil dan truk untuk mendapatkan solusi yang lebih baik.

Manajemen Rantai Pasokan

Ketika pandemi Covid-19 melanda, tergambar perlunya fitur rantai pasokan yang adaptif dan transparan. Di semua jenis industri, pemasok, produsen, dan supir pemasok kesusahan dalam jalannya pengiriman produk. Hasilnya adalah kebingungan dan pengiriman yang tertunda. Tetapi manajer rantai pasokan yang beroperasi dengan bantuan data scientist, rantai pasokan dapat berjalan lebih lancar.

Misalnya, software analitik data dapat memberikan insight nyata terkait lokasi dan ketersediaan produk. FoodServiceCo, merek rantai pasokan terkemuka di Inggris telah menerapkan platform berbasis data dalam pengiriman produknya sendiri. Hasilnya adalah peningkatan dalam proses rekonsiliasi persediaan dan penghematan 600 jam tenaga kerja setiap harinya. Dengan peningkatan seperti ini dalam manajemen rantai pasokan, industri mencari pakar data yang dapat memberikan solusi baru dalam praktik industri ini.

Pentingya seorang data scientist

Dengan pentingnya data sains yang jelas dalam berbagai industri, tidak ada alasan untuk tidak percaya bahwa profesi ini akan menjadi profesi yang berkembang dari tahun ke tahun. AI sendiri telah meroket dalam beberapa tahun belakangan, sekarang, setengah dari semua organisasi yang disurvey mengatakan bahwa mereka telah menerapkan AI untuk memenuhi setidaknya satu fungsi, dengan lebih banyak lagi investor dalam solusi berbasis data. Karena aksesibilitas dan kekuatan data semakin berkembang, demikian pula kebutuhan akan data sains.

Sekarang, data scientist harus membantu bisnis menavigasi dunia terkait pengumpulan dan aplikasi data dunia. Dari mengamankan proses bisnis hingga memenuhi standar keamanan data internasional sampai menghubungkan tren dan pola baru dalam bisnis, profesi ini sangat penting bagi keberhasilan bisnis yang tak terhitung banyaknya di seluruh industri. Salah satu langkah yang dapat mereka ambil adalah menetapkan standar keamanan data dunia untuk berbagai industri.

Data scientist masih menjadi salah satu pekerjaan terpenting karena dapat menyelamatkan banyak orang dan menghemat pengeluaran. Pelajari bagaimana profesional data scientist dapat membantu usaha bisnis dalam membuat perubahan nyata dalam ekonomi global.

Data scientist

Posted in: News



    WhatsApp chat